• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Hilangkan Bau Mulut saat Puasa

3 Tips Hilangkan Bau Mulut saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Selama berpuasa, salah satu masalah yang cukup mengganggu dan bikin seseorang kurang percaya diri adalah bau mulut. Akibat tidak makan dan minum selama berjam-jam, ini bisa menyebabkan mulut kering, yang akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Namun, kamu tak perlu khawatir berlebihan, terdapat cara untuk menjaga rasa percaya diri selama bulan puasa ini, simak beberapa tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa diikuti. 

Ketahui Dahulu Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Ketika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut. Akibat hal ini, maka produksi air liur berkurang. Padahal air liur secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Hal ini karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami.  

Baca juga: Mitos atau Fakta, Siwak Bisa Mengurangi Bau Mulut saat Puasa

Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Nah, begini cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa kamu coba:

  • Sikat Gigi. Cara mudah ini adalah langkah paling sederhana untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh dengan teknik yang benar untuk mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi. Selain itu, sikat gigi juga perlu dilakukan sehabis berbuka atau sebelum tidur. Pilihlah pasta gigi yang bersifat anti bakteri. 

  • Berkumur dengan Mouthwash. Sikat gigi tidak cukup untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Mouthwash efektif juga dalam melawan bakteri yang mungkin masih terselip di area-area yang sulit dijangkau sikat gigi. Mouthwash juga mengandung bahan yang bisa menyegarkan napas. Kamu juga bisa berkumur dengan air garam. Ia akan bekerja sebagai agen antibakteri alami yang membunuh bakteri penyebab bau.

  • Bersihkan Lidah. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah ketika menyikat gigi. Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Kamu bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah dan pastikan untuk menjaga pembersih lidah tetap higienis. 

Baca juga: Benarkah Infused Water Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Ada beberapa cara lain yang bisa diandalkan untuk mencegah bau mulut saat puasa, antara lain: 

  • Minum air yang banyak saat berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur . Asupan air yang cukup akan meningkatkan produksi air liur. Selain itu, selalu pilih air putih dan cobalah batasi minuman manis. 

  • Konsumsi makanan sehat dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga mengandung air yang berguna untuk meningkatkan produksi air liur. 

  • Hindari makanan berbau menyengat saat sahur, seperti bawang putih, bawang bombay, atau jengkol.

  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih. Sisa gula di dalam mulut bisa mempercepat pertumbuhan bakteri di mulut. 

  • Jangan merokok, karena kandungan tembakau pada rokok juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

  • Coba isap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa. Buah ini efektif meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tidak menjadi kering dan bau.

Baca juga: Ibu Hamil Bau Mulut, Atasi dengan 5 Cara Ini

Nah, itulah cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi bau mulut yang kerap terjadi saat puasa. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan lain saat berpuasa, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa minta saran kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 11 Remedies for Bad Breath.
Harvard Health Blog. Diakses pada 2020. Bad Breath: What Causes It And What To Do About It.
Web MD. Diakses pada 2020. What You Can Do About Bad Breath.