Tips Menjalankan Puasa saat Batuk dan Flu

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Mei 2020
Tips Menjalankan Puasa saat Batuk dan FluTips Menjalankan Puasa saat Batuk dan Flu

Halodoc, Jakarta – Batuk dan flu dapat menyerang kapan saja, termasuk saat kamu sedang menjalankan puasa. Berpuasa dalam kondisi tubuh yang sehat saja sudah menjadi tantangan tersendiri, apalagi bila saat batuk dan flu sedang menyerang. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik kok meskipun sedang batuk dan flu. Simak tips-tipsnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Keluhan Sakit Saat Puasa

Berpuasa Justru Dapat Meredakan Gejala Batuk dan Flu

Batuk dan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang melemahkan pertahanan tubuh kamu. Pada saat-saat inilah, kamu perlu meningkatkan kembali daya tahan tubuh dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi. Namun, bagaimana caranya bila kamu sedang berpuasa?

Eits, jangan salah. Para peneliti justru percaya bahwa puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Ketika tubuh tidak memiliki cadangan energi glukosa lagi, ia mulai menggunakan asam amino dan lemak sebagai sumber energi. 

Menggunakan lemak sebagai bahan bakar menyebabkan tubuh memproduksi keton. Jenis keton tertentu, seperti beta-hydroxybutyrate (BHB) dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa puasa memungkinkan tubuh untuk meregenerasi sel kekebalan yang sehat. 

Jadi, kamu enggak perlu khawatir bila puasa dapat memperburuk batuk dan flu yang kamu alami. Justru dengan berpuasa, sistem kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga kamu dapat lebih cepat sembuh.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Rentan Terjadi Saat Puasa

Tips Puasa Saat Batuk dan Flu

Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala batuk dan flu, sehingga kamu tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik:

  • Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi Saat Sahur dan Berbuka

Saat batuk dan flu, konsumsilah makanan bergizi tinggi yang dapat membantu kamu lebih cepat sembuh, seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Terutama vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Vitamin C bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, mangga, dan pepaya. 

Selain itu, beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat pemulihan penyakit, antara lain sumber probiotik, seperti yoghurt, bawang putih yang memiliki sifat antimikroba, dan makanan anti-inflamasi, misalnya jahe dan kunyit.

  • Perbanyak Asupan Cairan

Sangat penting untuk memperbanyak asupan cairan saat sedang sakit agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membuat lendir lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain air putih, kamu juga bisa meminum minuman hangat, seperti sup atau kaldu saat berbuka puasa atau sahur, yang dapat membantu menghangatkan tubuh sekaligus meredakan hidung yang tersumbat.

  • Minum Obat

Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi obat saat sahur atau berbuka untuk meredakan gejala batuk dan flu yang mengganggu. Ingat, minumlah obat sesuai anjuran dosis yang tertera pada kemasan.

  • Banyak Beristirahat

Tidur atau istirahat yang cukup juga sangat penting saat sedang batuk dan flu, karena dapat membantu memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Saat tidurlah, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Berdahak

Itulah tips yang bisa kamu lakukan agar dapat berpuasa dengan baik, meskipun sedang batuk dan flu. Untuk membeli obat-obatan yang kamu perlukan untuk mengatasi batuk dan flu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order obat yang kamu perlukan lewat fitur Buy Medicines dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu selama bulan puasa.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is fasting a good idea during illness?.
Healthline. Diakses pada 2020. Can Fasting Fight the Flu or Common Cold?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan