• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rangkaian Perawatan Wajah untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Rangkaian Perawatan Wajah untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang mendambakan wajah bersih dan bersinar. Namun, harapan terkadang tidak sejalan dengan kenyataan. Serangan jerawat yang pernah terjadi ternyata menimbulkan bekas tersendiri yang memengaruhi rasa percaya diri. Pada beberapa kesempatan bahkan menimbulkan rasa minder saat bertemu orang lain.

Ternyata, terdapat beberapa cara yang dapat ampuh menghilangkan bekas jerawat. Beberapa perawatan wajah dapat mengembalikan wajah seperti sebelum mengalami timbulnya jerawat. Dengan begitu, impian untuk memiliki wajah yang bercahaya dapat tercapai. Berikut beberapa perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat!

Baca juga: Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Perawatan Wajah untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Jerawat yang timbul dapat menimbulkan perasaan frustasi dan juga meninggalkan bekas luka di wajah. Pada beberapa orang, bekas jerawat dapat mengingatkan akan momen yang ingin dilupakan. Namun, terdapat beberapa perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, sehingga tidak terlihat lagi bekas guratan tersebut.

Faktanya, perawatan wajah yang dapat menghilangkan bekas jerawat ini tidak sepenuhnya terjadi. Wajahmu mungkin masih terlihat bekas luka tersebut, tetapi bisa diminimalisir. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui beberapa perawatan wajah yang ampuh terhadap hal tersebut. Berikut beberapa perawatan wajah untuk hilangkan bekas jerawat:

  1. Dermabrasi

Perawatan wajah yang pertama untuk hilangkan bekas jerawat adalah dengan metode dermabrasi. Perawatan penghilang bekas luka dari jerawat ini sangat efektif dilakukan dengan sikat khusus. Cara ini dilakukan untuk melapisi kembali kulit dan menghilangkan atau mengurangi kedalaman bekas luka. Umumnya, orang yang mendapatkan perawatan ini perlu beberapa hari untuk sembuh.

  1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi juga dapat dilakukan sebagai perawatan wajah yang efektif hilangkan bekas jerawat. Perawatan kurang intensif ini menggunakan semprotan kristal yang sangat kecil untuk menghilangkan kulit permukaan. Mungkin diperlukan lebih dari satu perawatan tanpa jeda saat dilakukan.

Jika kamu ingin bertanya terkait metode perawatan wajah lainnya yang ampuh untuk hilangkan bekas jerawat, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone melalui Apps Store atau Play Store.

Baca juga: Bekas Jerawat? Hilangkan dengan Bahan Alami Ini

  1. Pengelupasan Kimia

Metode perawatan wajah lainnya yang dapat ampuh untuk hilangkan bekas jerawat adalah dengan pengelupasan menggunakan bahan kimia. Cara ini dapat mengurangi munculnya bekas jerawat yang dangkal dan hiperpigmentasi setelah mengalami peradangan di sekitar luka yang telah sembuh. 

Metode ini dilakukan dengan mengaplikasikan bahan kimia pada kulit untuk menghilangkan lapisan luarnya, sehingga membuatnya lebih halus dan rata. Efek samping dari perawatan ini kemerahan dan mengelupas setelah beberapa hari sesudahnya.

  1. Laser

Laser juga dapat dilakukan sebagai salah satu metode perawatan wajah untuk hilangkan bekas jerawat. Metode ini dilakukan dengan cara menghilangkan lapisan luar kulit, kontur area bekas jerawat, serta meringankan kemerahan di sekitar bekas jerawat. 

Jenis laser yang berbeda-beda mungkin digunakan. Perawatan dilakukan tergantung pada bekas jerawat tersebut menonjol atau datar. Selain itu, diperlukan lebih dari satu perawatan dan butuh beberapa hari untuk sembuh.

  1. Pencangkokan Kulit

Kamu juga dapat menggunakan metode pencangkokan kulit agar bekas jerawat pada wajah hilang sepenuhnya. Dokter akan menggunakan sepotong kecil kulit untuk mengisi area bekas jerawat. Cangkok kulit umumnya diambil dari kulit di belakang telinga. Teknik ini juga dapat digunakan pada beberapa metode sebelumnya, yaitu dermabrasi.

Baca juga: 8 Perawatan Kecantikan untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Dengan mengetahui beberapa metode perawatan wajah untuk hilangkan bekas jerawat, kamu dapat memilih cara yang paling ampuh sebagai pengobatan. Sehingga, gangguan yang terjadi di wajah disebabkan bekas jerawat tersebut dapat hilang secara permanen. Walau begitu, kamu juga harus mengetahui efek samping dari pengobatan tersebut.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. Smooth Skin Again: Removing Acne Scars.
Medical News Today. Diakses pada 2020. The best ways to get rid of acne scars.