Amankah Mengatasi Fobia Naik Pesawat dengan Obat-obatan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Amankah Mengatasi Fobia Naik Pesawat dengan Obat-obatan?

Halodoc, Jakarta - Pesawat adalah salah satu transportasi vital yang dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama, untuk seseorang yang ingin mencapai tujuan yang sulit dicapai dengan menggunakan transportasi darat atau laut. Transportasi dengan pesawat juga dipilih karena lebih cepat, sehingga dapat menghemat waktu untuk sampai di tujuan. Bahkan, saat ini tiket transportasi udara sudah terbilang murah.

Walau begitu, tidak sedikit orang yang takut atau fobia ketika akan bepergian dengan pesawat. Umumnya, orang-orang yang mempunyai perasaan takut ketika menaiki pesawat juga mempunyai ketakutan akan ketinggian. Selain itu, seseorang juga dapat takut untuk terbang dengan pesawat disebabkan pengalaman yang tidak menyenangkan saat perjalanan sebelumnya. Perasaan takut ketika bepergian dengan pesawat disebut dengan aerophobia.

Baca Juga : 4 Tips Menaklukan Rasa Takut Naik Pesawat

Penyebab Fobia Terbang dengan Pesawat

Sebelum masuk ke pembahasan apakah mengonsumsi obat-obatan aman untuk mengatasi fobia ketika naik pesawat, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Faktanya, memang tidak ada penjelasan khusus ketika seseorang takut atau mengalami fobia ketika menaiki pesawat. Walau begitu, terdapat beberapa penyebab yang mungkin mendasari seseorang mengalami aerofobia, yaitu:

  1. Belum Pernah Naik Pesawat

Salah satu penyebab seseorang mengalami fobia perjalanan dengan pesawat adalah dikarenakan belum pernah melakukannya sebelumnya. Seseorang yang belum pernah menaiki pesawat pasti memiliki rasa takut. Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi. Hal yang perlu dilakukan oleh orang sekitar adalah menenangkannya dan memberi tahu bahwa terbang dengan pesawat tidak semenyeramkan itu.

Baca Juga : Punya Fobia Parah Sering Dianggap Aneh, Wajarkah?

  1. Pengalaman Buruk

Seseorang yang mempunyai pengalaman buruk ketika naik pesawat, seperti turbulensi hebat, juga dapat menimbulkan fobia yang kuat. Hal tersebut menyebabkan suatu ingatan yang buruk, sehingga orang tersebut berusaha menghindarinya sebisa mungkin.

Mengatasi Fobia Naik Pesawat dengan Obat-obatan

Salah satu cara untuk mengatasi fobia naik pesawat pada seseorang adalah dengan cara mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan boleh dikonsumsi oleh pengidap fobia, tetapi harus dengan resep dokter. Obat-obatan yang akan diberikan dokter untuk mengatasi rasa takut ini adalah alprazolam 0,5-1 miligram. Obat ini disarankan untuk diminum setengah jam sebelum penerbangan dilakukan.

Baca Juga : Fobia Ketinggian Bisa Diatasi dengan Cara Ini

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan fobia ketika naik pesawat adalah dengan melakukan sesi terapi dengan psikolog. Hal ini dipercaya dapat mengurangi rasa takut yang muncul. Terapi tersebut sangat membantu seseorang untuk lebih tenang ketika pesawat berada di atas awan.

Tips untuk Meredam Rasa Takut Terbang

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat kamu lakukan untuk meredam perasaan takut ketika bepergian dengan pesawat :

  1. Tetap relaks. Kamu dapat melakukan pengaturan napas agar tetap relaks. Tariklah napas dalam-dalam pada hitungan empat, dan lepaskan ketika hitungan enam.

  2. Hilangkan gangguan stres. Kamu dapat menurunkan tutupan jendela kamu agar tidak terganggu dengan pemandangan yang bergerak.

  3. Atur rasa cemas. Kamu dapat mengatur rasa cemas dengan cara melakukan meditasi setiap hari selama seminggu atau dua minggu sebelum penerbangan dilakukan.

  4. Lakukan hal yang menenangkan. Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk meredam rasa takut karena penerbangan adalah dengan menemukan hal yang membuat kamu fokus dan tenang. Pilihlah musik yang membuat kamu tenang dan makanlah makanan ringan agar tetap fokus. Namun, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan.

  5. Hilangkan rasa takut. Seseorang dapat mengalami ketakutan terhadap penerbangan karena ia tidak memegang kendali. Ia pun tidak mempercayakan dirinya terhadap orang yang mengontrolnya. Cobalah untuk memberikan kepercayaan pada sang pilot, karena ia sudah berpengalaman ribuan jam di atas langit.

Itulah pembahasan tentang apakah aman mengatasi fobia pesawat dengan obat-obatan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal fobia pesawat, dokter, psikiater, atau psikolog dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!