Vitamin yang Baik untuk Menangani Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Januari 2021
Vitamin yang Baik untuk Menangani Sakit TenggorokanVitamin yang Baik untuk Menangani Sakit Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Flu menjadi gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada masyarakat. Sering kali, penyakit yang disebut musiman ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Hidung tersumbat atau meler, sakit kepala, demam, hingga nyeri atau sakit tenggorokan. Sudah pasti, berbagai cara akan dilakukan agar flu bisa mereda sesegera mungkin. 

Flu memang kerap dikatakan sebagai penyakit ringan yang sangat mudah menular. Biasanya, ini akan lebih mudah terjadi pada orang dengan sistem imunitas yang lemah. Artinya, kamu membutuhkan asupan makanan bergizi dan vitamin untuk menunjang kerja imunitas tubuh agar bisa maksimal. 

Baca juga: Tenggorokan Terasa Sakit, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Ternyata, ada lima jenis vitamin yang dianggap efektif untuk meredakan salah satu gejala flu, yaitu sakit tenggorokan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Vitamin A

Vitamin A dengan dosis tinggi dibutuhkan untuk saluran pernapasan bagian atas dan harus dalam bentuk vitamin yang diemulsi. Dosis dewasa adalah sebesar 25.000 IU empat sampai enam kali per hari selama 1 atau 2 minggu. Hati-hati, ini adalah dosis yang bisa menjadi toksik jika diminum dalam jangka panjang, tetapi tidak demikian dalam jangka pendek.

Sementara itu, dosis untuk anak usia 3 hingga 12 bulan adalah 4.000 IU sebanyak dua hingga empat kali per hari selama 1 atau 2 minggu. Lalu, untuk anak usia 1 hingga 6 tahun, dosisnya 10.000 IU dua sampai empat kali per hari. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan selaput lendir dan meningkatkan kerja silia untuk mengeluarkan lendir. 

Baca juga: Awas, Hindari Makanan-Makanan Ini Saat Sakit Tenggorokan

  • Beta Karoten

Selanjutnya adalah beta karoten, dengan dosis sebesar 10.000 IU dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Vitamin ini membantu meningkatkan fungsi kekebalan dan membantu menyembuhkan selaput lendir. 

  • Vitamin C dengan Bioflavonoid

Vitamin C dikaitkan dengan fungsinya sebagai antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh terbaik. Dosis yang dianjurkan untuk dewasa adalah sebesar 1.000 sampai 2.000 miligram sebanyak empat sampai delapan kali setiap hari. Sementara itu, dosis untuk anak adalah sebesar 300 miligram dan bayi sebesar 100 sampai 250 miligram sebanyak empat sampai delapan kali sehari. Tidak hanya membantu meringankan sakit tenggorokan, vitamin C juga membantu tubuh memerangi infeksi virus. 

Baca juga: 6 Penyakit Ini Sebabkan Tenggorokan Sakit saat Menelan

  • Zink

Jenis suplemen satu ini dikonsumsi dalam bentuk glukonat atau asetat dengan glisin. Hal ini disebabkan karena zinc dalam bentuk sitrat atau tartrat masih belum efektif. Konsumsi dengan cara dilarutkan dalam mulut. Zink akan membantu tubuh meningkatkan fungsi kekebalan.

  • Vitamin B5

Terakhir adalah vitamin B5 atau disebut juga dengan asam pantotenat. Vitamin satu ini berperan sebagai zat antihistamin di dalam tubuh. 

Nah itu tadi lima jenis vitamin yang bisa membantu meringankan sakit tenggorokan yang kamu alami sekaligus membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sekarang, kamu tidak perlu lagi ke apotek untuk membelinya, cukup dengan aplikasi Halodoc kamu sudah sudah bisa pesan obat melalui layanan pharmacy delivery.

Flu dan sakit tenggorokan tidak selalu harus ditangani dengan obat. Namun, pastikan kamu tetap jaga kesehatan, ya! Hindari kontak dengan orang lain jika sedang flu agar tidak menularkan virus tersebut. 



Referensi:
North Atlantic Books. Diakses pada 2021. 5 Best Vitamins to Treat a Sore Throat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan