• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tubuh Alami Ini saat Penurunan Kesadaran Terjadi

Tubuh Alami Ini saat Penurunan Kesadaran Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa penurunan kesadaran dan pingsan adalah dua kondisi yang berbeda? Pingsan adalah kondisi yang berlangsung sementara dan orang yang pingsan biasanya dapat kembali sadar sepenuhnya. Sementara penurunan kesadaran terjadi secara bertahap, mulai dari kebingungan, disorientasi, sampai akhirnya hilang kesadaran. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada tubuh saat mengalami penurunan kesadaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri utama orang yang memiliki kesadaran penuh adalah ia memiliki kewaspadaan dan berorientasi pada tempat dan waktu. Kewaspadaan berarti kamu dapat memberi respons yang tepat pada orang-orang dan hal-hal di sekitar kamu. Berorientasi pada tempat dan waktu berarti kamu tahu siapa diri, di mana berada, di mana tinggal, jam berapa sekarang, dan lain-lain.

Namun, ketika mengalami penurunan kesadaran, kemampuan kamu untuk tetap terjaga, sadar dan berorientasi terganggu. Kesadaran yang terganggu dapat menjadi kondisi medis yang perlu ditangani secepatnya.

Baca juga: Perlu untuk Diketahui, 7 Tingkatan Penurunan Kesadaran

Apa yang terjadi pada tubuh saat mengalami penurunan kesadaran?

Otak adalah organ yang bertanggung jawab untuk menjaga kesadaran. Otak seseorang membutuhkan sejumlah oksigen dan glukosa untuk berfungsi dengan baik. Banyak zat yang kamu konsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kimia dalam otak. Zat-zat tersebut dapat membantu mempertahankan atau menurunkan kesadaran. Misalnya, kafein yang merupakan stimulan dapat meningkatkan kadar aktivitas otak kamu. 

Kafein dapat ditemukan dalam banyak makanan atau minuman yang kamu konsumsi setiap hari, seperti kopi, soda, dan cokelat. Di sisi lain, obat penghilang rasa sakit dan obat penenang dapat membuat kamu mengantuk. Nah, efek samping tersebut adalah salah satu bentuk gangguan kesadaran.

Penyakit yang memengaruhi sel-sel otak juga dapat menyebabkan gangguan kesadaran. Koma adalah tingkat penurunan kesadaran yang paling parah.

Baca juga: Penurunan Kesadaran Disebabkan oleh 10 Penyakit Ini

Gejala Penurunan Kesadaran

Saat mengalami penurunan kesadaran, berikut ini gejala-gejala yang bisa kamu alami:

  • Kejang.

  • Gangguan fungsi usus atau kandung kemih.

  • Gangguan keseimbangan.

  • Terjatuh.

  • Sulit berjalan.

  • Detak jantung tidak teratur.

  • Denyut nadi cepat.

  • Tekanan darah rendah.

  • Berkeringat.

  • Demam.

  • Kelemahan di wajah, lengan, atau kaki.

Penanganan untuk Penurunan Kesadaran

Bila kamu mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera hubungi kontak darurat untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya. Pertama-tama, dokter akan menyelidiki apa yang menjadi penyebab di balik penurunan kesadaran yang kamu alami. Dokter dapat melihat riwayat medis lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik termasuk evaluasi neurologis terperinci. 

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui masalah medis yang kamu miliki, seperti diabetes, epilepsi atau depresi. Dokter juga akan menanyakan jenis obat-obatan yang kamu konsumsi, seperti insulin atau antikonvulsan. Dokter juga akan bertanya apakah kamu memiliki riwayat penyalahgunaan obat terlarang, obat resep, atau alkohol.

Kemudian, pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya tersebut. Kamu mungkin perlu mengganti obat atau memulai pengobatan yang baru, atau cukup mengatasi gejala-gejala untuk mengobati penyebab yang mendasarinya. Misalnya, kamu memerlukan perawatan medis darurat dan mungkin operasi untuk mengobati pendarahan otak. Di sisi lain, tidak ada obat untuk Alzheimer. Dalam kasus ini, tim medis akan membantu kamu untuk membuat strategi untuk mengatasi gejala dan menjaga kualitas hidup selama mungkin.

Jadi, bicarakanlah pada dokter sesegera mungkin, begitu kamu mengalami penurunan kesadaran. Dengan begitu, dokter dapat memberikan pengobatan secepat mungkin.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Orang yang Mengalami Penurunan Kesadaran

Kamu juga bisa berbicara pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc, kapanpun kamu butuh saran kesehatan. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter ahli dan terpercaya dapat membantu memberi solusi untuk masalah kesehatan yang kamu alami kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020.  Decreased Consciousness.