Begini Caranya Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
  Begini Caranya Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Halodoc, Jakarta - Ingrown nails atau kuku cantengan adalah kondisi saat kuku tumbuh ke dalam kulit. Jika kamu pernah merasakannya, pasti paham betapa tidak nyaman saat kondisi ini terjadi. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kuku cantengan, tetapi jangan khawatir karena ada banyak cara mengatasi kuku cantengan. Biasanya orang mengalami kuku cantengan karena terlalu pendek saat memotong kuku kaki, kebiasaan menggunakan sepatu yang terlalu sempit, jempol kaki yang kejedot pintu kayu atau kaki meja, dan masih banyak lagi.

Mereka yang mengalami kuku cantengan merasakan kulit di sekitar kuku cantengan terasa lunak, bengkak, atau mengeras. Jika tidak segera diobati, kuku kaki yang bertumbuh ke dalam dapat merobek kulit hingga ke dalam epidermis. Akibatnya, bakteri dapat masuk melalui luka dan menyebabkan peradangan, nyeri, dan infeksi. Darah atau nanah dapat keluar pada kuku cantengan ini, oleh sebab itu kamu harus mencari cara mengatasi kuku cantengan sejak pertama kali merasakan kuku cantengan.

Baca Juga: Deteksi 9 Penyakit Serius Ini Melalui Kesehatan Kuku

Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Berikut ini cara sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi kuku cantengan:

  • Rendam dengan air hangat

Merendam kaki dalam air sabun yang memiliki suhu hangat adalah cara mengatasi kuku cantengan yang direkomendasikan. Cara ini membantu menjaga area jari yang cantengan tetap bersih dan bebas bakteri. Rendam kaki dalam air hangat tiga hingga empat kali per hari. Kamu juga dapat menambahkan garam Epsom atau sabun antiseptik cair ke dalam air untuk menambah rasa nyaman pada kaki.

  • Gunakan cuka apel

Cara selanjutnya dalam mengatasi kuku cantengan adalah menggunakan cuka apel. Bahan ini diduga oleh banyak orang memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang sehingga dapat mengatasi cantengan. Caranya sederhana, kamu hanya perlu menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

  • Gunakan kapas atau kasa

Kamu dapat memanfaatkan gumpalan kapas untuk ditaruh di bawah batas kuku. Cara ini dinilai mampu menggeser kuku untuk tumbuh ke arah yang benar. Coba ambil sepotong kapas atau kain kasa yang berukuran kecil kemudian gulungkan. Kamu dapat menaruh kapas atau kasa tersebut di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku. Dengan begini, maka tekanan pada daging yang terkena cantengan akan berkurang. Cara mengatasi kuku cantengan yang satu ini membuat kamu tidak nyaman dan menimbulkan rasa nyeri. Namun cara ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi nyeri di area yang cantengan.

  • Hindari dulu pakai sepatu hak tinggi atau sepatu yang agak sempit

Saat terkena cantengan, kamu harus mengurangi tekanan pada area kaki yang mungkin terjadi saat kamu menggunakan sepatu. Beberapa sepatu yang wajib dihindari adalah sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai kedua sepatu tersebut memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan. Jika terpaksa harus melakukan berbagai aktivitas, usahakan memakai sandal terlebih dahulu, namun lindungi area kuku cantengan tersebut dengan menggunakan kapas atau kasa agar tidak terkena kotoran dan debu yang dapat memperparah kondisi kuku.

Baca Juga: Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan 4 Cara Ini!

Namun jika cara di atas tidak mengurangi gejala kuku cantengan sama sekali, maka kamu wajib datang ke dokter. Mereka mungkin akan memberikanmu salep antibiotik dan memberikan obat pereda nyeri. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat di aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!