• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Beraktivitas di Luar Ruangan, Tiru Pola Hidup Sehat Ini

Sering Beraktivitas di Luar Ruangan, Tiru Pola Hidup Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang memiliki pekerjaan yang menuntutnya untuk sering-sering beraktivitas di luar ruangan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Berarti kamu wajib memperhatikan pola hidup sehat berikut ini.  

Dampak Baik dan Buruk Beraktivitas di Luar Ruangan

Sesekali beraktivitas di luar ruangan sebenarnya baik untuk kesehatan. Kamu bisa terpapar sinar matahari yang dapat memberikan asupan vitamin D bagi tubuhmu. Vitamin D sangat baik untuk mencegah atau mengobati penyakit osteoporosis, kanker, stroke, hingga serangan jantung. Selain itu, beraktivitas di luar ruangan juga biasanya membuat kamu banyak bergerak, seperti berdiri, berjalan-jalan, serta menghirup udara segar. Hal ini secara tidak langsung bisa meningkatkan pertahanan fisik tubuh, bahkan disinyalir bisa mengurangi tekanan darah, lho.

Baca juga: Kerja di Luar Ruangan, Risiko Melanoma Lebih Tinggi

Namun, segala sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik dan dapat memberi dampak yang sebaliknya. Begitu juga dengan beraktivitas di luar ruangan. Sering terpapar sinar matahari apalagi saat sedang terik-teriknya tidak hanya bisa merusak kesehatan kulit, tetapi juga membuat kamu lebih berisiko mengalami beberapa penyakit. Dampak yang paling terasa akibat paparan sinar matahari berlebih, yaitu kulit jadi memerah, terbakar (sunburnt), dan mempercepat penuaan kulit. Selain itu, sering terpapar sinar matahari juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh kamu. Apalagi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit kronis lainnya. 

Tips Sehat Bagi Kamu yang Sering Beraktivitas di Luar Ruangan

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui pola hidup sehat berikut ini bila kamu harus sering-sering beraktivitas di luar ruangan:

  • Gunakan Sunblock

Hal pertama yang paling penting untuk kamu lakukan saat melakukan aktivitas outdoor adalah menggunakan sunblock. Namun, kebanyakan orang hanya mengaplikasikannya sekali saja sebelum keluar rumah. Padahal, sunblock harus diaplikasikan kembali tiap 2 jam sekali agar efektif untuk melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar matahari. Pilihlah sunblock dengan minimal SPF 30.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Sinar matahari yang panas dan kelembapan udara dapat membuat kamu mudah mengalami dehidrasi. Karena itu, selalu bawa botol minum kemanapun kamu pergi agar kamu bisa minum air putih yang cukup untuk membuat tubuh kamu tetap terhidrasi. 

  • Carilah Tempat untuk Berteduh

Cuaca panas yang ekstrem bisa berbahaya. Jadi, bila kamu merasa sesak napas, pusing, atau mulai, segera cari tempat untuk berteduh.

  • Kenakanlah Pakaian yang Nyaman

Bagi kamu yang sering beraktivitas outdoor, pastikan kamu menggunakan pakaian berwarna terang, berbahan katun yang bisa menyerap keringat dengan baik, ringan, dan longgar.

  • Bawa Perlengkapan Pelindung

Beberapa perlengkapan yang wajib dibawa bagi kamu yang sering berada di outdoor adalah topi dan kacamata hitam. Saat cuaca cukup terik, penting untuk melindungi kepala kamu dari sinar matahari dengan menggunakan topi agar kamu tidak pusing. Selain itu, kacamata hitam juga penting untuk melindungi mata kamu dari sinar matahari yang menyilaukan dan dapat mengganggu penglihatan.

Baca juga: Seberapa Penting Kacamata Hitam Melindungi Mata?

  • Konsumsi Makanan atau Minuman yang Dingin

Di sela-sela aktivitas kamu di luar ruangan, kamu bisa mengonsumsi makanan atau camilan ringan yang bisa menyegarkan tubuh kamu, seperti buah dingin, jus buah, salad dingin berisi sayuran dan kacang-kacangan, atau sayuran mentah, misalnya mentimun dan wortel. Kamu juga bisa minum air soda dingin dengan tambahan irisan jus buah atau jeruk.

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

Nah, itulah pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan bila kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Kalau sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Habits of Health. Diakses pada 2020. Safe and Healthy Outdoor Activities.