Awas, Sakit Perut Sebelah Kiri Bisa Menandai Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Awas, Sakit Perut Sebelah Kiri Bisa Menandai Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta - Sakit perut sebelah kiri sering membuat pengidapnya nyeri, atau meringis kesakitan. Ada pula yang merasa khawatir karena gejala tersebut menandai gejala dari penyakit tertentu. Hmm, bisa jadi sih. Sakit perut sebelah kiri bisa terjadi karena beragam faktor, mulai dari tinja mengeras (penyakit ringan) hingga kista ovarium, atau bahkan kanker.

Sakit perut sebelah kiri umumnya disebabkan gangguan organ pada bagian tersebut. Lantas, penyakit apa saja yang yang bisa ditandai dengan sakit perut sebelah kiri?

Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?

Sakit Perut Sebelah Kiri, Bagian Atas

Perut sebelah kiri bagian atas terdiri dari berbagai macam organ. Mulai dari lambung, pankreas, limpa, hingga ginjal. Nah, berikut ini penyakit yang bisa ditandai oleh sakit perut sebelah kiri bagian atas, yaitu:

1. Gangguan Lambung

Sakitnya perut di bagian ini bisa mengindikasikan masalah gastritis atau radang lambung akibat peradangan pada dinding lambung. Pengidapnya merasakan nyeri yang terasa panas dan perih pada ulu hati. Gangguan lambung ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, autoimun, pertambahan usia, atau konsumsi alkohol yang berlebih.

2. Peradangan Pankreas

Sakit perut sebelah kiri juga bisa menandai adanya masalah pada organ pankreas. Peradangan pankreas terbagi dua, akut dan kronis. Meski peradangan akut berlangsung singkat, tapi tetap bisa menyebabkan kerusakan serius.

  1. Masalah Ginjal

Selain dua kondisi di atas, sakit perut sebelah kiri bagian atas juga bisa menandai masalah ginjal. Contohnya, infeksi ginjal atau batu ginjal. Hati-hati, keduanya dapat menimbulkan masalah yang cukup serius. Infeksi ginjal bisa menimbulkan komplikasi abses ginjal, sepsis, dan gagal ginjal.

Sedangkan batu ginjal tidak kalah ngerinya. Komplikasi batu ginjal bisa berupa cedera pada ureter, perdarahan, atau bakteremia. Bakteremia ini menyebabkan infeksi menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Tuh, seram kan?

  1. Divertikulitis

Divertikulitis bisa ditandai dengan nyeri atau sakit perut sebelah kiri bagian atas. Rasa nyeri ini biasanya muncul setelah makan atau bergerak. Divertikulitis merupakan peradangan atau infeksi pada divertikula (kantung-kantung yang terbentuk di saluran pencernaan, terutama usus besar). Pada beberapa kasus, divertikulitis bisa menyebabkan buang air besar berdarah.

Hal yang perlu digarisbawahi, sakit perut sebelah kiri bagian atas tidak hanya mengindikasian empat penyakit di atas. Keluhan ini juga bisa menandai adanya tinja yang mengeras, pneumonia, cedera, serangan jantung, atau kanker. Lalu, bagaimana dengan bagian lainnya?

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Sakit Perut Sebelah Kiri, Bagian Bawah

Di bagian ini terdapat beberapa organ, mulai dari usus besar, usus halus, hingga sistem reproduksi wanita. Nah, berikut ini penyakit yang bisa ditandai dengan sakit perut sebelah kiri bagian bawah, yaitu:

  1. Usus Buntu

Nyeri pada perut merupakan gejala utama dari penyakit usus buntu. Nyeri ini disebut dengan kolik abdomen. Seseorang yang mengidap usus buntu umumnya merasakan nyeri pada bagian pusar, lalu bergerak ke bagian kanan bawah perut. Namun, posisi nyeri ini bisa berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Semuanya bergantung pada posisi dari usus buntu dan usia pengidapnya.

  1. Crohn’s Disease

Pernah mendengar penyakit Crohn? Penyakit ini merupakan peradangan usus kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan dinding sistem pencernaan (mulut hingga anus). Namun, sebagian besar penyakit Crohn lebih sering terjadi pada usus besar dan usus halus.

Selain sakit perut sebelah kiri, penyakit ini bisa ditandai dengan diare, mual dan muntah, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, hingga tinja bercampur darah. Jika mengalami salah satu atau beberapa dari gejala tersebut, kamu bisa bertanya lebih lanjut dengan dokter tentang penyakit ini. Kini bertanya dengan dokter mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Caranya lewat aplikasi Halodoc.

Baca juga: 5 Macam Penyakit Perut yang Sering Terjadi

  1. Kista Ovarium

Kondisi yang satu ini pasti membuat kaum hawa khawatir. Kista ovarium ini bisa disebabkan akibat pertumbuhan sel abnormal (kista patologis). Nah, yang bikin ngeri, meski sebagian besar kista ini bersifat jinak, tapi ada sebagian kecil kasusnya yang bersifat gagas.

Seorang wanita yang mengalami kista ovarium umumnya merasakan nyeri atau sakit perut bagian bawah. Rasa sakit ini bisa hilang dan timbul, mulai dari ringan hingga parah.

Nah, selain hal di atas, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa menandai berbagai penyakit lainnya. Contohnya divertikulitis, infeksi ginjal, endometriosis, masalah pada leher rahim, infeksi tuba falopi, hingga kanker.

Sudah tahu kan penyakit apa saja yang bisa ditandai dengan sakit perut sebelah kiri? Hal yang mesti diingat, sakit perut sebelah kiri biasanya dapat berkurang dalam waktu satu atau dua hari. Jika keadaan tidak kunjung membaik, tidak ada salahnya langsung menemui dokter ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada November 2019. Abdominal pain.
Mayo Clinic. Diakses pada November 2019. Diseases and Conditions. Kidney Infection.
Medline Plus. National Institutes of Health, U.S. National Library of Medicine. Diakses pada November 2019. Abdominal pain.  
Healthline. Diakses pada November 2019. What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen.