• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Vertigo, Apa Dampaknya untuk Kesehatan?

Sering Vertigo, Apa Dampaknya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Vertigo adalah salah satu gangguan yang sangat memengaruhi aktivitas sehari-hari karena dampaknya yang membuat seseorang sangat pusing hingga kehilangan keseimbangan. Saat mengalami penyakit ini, kamu dapat merasakan semua yang ada di sekitar menjadi berputar sehingga berjalan pun menjadi sulit. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan pengobatan karena vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba.

Selain itu, vertigo semakin sering terjadi dapat menjadi semakin parah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui dampak apa saja yang mampu terjadi pada kesehatan karena terlalu sering mengalami vertigo. Dengan begitu, kamu dapat menghindari semua dampak buruk tersebut agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut adalah beberapa dampak yang disebabkan oleh vertigo!

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

Dampak Vertigo bagi Kesehatan

Vertigo yang menyerang dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam hitungan detik, yang lama-kelamaan serangannya akan lebih lama ketika lebih sering terjadi. Tentu hal tersebut membuat rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa dampak yang dapat disebabkan oleh vertigo pada kesehatan, terutama dalam jangka yang panjang.

Vertigo dapat menjadi salah satu gejala dari penyakit tertentu. Bahaya yang dapat terjadi tergantung dari penyakit yang menyerang dan seberapa parah dari gangguan tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja dampak vertigo bagi kesehatan baik yang berhubungan dengan suatu penyakit atau tidak. Berikut beberapa dampak buruknya:

  1. Gangguan Pendengaran

Seseorang yang kerap mengalami penyakit vertigo dalam jangka panjang dapat mengalami gangguan pendengaran. Hal tersebut karena vertigo dapat berdampak pada keseimbangan tubuh yang letaknya di telinga. Selain itu, seseorang yang mengidap vertigo juga kerap mengalami telinga berdenging. Jika tidak segera diatasi, hal tersebut dapat berkembang menjadi penurunan kemampuan pendengaran hingga hilangnya kemampuan mendengar secara permanen.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

  1. Cedera Tubuh

Kamu juga dapat mengalami cedera pada tubuh yang disebabkan oleh kehilangan keseimbangan karena vertigo yang menyerang. Saat gangguan tersebut menyerang, kamu akan kesulitan untuk mempertahankan tubuh tetap tegak sehingga rentan untuk terjatuh. Saat terjatuh, pasti tubuh tidak sigap untuk mengambil posisi jatuh yang baik, yang akhirnya cedera sulit untuk dihindari. Hal yang paling berbahaya adalah ketika kepala yang terbentur di tanah.

  1. Disebabkan Penyakit pada Otak

Vertigo yang lebih sering terjadi dapat disebabkan oleh otak yang mengalami gangguan. Segera lakukan pemeriksaan jika gangguan yang dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan tersebut lebih sering terjadi dan lebih parah gangguannya setiap menyerang. Salah satu penyakit pada otak yang dapat menimbulkan vertigo adalah stroke. Pengidapnya dapat mengalami cacat permanen hingga kematian.

Maka dari itu, ketahui beberapa bahaya yang dapat terjadi disebabkan oleh vertigo dan cara mencegahnya agar tidak mudah kambuh. Salah satu caranya adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat serta mengetahui penyebab dasar dari gangguan tersebut.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait dampak apa saja yang dapat terjadi disebabkan oleh vertigo. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari! Dengan begitu, kamu dapat menghindari segala bahaya yang dapat terjadi karena gangguan tersebut.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Vertigo.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dizziness.