• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Cantengan merupakan masalah kesehatan yang kerap dianggap sepele, padahal kondisi tersebut dapat menimbulkan gejala yang bisa dikatakan sangat mengganggu. Cantengan ditandai dengan terjadinya pembengkakan, kemerahan, dan munculnya rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. 

Cantengan paling sering menyerang jempol kaki, terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku melengkung dan cenderung tebal. Katanya, salah satu hal yang bisa memicu terjadinya masalah kesehatan ini adalah kebiasaan memakai sepatu yang tidak pas ukurannya, terlebih ukuran yang kekecilan alias sempit. Benarkah demikian? Berikut pembahasannya!

Memakai Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Cantengan

Penggunaan alas kaki, baik itu sepatu, kaos kaki, maupun stocking yang terlalu ketat atau sempit, tanpa disadari bisa membuat kuku tumbuh ke dalam kulit kaki. Hal ini disebabkan karena alas kaki yang sempit akan membuat kuku tertekan ke dalam, sehingga memicu pertumbuhan kuku ke arah yang salah.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Itulah sebabnya kamu dianjurkan untuk selalu memakai alas kaki dengan ukuran yang pas, tidak terlalu sempit, atau terlalu besar. Selain agar kaki dapat bernapas dengan baik, alas kaki yang pas juga membuat pertumbuhan jari kaki tidak terhambat sehingga risiko cantengan pun akan berkurang.

Sebab, meski dapat sembuh, cantengan memiliki risiko untuk kambuh berulang kali atau akan memicu komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Komplikasi yang terjadi akibat cantengan dapat serius, terutama pada orang yang mengidap diabetes atau kelainan pembuluh darah.

Pemicu Cantengan Lainnya

Cantengan tidak hanya membuat pengidapnya merasa nyeri, tetapi juga dapat menurunkan rasa percaya diri karena bentuk kuku yang tidak normal. Selain kebiasaan memakai sepatu sempit, berikut ini beberapa hal lain yang kerap menjadi penyebab cantengan:

  • Tidak Memotong Kuku dengan Benar

Penyebab cantengan lainnya yang paling sering terjadi adalah kesalahan pada cara memotong kuku. Kesalahan ini dapat berupa terlalu pendek saat memotong kuku atau tidak rata sehingga kuku jadi tumbuh ke arah yang salah.

Baca juga: Kuku Bisa Lepas Kalau Terjadi Pendarahan Akibat Cantengan

  • Cedera pada Kuku

Kuku dan jari kaki yang sering terbentur pintu, meja, atau benda keras lainnya juga dapat meningkatkan risiko cantengan. Bahkan, tidak sengaja tertimpa benda berat tepat di atas kuku kaki merupakan hal lain yang juga bisa jadi penyebab cantengan.

  • Melakukan Kegiatan yang Membuat Kuku Tumbuh Abnormal

Ada beberapa kegiatan yang berisiko menyebabkan cantengan, seperti sepak bola dan menari balet. Bukan tanpa alasan, kondisi ini bisa terjadi karena ada tekanan pada kuku saat sedang menari maupun menendang bola.

  • Ukuran Jari Tidak Sebanding dengan Kuku

Kondisi jari yang terlalu kecil dan tidak sebanding dengan ukuran kuku yang besar akan membuat jari kesulitan untuk menjaga pertumbuhan kuku. Akibatnya, kuku pun akan tumbuh tidak teratur.

  • Faktor Keturunan

Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat cantengan, risiko untuk mengalami cantengan akan lebih besar.

Baca juga: Begini Caranya Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Jangan abaikan jika kamu mengalami cantengan, terlebih jika gejalanya semakin memburuk dan tidak sembuh setelah kamu melakukan pengobatan mandiri. Segera buat janji dengan dokter atau berobat ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc agar buat janji atau tanya jawab dengan dokter lebih mudah. Yuk, download aplikasinya!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails
Healthline. Diakses pada 2021. Ingrown Toenails.