Serba-Serbi Bersin, Ini yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Maret 2020
Serba-Serbi Bersin, Ini yang Perlu DiketahuiSerba-Serbi Bersin, Ini yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Hidung yang terasa gatal sering menjadi tanda datangnya bersin. Rasa gatal ini sulit ditahan, karena keluarnya bersin memang sulit untuk dikontrol. Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami bersin lebih dari satu kali, padahal tubuh sedang tidak terserang flu.

Nah, hal yang perlu kamu ketahui bahwa munculnya bersin memang tidak selalu disebabkan oleh penyakit flu, ada banyak faktor penyebab lain yang jadi pemicunya. Apa saja ? Ini contohnya.

Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?

 

Proses Terjadinya Bersin

Saat beraktivitas di luar ruangan, udara yang bercampur dengan debu dan kotoran akan terhirup oleh hidung. Saat menyentuh bulu hidung, otak menerima sinyal dari sel saraf dan dengan segera memproduksi histamin yang membuat hidung terasa gatal.

Bersamaan dengan itu, otak akan mengirimkan sinyal ke otot tenggorokan dan paru-paru untuk mengeluarkan udara kotor tersebut melalui tenggorokan. Hal ini yang disebut proses terjadinya bersin.

Terkadang ingus atau lendir lunak yang berada dalam rongga hidung akan turut keluar jika tekanan bersin terlalu kuat. Ingus ini membawa serta partikel kotoran yang terdapat pada hidung. 

 

Penyebab Bersin

Umumnya, bersin disebabkan karena masuknya debu dan kotoran. Namun, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan kamu bersin, seperti:

  1. Infeksi

Infeksi saluran pernapasan bagian akibat virus flu sering menjadi penyebab kamu mengalami bersin-bersin. Hal ini terjadi saat daya tahan tubuh kamu sedang lemah. Melansir dari Healthline, ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan flu.

Kebanyakan flu disebabkan oleh virus penyakit rhinitis akibat adenovirus dan rhinovirus. Cara agar terhindar dari infeksi dan penularannya yaitu selalu menjaga kesehatan tubuh kamu dengan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan mengonsumsi vitamin C.

Baca juga: Pahami Ciri, Jenis, dan Cara Mencegah Paru-Paru Basah

 
  1. Alergi

Alergi terjadi karena tubuh merespon adanya organisme asing yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Saat tubuh berada pada kondisi normal, daya tahan tubuh memberikan perlindungan sepenuhnya bagi tubuh dengan melawan semua organisme berbahaya tadi.

Biasanya, alergi yang berkaitan dengan bersin disebabkan karena debu, serbuk bunga, atau asap. Bersin menjadi cara yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan organisme tersebut.

 
  1. Sensitif Terhadap Sinar Matahari

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang mengalami bersin akibat dari paparan sinar matahari. Hal ini terjadi akibat tubuh yang terlalu sensitif pada cahaya. Kondisi inilah yang membuat orang cenderung melihat ke arah cahaya matahari saat hidung terasa gatal tetapi bersin tidak bisa keluar.

 

Hindari Menahan Bersin

Terkadang, kamu tidak bisa leluasa melakukan bersin karena kondisi yang tidak tepat. Namun, ternyata kebiasaan menahan bersin tidak baik untuk kesehatan.

Saat bersin dan kamu menahannya, tekanan udara yang seharusnya keluar melalui tenggorokan akan masuk kembali melalui rongga sinus menuju kepala dan rongga dada. Keadaan ini menyebabkan tekanan dalam tubuh mengalami peningkatan hingga lima kali lipat dan dapat merusak organ tubuh.

Menurut asisten profesor THT dari Harvard Medical School, Ahmad R. Sedaghat, tekanan udara yang tertahan dalam tubuh ini akan naik ke saluran pendengaran dan menyebabkan pecahnya gendang telinga. Kondisi ini bisa membuat kamu mengalami gangguan pendengaran secara permanen.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Bersin di Pagi Hari

Itulah tadi informasi mengenai bersin dan penyebabnya yang perlu diketahui. Kamu mengalami kesulitan bersin? Langsung download aplikasi Halodoc dan ceritakan masalahmu dengan bertanya langsung pada dokter kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi :

Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Sneezing
Live Science. Diakses pada 2020. Why Do We Sneeze?
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Perforated Eardrum

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan