Sakit Perut yang Tak Tertahankan? Hati-Hati Usus Buntu Mengintai

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 April 2021
Sakit Perut yang Tak Tertahankan? Hati-Hati Usus Buntu MengintaiSakit Perut yang Tak Tertahankan? Hati-Hati Usus Buntu Mengintai

Halodoc, Jakarta - Sakit perut memang bisa menjadi tanda berbagai penyakit. Namun, apabila mengalami sakit perut parah yang tak tertahankan, terutama pada perut bagian bawah, bisa jadi itu gejala penyakit usus buntu. Penyakit yang dalam bahasa medis disebut apendisitis ini adalah kondisi peradangan yang terjadi pada usus buntu. 

Jika mengalami kondisi ini, pertolongan medis harus diberikan sesegera mungkin. Pasalnya, terlambat penanganan dapat membuat usus buntu pecah dan menyebabkan infeksi berat yang mengancam nyawa.

Mengenali Gejala Usus Buntu

Oleh sebab itu, penting untuk mengenali dan mewaspadai gejala awal usus buntu agar risiko komplikasi bisa dihindari. Gejala usus buntu yang paling khas adalah rasa nyeri hebat di perut. Meski begitu, usus buntu pun tidak hanya dikenali dari sakit perut, begitu pula sebaliknya. Sakit perut tidak selalu menjadi tanda kamu mengalami usus buntu.

Baca juga: Sering Makan Pedas? Ini Dampaknya pada Usus Buntu

Bagi sebagian orang, gejala usus buntu bisa tidak terjadi secara keseluruhan, tetapi hanya beberapa. Secara umum gejala-gejala usus buntu adalah:

  • Sakit perut bagian kanan bawah.
  • Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.
  • Gangguan pencernaan.
  • Demam ringan.
  • Sering buang air kecil.

Hal yang Terjadi Ketika Usus Buntu Tidak Segera Ditangani

Penyakit usus buntu yang tidak segera ditangani akan membuat usus buntu pecah. Jika hal ini terjadi, kondisi yang membahayakan nyawa bisa saja terjadi. Meski tidak semua kasus usus buntu menyebabkan usus buntu pecah, tetapi semakin lama kondisinya tidak terkendali, semakin besar pula risikonya.

Pecahnya usus buntu biasanya terjadi pada 24 jam pertama setelah gejala awal muncul. Namun, risiko akan semakin meningkat terutama pada 48–72 jam setelah gejala awal dirasakan. Biasanya, tanda khas ketika usus buntu pecah adalah rasa sakit yang samar di sekitar pusar.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Menyebabkan Radang Usus Buntu

Saat peradangan berkembang, rasa sakit akan bergerak ke arah sisi kanan tubuh, biasanya ke arah pinggul. Gejala lain yang berkembang selama 24 jam berikutnya mungkin termasuk mual, muntah, dan demam. Beberapa kasus usus buntu juga ditemui gejala, seperti perut bengkak, sakit punggung, bahkan sembelit.

Saat usus mulai terinfeksi, bakteri buruk yang ada di usus akan mulai berkembang biak dengan cepat. Akibatnya, usus akan mengalami peradangan dan terisi dengan nanah yang mengandung bakteri, sel jaringan, serta sel darah putih yang mati.

Infeksi ini akan menyebabkan tekanan pada usus buntu meningkat tajam. Darah yang mengalir melalui dinding organ pun akan mengalami penurunan, sehingga jaringan pada usus akan kekurangan darah dan mati secara perlahan. Proses ini akan terus berlanjut sampai dinding otot pada usus menjadi sangat tipis dan akhirnya pecah.

Baca juga: Dapatkah Usus Buntu Ditangani Tanpa Operasi? Berikut Ulasannya

Maka dari itu, apabila mengalami berbagai gejala usus buntu yang telah dijelaskan tadi, segera cari bantuan medis. Semakin dini penyakit usus buntu terdiagnosis, peluang untuk terbebas dari risiko komplikasi pun akan semakin besar.

Sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter atau membuat janji jika harus berobat di rumah sakit kapan saja. Jadi, penanganan berbagai masalah kesehatan yang kamu alami bisa lebih cepat didapatkan. Jangan lupa download aplikasinya, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Appendicitis.
Healthline. Diakses pada 2021. Emergency Signs and Symptoms of Appendicitis.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Symptoms of Appendicitis: Nausea, Fever, Abdominal Pain, and More.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan