Sakit Perut Akibat Gastritis? Konsultasi Segera dengan Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Februari 2024

"Bila sudah kambuh, gastritis dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut dan gejala lainnya. Kamu pun segera menghubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan tepat."

Sakit Perut Akibat Gastritis? Konsultasi Segera dengan Dokter IniSakit Perut Akibat Gastritis? Konsultasi Segera dengan Dokter Ini

DAFTAR ISI

Gejala Gastritis yang Perlu Segera Ditangani Dokter

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Mengatasi Gastritis


Halodoc, Jakarta – Gastritis adalah kondisi peradangan pada dinding lambung, sehingga terjadi masalah pencernaan. Kondisi ini dapat bersifat akut (sebentar) atau kronis (berlangsung lama).

Beberapa penyebab umum gastritis melibatkan iritasi atau hal-hal yang bisa merusak lapisan lambung.

Hal ini terjadi karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), konsumsi alkohol, asam lambung berlebihan, dan stres fisik atau trauma. 

Jika kamu atau orang terdekat mengalaminya, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Gejala Gastritis yang Perlu Segera Ditangani Dokter

Gejala gastritis dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan beberapa gejala mungkin memerlukan penanganan medis.

Berikut adalah beberapa gejala gastritis yang dapat memerlukan perhatian dokter:

  • Nyeri perut yang hebat atau berkepanjangan: Nyeri perut yang parah dan berlangsung lama bisa menjadi masalah serius. Jika nyeri perut tidak mereda semakin parah, konsultasikan dengan dokter.
  • Muntah darah atau muntah yang tampak seperti kopi bubuk: Ini menunjukkan perdarahan dalam saluran pencernaan dan memerlukan penanganan segera.
  • Tinja berwarna hitam: Feses yang berwarna hitam bisa menjadi tanda adanya perdarahan di saluran pencernaan atas. Ini dapat mengindikasikan masalah serius dan memerlukan evaluasi medis.
  • Pendarahan dari saluran pencernaan: Gejala pendarahan seperti muntah darah, tinja berwarna gelap, atau pembuangan darah dari rektum memerlukan perhatian segera.
  • Kelelahan dan lemah yang signifikan: Jika gejala gastritis menyebabkan kelelahan berat atau lemah yang tidak dapat dijelaskan, segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja: Kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan menjadi masalah kesehatan yang serius.
  • Munculnya gejala serius setelah penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat lain: Jika kamu mengalami gejala gastritis setelah mengonsumsi obat tertentu, konsultasikan dengan dokter, terutama jika terdapat efek samping yang serius.

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala seperti di atas atau gejala lain yang meresahkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Selain itu, jika kamu Mengidap Gastritis, Hindari 4 Hal Ini.

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Mengatasi Gastritis

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala gastritis, segera hubungi dokter di Halodoc agar masalah bisa terdeteksi dan mendapatkan penanganan segera.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun yang bisa kamu hubungi untuk pengobatan masalah pencernaan ini. 

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Septianus Hermanto

Kamu bisa menghubungi dr. Septianus Hermanto untuk penanganan gastritis.

Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran UKRIDA pada 2007 yang kini membuka praktik di Bekasi, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Berbekal pengalaman lebih dari 6 tahun, dr. Septianus Hermanto bisa memberikan layanan konsultasi terkait perawatan gastritis di Halodoc.

Chat dr. Septianus Hermanto mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc.

2. dr. Cintya Andriani

Kamu juga bisa menghubungi dr. Cintya Andriani untuk mendapatkan saran perawatan terkait masalah pencernaan seperti gastritis.

Ia sendiri merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2016 yang saat ini berpraktik di Padang, Sumatra Barat. 

Dokter Cintya juga memiliki pengalaman selama 6 tahun, sehingga bisa memberikan layanan konsultasi penyakit umum di Halodoc terkait berbagai hal, termasuk perawatan gastritis. 

Selain itu, Ini Cara Tepat Mencegah Gastritis agar Tidak Mudah Kambuh.

Chat dr. Cintya Andriani mulai dari Rp 20.000,- di Halodoc.

3. dr. Lim Jen Siong

Dokter Lim Jen Siong mendapatkan gelar dokter umum di Universitas Tarumanagara pada 2005.

Ia kini berpraktik di Jakarta Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dengan pengalamannya sebagai dokter umum selama 18 tahun, dr. Lim Jen Siong mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait obat-obatan gastritis dan langkah perawatannya.

Chat dr. Lim Jen Siong dari Rp 45.000,- di Halodoc.

4. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Dokter Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mendapatkan gelar dokternya di Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012.

Ia kemudian melanjutkan studi di Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020 untuk mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam.

Dokter Puguh merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat.

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gastritis.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar hipertensi, diabetes, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, alergi dan imunitas, serta fungsi ginjal.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Dokter Agnita Irawaty Sp.PD telah menyelesaikan studi kedokteran umum di  Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Kini ia membuka praktik di Yogyakarta dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasidi Halodoc seputar gastritis.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan perawatan gastritis.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline.  Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2024. What Is Gastritis?
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gastritis. 
Healthline. Diakses pada 2024. Gastritis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan