• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Buah Naga

Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Buah Naga

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Memiliki berat badan ideal merupakan hal diinginkan setiap manusia, terlebih para wanita. Bagi wanita yang tengah menjalankan diet, tidak ada salahnya untuk mencoba buah yang satu ini, karena kandungan serat di dalamnya akan membuat perut lebih kenyang tahan lama. Selain serat tinggi, buah nama juga mengandung vitamin A, B,C, E, beta karoten, kalsium, antioksidan, fosfor, serta magnesium. 

Selain tinggi serat, buah naga juga mengandung sedikit kalori yang aman dikonsumsi peserta diet sehat. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, manfaat buah naga tidak hanya untuk menjalani program diet saja, lho. Berikut manfaat buah naga yang bisa kamu dapatkan ketika kamu rutin mengonsumsinya!

Baca juga: Supaya Sehat, Konsumsi Buah Anti Kanker Ini

  • Menyehatkan Saluran Pencernaan

Menyehatkan saluran pencernaan, merupakan salah satu manfaat buah naga yang bisa kamu ambil ketika rutin mengonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan buah naga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga bermanfaat untuk melawan infeksi dalam tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat melindungi sel darah putih dari kerusakan.

  • Sumber Magnesium yang Baik

Kandungan magnesium tinggi pada buah naga dapat memenuhi 18 persen kebutuhan magnesium harian tubuh. Magnesium sendiri merupakan zat yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dalam tubuh. Bukan hanya itu, magnesium juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung.

Baca juga: 6 Jenis Buah untuk Diet ini Wajib Dikonsumsi saat Menurunkan Berat Badan

  • Sumber Vitamin B untuk Tubuh

Manfaat buah naga lainnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga nilai kolesterol agar tetap stabil. Hal tersebut dapat dilakukan karena buah naga mengandung vitamin B1, B2, dan B3. Selain itu, vitamin B bertugas untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, menjaga kadar hemoglobin, serta berperan dalam metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

  • Membantu Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat tinggi pada buah naga, membuat buah tersebut aman dikonsumsi para pengidap diabetes tipe 2. Serat berfungsi untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga seseorang dapat membatasi makan. Dengan membatasi konsumsi makanan, otomatis kadar gula darah dalam tubuh akan menurun.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat buah naga selanjutnya adalah meningkatkan kinerja otak, karena kandungan vitamin B dan C di dalamnya. Kedua vitamin tersebut dipercaya dapat membantu sel membran tetap sehat, sehingga gangguan kognitif tidak akan terjadi dan fungsi otak tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: 4 Buah yang Bantu Turunkan Berat Badan saat Puasa

Ketika mengonsumsi buah naga, jangan khawatir ketika kamu menemui warna kemerahan pada air senimu, ya! Pasalnya, buah ini dapat berpengaruh pada air seni, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Meski terlihat mengkhawatirkan, nyatanya kondisi ini tidaklah berbahaya. Warna air seni akan kembali normal setelah buah tersebut selesai dicerna dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Di balik manfaat buah naga yang melimpah, kamu tetap perlu berhati-hati. Meski secara umum buah naga aman untuk dikonsumsi, pada beberapa orang, buah ini dapat menimbulkan alergi pada kulit. Segera temui dokter di rumah sakit terdekat ketika kamu menemui serangkaian gejala, seperti pembengkakan pada lidah, bentol pada kulit, gatal-gatal, bahkan muntah. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda jika kamu tengah mengidap alergi.

Referensi:

Food Revolution. Diakses pada 2020. What is Dragon Fruit? 9 Reasons to Eat This Fascinating Tropical Fruit.

Healthline. Diakses pada 2020. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.

WebMD. Diakses pada 2020. Health Benefits of Dragon Fruit.