Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal Ini

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 April 2021
Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal Ini  Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Pemutihan gigi atau tooth whitening bisa menjadi cara memutihkan gigi terbaik yang bisa kamu lakukan. Prosedur ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mencerahkan warna alami gigi tanpa merusak permukaan gigi. Meski tidak bisa membuat perubahan warna yang sempurna, namun ia bisa membuat tampilannya menjadi lebih baik sehingga kamu bisa lebih percaya diri. 

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang membutuhkan cara memutihkan gigi. Ingat, sama halnya dengan warna rambut, warna gigi setiap orang juga bisa berbeda. Sangat sedikit orang yang memiliki gigi putih cemerlang, dan gigi juga bisa mengalami perubahan warna seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu tooth whitening yang dilakukan dokter gigi bisa menjadi cara memutihkan gigi yang paling tepat.

Baca juga: Adakah Cara Memutihkan Gigi secara Alami?

Yang Wajib DIperhatikan Sebelum Memutihkan Gigi

Pemutihan gigi profesional adalah cara memutihkan gigi yang dapat memberikan hasil yang optimal dalam waktu yang relatif singkat. Ia dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi, dan cara memutihkan gigi ini cukup populer di antara mereka yang tidak puas dengan produk pemutih gigi yang dijual bebas. 

Pemutihan gigi di klinik gigi tidaklah rumit, tetapi memerlukan keahlian untuk menghindari cedera pada area gingiva (gusi). Selain itu, peralatan mahal mungkin diperlukan untuk mempersiapkan dan menyelesaikan prosedur. Secara keseluruhan, prosedur dapat memakan waktu 60 hingga 90 menit untuk menyelesaikannya

Ada beberapa langkah standar untuk melakukan pemutihan gigi, antara lain: 

  • Sebelum memulai, dokter gigi akan mencatat warna gigi saat ini.
  • Gigi kemudian akan dipoles dengan batu apung, bahan kasar yang digunakan untuk menghilangkan plak di permukaannya.
  • Mulut kemudian akan diisolasi dengan kain kasa agar gigi tetap kering. Retraktor dapat digunakan untuk menjauhkan pipi, bibir, dan lidah dari larutan pemutih.
  • Sebuah penghalang selanjutnya akan ditempatkan di sepanjang garis gusi untuk lebih melindunginya dari paparan larutan.
  • Selanjutnya, gigi akan dilapisi dengan larutan pemutih di permukaan depan saja. Larutannya biasanya mencakup hidrogen peroksida atau karbamid peroksida sebagai zat pemutih.
  • Banyak produk pemutih memerlukan sinar pengawet atau laser untuk mengaktifkan peroksida. Setelah dioleskan, larutan akan dibiarkan di gigi selama 30 hingga 60 menit, atau dioleskan kembali sesekali, tergantung mereknya.
  • Setelah hasil optimal tercapai (atau waktu maksimum telah berlalu), gigi akan dibilas. Aplikasi fluoride dapat digunakan untuk membantu meringankan sensitivitas gigi, yang merupakan efek samping dari tindakan memutihkan gigi yang umum.

Kunjungan tambahan akan dijadwalkan sampai dicapai warna gigi yang diinginkan tercapai. Setelah selesai, kamu akan disarankan untuk menghindari makanan atau minuman dengan pigmen tingkat tinggi setidaknya selama 24 jam, seperti Ini kopi, teh, saus tomat, jus tomat, mustard kuning, bit, anggur hitam, permen, dan anggur merah. Merokok atau tembakau dalam bentuk apa pun juga perlu dihindari.

Baca juga: 4 Cara Menguatkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi di Rumah 

Sebagai alternatif dari prosedur yang lebih mahal di klinik pemutih gigi, banyak orang beralih dengan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau cara-cara alami. Beberapa cara tersebut misalnya:

Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ini adalah cara sederhana yang bisa membantu memutihkan gigi. Pastikan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan, kemudian lengkapi dengan membersihkan sisa-sisa makanan dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari. 

Konsumsi asam malat dari buah-buahan

Asam malat adalah senyawa alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Kamu bisa konsumsi apel dan stroberi dan membuatnya menjadi pasta. Namun, cara ini tak boleh sering dilakukan karena asam sitrat dalam stroberi memiliki potensi merusak enamel gigi.

Menerapkan pola makan sehat

Hindari makanan manis dan yang lengket dan perbanyak makanan segar seperti buah dan sayuran. Kurangi juga asupan makanan yang tinggi asam sitrat, seperti jeruk dan lemon untuk mencegah kerusakan enamel gigi. Batasi minum teh, kopi, dan soda karena dapat menempel dan membekas pada gigi.

Berhenti merokok

Tembakau bisa menyebabkan munculnya noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Noda ini juga bisa menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

Baca juga: 4 Tips Merawat Kawat Gigi

Jika kamu berminat untuk memutihkan gigi dengan metode profesional, jangan ragu untuk mendiskusikannya dahulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan saran dan informasi yang lengkap mengenai prosedur ini sehingga kamu bisa mengambil keputusan yang tepat. Yuk, ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter gigi, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Oral Health Foundation. Diakses pada 2021. Tooth Whitening.
Very Well Health. Diakses pada 2021. How Professional Teeth Whitening Is Done.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan