Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Iritasi Selangkangan Lecet

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Januari 2024

“Selangkangan lecet dapat terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya infeksi jamur. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu yaitu Zoralin, Miconazole, Mycoral, Daktarin Cream , dan Ketoconazole.”

Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Iritasi Selangkangan LecetIni 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Iritasi Selangkangan Lecet

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Selangkangan Lecet di Apotek



Halodoc, Jakarta – Selangkangan lecet merupakan kondisi di mana kulit di area lipatan paha mengalami iritasi atau gesekan berlebihan. Penyebabnya karena kelembaban, gesekan antara kulit  dengan pakaian, atau aktivitas fisik yang intens. 

Selangkangan lecet umumnya ditandai dengan kemerahan, rasa gatal, dan terkadang terbentuk luka kecil. Kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat di bawah ini untuk mengatasi gejalanya!

Pilihan Obat Selangkangan Lecet di Apotek

Selangkangan lecet bisa memengaruhi semua orang di segala usia. Namun, penyakit ini tiga kali lipat lebih rentan menyerang laki-laki ketimbang perempuan dan jarang terjadi pada anak-anak.

Salah satu pemicunya adalah infeksi jamur yang menyebabkan gatal-gatal dan keinginan ingin menggaruk, yang pada akhirnya memicu lecet pada kulit.

Beberapa rekomendasi obat selangkangan lecet yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Zoralin 2% Cream 10 g

Zoralin 2% Cream 10 g adalah obat antijamur sintetik berspektrum luas dan digunakan secara topikal. Tiap tube obat mengandung 2% ketoconazole yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan reproduksi jamur.

Dosis penggunaannya akan tergantung pada gangguan kesehatan yang dialami. Umumnya digunakan 1-2 kali sehari, dioleskan pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Hindari penggunaannya pada pengidap hipersensitif.

Kisaran harga: Rp29.400 per tube.

Dapatkan Zoralin 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Miconazole 2% Cream 10 g

Miconazole 2% Cream 10 g adalah obat selangkangan lecet akibat jamur. Obat golongan imidazol ini mengandung miconazole yang digunakan secara topikal atau pada membran mukosa.

Pastikan untuk membersihkan area selangkangan sebelum mengaplikasikan obat. Gunakan sebanyak 2 kali sehari selama 2-4 minggu. Hindari kontak langsung dengan mata dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi lebih lanjut.

Kisaran harga: Rp6.500 per tube.

Dapatkan Miconazole 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat lain dalam artikel ini jika mengalami gatal-gatal: Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek.

3. Mycoral 2% Cream 5 g

Mycoral 2% Cream 5 g adalah agen antijamur imidazol yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas CYP450 jamur. Cara kerjanya dengan menurunkan biosintesis ergosterol dan menghambat pembentukan membran sel jamur serta menghambat beberapa enzim jamur. 

Aturan pakainya dengan mengoleskan tipis-tipis di bagian selangkangan beberapa kali sehari. Hindari penggunaan di area mata dan segera hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

Kisaran harga: Rp21.000 per tube.

Dapatkan Mycoral 2% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Daktarin Cream 10 g

Daktarin Cream 10 g adalah obat selangkangan lecet sediaan topikal yang mengandung zat aktif berupa miconazole nitrate. Krim ini efektif mengatasi infeksi ragi atau jamur. 

Dalam setiap gram obat mengandung 20 mg mikonazol nitrat. Cara menggunakannya dengan mengoleskan ke bagian infeksi 2 kali sehari selama 2-6 minggu, tergantung dari intensitas gejala yang dialami. 

Kisaran harga: Rp49.700 per tube.

Dapatkan Daktarin Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Ketoconazole 2% Cream 5 g

Rekomendasi obat selangkangan lecet yang terakhir adalah Ketoconazole 2% Cream 5 g. Obat ini merupakan golongan antijamur imidazol yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas CYP450 jamur.

Cara kerja tersebut mampu menurunkan biosintesis ergosterol dan menghambat pembentukan membran sel jamur, serta menghambat beberapa enzim jamur.

Dosis dan durasi penggunaannya akan tergantung pada penyakit yang mendasari, umumnya dipakai selama 2-6 minggu. Oleskan tipis di bagian yang terinfeksi dan jauhi dari mata.

Kisaran harga: Rp9.000 per tube.

Dapatkan Ketoconazole 2% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat selangkangan lecet yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi gejala gatal dan lecet. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Jock Itch (Tinea Cruris).
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Jock itch.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan