Ketahui Cara Virus Flu Menular

Ketahui Cara Virus Flu Menular

Halodoc, Jakarta - Influenza atau yang dikenal flu merupakan penyakit pernapasan menular yang disebabkan karena infeksi virus. Kondisi ini menyebabkan penyakit ringan hingga skala berat, bahkan dapat berujung pada kematian. Beberapa orang, terlebih orang tua, anak kecil, dan mereka dengan riwayat kesehatan tertentu berisiko terserang flu dan komplikasinya yang terbilang serius.

Cara pencegahan flu terbaik dengan melakukan vaksinasi flu secara berulang setiap tahunnya. Namun, sebelumnya, kamu harus tahu dulu cara virus flu menular dari satu orang ke orang lainnya.

Cara Virus Flu Menular

Secara sederhana, virus flu mudah melalui perantara udara. Orang yang memiliki sakit flu bisa menularkannya ke orang lain yang sehat hingga sekitar 2 meter jauhnya. Banyak orang beranggapan bahwa penyebaran flu ini terjadi karena tetesan liur yang keluar dari pengidap ketika batuk atau bersin, bahkan ketika berbicara.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Tetesan liur ini menempel di hidung atau mulut orang lain yang berada di sekitarnya, bisa juga terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Cara virus flu menular bisa dengan menyentuh permukaan atau benda yang telah terkontaminasi virus dan kemudian menyentuhkan pada mulut atau hidung. Cara penularan yang kedua ini lebih jarang terjadi.

Penularan terjadi pada seseorang dalam tiga hingga empat hari setelah terjadinya kontaminasi untuk kasus flu yang berat. Kebanyakan orang dewasa sehat bisa menginfeksi orang lain mulai dari sehari sebelum gejala muncul dan antara 5 hingga 7 hari setelah penyakit sepenuhnya menginfeksi tubuh. Anak-anak dan orang dengan sistem imunitas tubuh yang lemah bisa menularkan virus selama lebih dari 7 hari

Gejala flu mulai muncul sekitar 2 hari setelah penularan, bisa juga antara 1 hingga 4 hari. Artinya, penularan virus flu dapat terjadi bahkan sebelum kamu tahu telah terinfeksi, bisa juga ketika kamu sudah mengalami flu ini. Pasalnya, beberapa orang yang terinfeksi flu tidak menunjukkan adanya gejala, dan selama periode ini penularan dan penyebaran virus masih mungkin terjadi.

Baca juga: Termasuk Jenis Influenza, Kenapa Disebut Flu Babi?

Mencegah Penularan Flu, Bagaimana Caranya?

Vaksin flu menjadi cara terbaik untuk mencegah penularan virus flu. Vaksin ini direkomendasikan untuk dilakukan secara berulang setiap tahunnya, untuk tetap menjaga dan melindungi tubuh dari penularan virus flu yang rentan terjadi. Namun, kamu juga perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini.

  • Hindari melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang sakit flu.

  • Oleh karena penularannya lebih mudah terjadi melalui udara, disarankan untuk menggunakan masker ketika sedang beraktivitas di luar rumah maupun sedang menumpang kendaraan umum, karena penularan akan lebih mudah terjadi.

  • Gunakan tisu atau tutup mulut dengan sapu tangan ketika sedang bersin untuk melindungi orang lain dari penyebaran virus flu.

  • Jika kamu terserang flu, pastikan untuk beristirahat penuh setidaknya satu hari untuk mengembalikan kesehatan tubuh dan menghindari penularannya pada orang lain.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

Ternyata, cara virus flu menular mudah dan cepat, bahkan bisa terjadi dalam waktu 1 hari setelah seseorang terinfeksi. Jika kamu ingin melakukan pencegahan dengan vaksin, kamu bisa membuat janji dengan dokter kapan saja di rumah sakit yang sesuai dengan tempat tinggal atau lokasi terdekat denganmu. Caranya bisa kamu lihat di sini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tanya-tanya langsung pada dokter ahli dengan download aplikasi Halodoc.