Urine Berdarah Akibat Hematuria, Ini Cara Mencegahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 September 2023

“Hematuria merupakan kondisi yang tidak dapat kamu cegah. Untuk mencegahnya, kamu harus mencegah kondisi penyebabnya terlebih dulu.”

Urine Berdarah Akibat Hematuria, Ini Cara MencegahnyaUrine Berdarah Akibat Hematuria, Ini Cara Mencegahnya

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami urine berdarah? Kondisi urine berdarah ini disebut juga hematuria. Meski kondisi ini biasanya bukan pertanda penyakit yang berbahaya, namun kamu tetap perlu mewaspadai kondisi ini. 

Lantas, tahukah kamu bahwa kondisi kesehatan seseorang bisa kamu lihat dari warna urine? Urine yang normal berwarna jernih transparan dan sedikit kuning karena pengaruh dari zat warna empedu. 

Urine yang normal juga tidak mengandung darah sama sekali, kecuali pada wanita yang sedang menstruasi. Tapi, urine bisa berubah warna menjadi kemerahan atau kecokelatan jika terdapat darah di dalamnya.

Cara Mencegah Hematuria

Kondisi ini sebenarnya tidak bisa kamu cegah. Tapi, kamu bisa menurunkan risiko terkena penyakit yang bisa menyebabkan hematuria.

Beberapa penyebab hematuria yang bisa kamu cegah yaitu:

1. Batu ginjal

Untuk mencegah batu ginjal, dokter menyarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam, protein, dan oksalat, seperti talas dan bayam.

2. Infeksi saluran kemih

Untuk mencegahnya, kamu juga perlu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Minumlah air putih yang cukup setiap hari, jangan pernah menahan kencing. 

Sementara itu untuk wanita, selalu bersihkan area intim atau vagina dari arah depan ke belakang.

3. Kanker kandung kemih

Kondisi ini juga dapat terjadi sebagai gejala kanker kandung kemih. Untuk mencegah kanker kandung kemih, kurangi atau hentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, hindari paparan bahan-bahan kimia, serta minum banyak air putih untuk mengurangi risiko terjadinya kanker kandung kemih yang dapat menyebabkan hematuria.

Kini kamu telah mengetahui penyebabnya, ada baiknya kamu mengetahui juga penanganannya dengan membaca lebih lanjut artikel ini: Begini Penanganan Hematuria yang Perlu Diketahui.

Penyebab Terjadinya Hematuria

Ada berbagai macam kondisi medis yang bisa menjadi penyebab di balik munculnya urine berdarah.

Rata-rata kondisi medis tersebut berkaitan dengan masalah yang terjadi pada sistem saluran kemih. 

Contoh penyebab umum hematuria, antara lain:

  • Infeksi saluran kemih.
  • Batu ginjal.
  • Infeksi ginjal.
  • Kanker kandung kemih.
  • Kanker ginjal.
  • Peradangan pada uretra. 

Selain gangguan pada sistem saluran kemih, gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi pria juga bisa menyebabkan hematuria. Contohnya pembengkakan kelenjar prostat dan kanker prostat.

Penyebab hematuria lainnya adalah adanya penyakit yang penyebabnya adalah kelainan genetik, seperti anemia sel sabit dan sindrom Alport. 

Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat kanker (cyclophosphamide dan penicillin) juga bisa menyebabkan kondisi ini. 

Kadang-kadang, munculnya darah di dalam urine juga bisa terjadi akibat pengaruh obat-obatan antikoagulan misalnya aspirin dan obat pengencer darah seperti heparin.

Meski jarang terjadi, namun olahraga secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab terjadinya hematuria. Sebenarnya, tidak ada yang tahu secara pasti mengapa olahraga berlebihan bisa menyebabkan hematuria.

Namun, hematuria mungkin terjadi akibat trauma pada kandung kemih mengalami dehidrasi akibat aktivitas fisik yang berlebihan.

Selain hematuria, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan urine berwarna merah muda atau kemerahan. 

Salah satunya karena makanan yang kamu konsumsi, seperti buah bit dan beri. Obat-obatan, seperti antibiotik nitrofurantoin dan obat laksatif juga bisa mengubah warna urine menjadi merah.

Selain itu, ketahui lebih lanjut mengenai kondisi penyebab hematuria melalui artikel ini: Ada Darah Dalam Urine, Waspada 8 Hal Ini.

Jadi, jangan langsung panik bila kamu mengeluarkan urine berwarna merah. Jika penyebabnya adalah makanan dan obat, warna urine akan kembali normal dalam beberapa hari.

Itulah beberapa cara mencegah hematuria yang bisa kamu lakukan. Jika kamu atau anggota keluarga mengalami gejala hematuria, segera hubungi dokter di Halodoc.✔️

Dokter akan memberikan saran dan penanganan yang tepat. Perawatan tepat dan cepat dapat mencegah terjadinya komplikasi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Why Is There Blood in My Urine?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Hematuria.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan