Tension Pneumothorax: Penyebab, Gejala, dan Cara Tepat Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2024

“Tension pneumothorax terjadi akibat terperangkapnya udara di dalam rongga pleura. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri dada, dan dapat mengancam jiwa.”

Tension Pneumothorax: Penyebab, Gejala, dan Cara Tepat MengatasinyaTension Pneumothorax: Penyebab, Gejala, dan Cara Tepat Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Tension pneumothorax adalah kondisi mengancam jiwa akibat cedera pada pleura yang berfungsi sebagai katup satu arah. Artinya, udara yang ditarik saat mengambil napas tidak bisa dikeluarkan kembali saat menghembuskan napas.

Hal itu membuat akumulasi udara di dalam rongga pleura sehingga menekan paru-paru, pembuluh darah, dan struktur rongga dada lainnya. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan yang signifikan dan ketidakstabilan hemodinamik. 

Mau tahu lebih jauh mengenai enyebab, gejala, dan langkah penanganannya? Berikut ulasannya!

Penyebab Tension Pneumothorax

Tension pneumothorax adalah gangguan yang terjadi akibat masuk dan terperangkapnya udara ke dalam rongga pleura. Pleura sendiri merupakan selaput berlapis ganda yang melapisi dinding dada dan permukaan paru-paru.

Ketika udara terperangkap secara terus-menerus di dalam rongga tersebut, akan terjadi ketidakstabilan hemodinamik. Hal ini merujuk pada kondisi di mana sistem sirkulasi darah dalam tubuh mengalami fluktuasi.

Fluktuasi itu menyebabkan ketidakseimbangan yang dapat mengancam keseimbangan tekanan darah, denyut jantung, dan distribusi darah ke organ-organ vital. 

Akibatnya, akan terjadi penurunan tekanan darah, ketidakmampuan menjaga denyut jantung yang stabil, atau gangguan distribusi darah. Hal ini berisiko mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke jaringan tubuh. 

Ketidakstabilan hemodinamik terjadi sebagai respons terhadap berbagai kondisi seperti syok, trauma, gagal jantung, atau infeksi berat. Diagnosis dan penanganan cepat diperlukan untuk meminimalkan risiko komplikasi serius.

Ketidakstabilan hemodinamik juga rentan terjadi pada pengidap pankreatitis akut. Bukan itu saja, ketahui di sini komplikasi lainnya: Ini 4 Komplikasi Pankreatitis Akut yang Perlu Diketahui

Gejala Tension Pneumothorax

Tension pneumothorax terjadi saat masuk ke rongga pleura dan tidak dapat keluar, sehingga menyebabkan penumpukan udara di dalam rongga tersebut. Gejalanya berupa:

Bahkan, terkadang udara di rongga pleura dapat bocor dan terperangkap di area terdekat, seperti jaringan subkutan dengan gangguan bernama emfisema subkutan.

Selain itu, udara yang bocor juga bisa terperangkap di dalam rongga di mediastinum. atau ruang di dada antara dua paru-paru. Kondisi ini disebut dengan pneumomediastinum.

Pneumomediastinum bisa menyebabkan nyeri dada parah di bawah tulang dada yang bisa menjalar ke leher atau lengan. Rasa sakitnya bertambah parah saat bernapas atau menelan.

Beragam gejala tersebut dapat berkembang dengan cepat dan menjadi kondisi darurat medis yang memerlukan tindakan segera. Jika tidak, dalam kasus yang jarang terjadi, gangguan bisa berujung pada kematian.

Pneumomediastinum juga bisa terjadi akibat serangan asma yang tiba-tiba. Ketahui penjelasannya di sini: Asma Dapat Sebabkan Nyeri Dada, Ini Penjelasan Medisnya

Cara Mengatasi Tension Pneumothorax

Tension pneumothorax merupakan keadaan darurat medis yang memerlukan perawatan dengan dekompresi jarum pada dada. Prosedur ini juga dikenal sebagai torakostomi jarum.

Torakostomi jarum bertujuan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam rongga pleura. Selama dekompresi jarum, dokter akan memasukkan jarum besar melalui dinding dada, di antara tulang rusuk, ke dalam rongga pleura. 

Setelah dekompresi jarum, jarum yang dimasukkan akan dibiarkan di tempatnya sampai dokter memasang selang dada. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan pembuangan udara yang tersisa. 

Setelah memasang selang dada, rontgen dada akan dilakukan untuk memeriksa lokasi selang dan keberhasilan ekspansi ulang paru. Setelah pengobatan, pasien harus dipindahkan ke unit perawatan kritis untuk memantau tanda vitalnya.

Jika masalah sesak pernapasan bukan terjadi akibat masalah medis yang krusial, kamu bisa membantu mengatasinya dengan rekomendasi herbal dalam artikel ini: Ini 6 Obat Alami Paru-Paru yang Dapat Melegakan Pernapasan.

Itulah penjelasan mengenai tension pneumothorax yang bisa berujung membahayakan nyawa. Diskusikan dengan dokter spesialis jika mengalami gejalanya untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan men-download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Osmosis from Elsevier. Diakses pada 2023. What Is It, Causes, Signs, Symptoms, Diagnosis, Treatment, and More.
MSD Manual. Diakses pada 2023. Pneumothorax (Tension).
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Pneumomediastinum.
StatPearls Publishing. Diakses pada 2023. Tension Pneumothorax.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan