02 November 2018

Awas, Jangan Abaikan Jika Alami Perut Kiri Sakit

Awas, Jangan Abaikan Jika Alami Perut Kiri Sakit

Halodoc, Jakarta - Gejala penyakit dapat muncul dengan berbagai cara, namun tidak dipungkiri juga penyakit bisa muncul tanpa memiliki gejala sama sekali. Dari semua gejala penyakit yang ada, sakit perut menjadi salah satu yang paling sering dirasakan. Sakit perut juga sering kali mengganggu aktivitas dan membuat orang segera mencari pertolongan medis. Selain itu, kebanyakan orang masih sulit membedakan mana sakit perut, nyeri perut, dan perut melilit. Cara untuk mempermudah diagnosis biasanya dokter mengelompokkan kemungkinan penyakit tertentu berdasarkan letak sakit. Lantas, apa artinya jika seseorang merasa perut kiri sakit. Berikut ini penjelasan tentang penyakit yang mungkin dialami jika perut kiri terasa sakit.

Sakit Perut Kiri Bagian Atas

Organ yang terletak pada bagian perut kiri atas antara lain lambung, limpa, pankreas, ginjal kiri, dan bagian atas usus besar serta sebagian kecil hati. Jika perut kiri sakit, maka disinyalir gangguan bersumber dari organ-organ tadi.

  • Gangguan Lambung

Perut kiri sakit yang paling biasanya disebabkan oleh kondisi maag atau luka di area lambung. Rasa nyerinya semakin parah setelah makan atau saat kondisi berbaring di malam hari. Apabila kamu didiagnosis maag maka gejala lain akan menyertainya seperti rasa panas di dada dan perut terasa kembung. Sementara jika infeksi lambung yang menyerang, gejala yang menyertainya antara lain diare, mual, dan muntah.

  • Gangguan Limpa

Limpa adalah organ yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuat sel darah baru serta menyimpan pembekuan darah. Jika limpa mengalami gangguan, rasa nyeri terasa hingga area bahu. Beberapa penyakit yang diindikasikan memiliki gejala tersebut antara lain:

  • Kanker darah menyebabkan ukuran limpa membesar dan menimbulkan nyeri.

  • Infeksi virus mononukleosis yang menyebabkan nyeri tingkat ringan.

  • Trauma akibat kecelakaan.

  • Kerusakan limpa akibat penyakit kelainan darah sickle cell.

  • Gangguan Pankreas

Pankreas adalah penghasil enzim pencernaan, nyeri perut akibat gangguan pankreas akan membuat pengidapnya merasa nyeri. Pankreatitis adalah penyakit yang disinyalir terjadi akibat gangguan pankreas. Gejala lain yang menyertai penyakit ini antara lain mual dan muntah. Selain peradangan, tumor bisa menyebabkan sakit perut kiri atas.

Sakit Perut Kiri Bagian Bawah

Apabila seseorang merasakan bagian bawah perut kiri sakit maka disinyalir gangguan bersumber pada usus besar, usus halus, atau gangguan sistem reproduksi wanita.

  • Radang Usus

Penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulseratif menimbulkan bagian bawah perut kiri sakit. Gejala yang muncul pun dapat disertai dengan diare dan darah pada tinja. Penyakit Crohn umumnya menyerang usus halus, sementara  kolitis ulseratif menyerang usus besar.

  • Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah penyakit yang menyerang saluran reproduksi wanita dan disertai gejala lain yang cukup mengganggu. Gejala tersebut antara lain demam, keputihan berbau, nyeri atau flek saat berhubungan intim, dan flek di luar siklus haid.

  • Kista Ovarium

Penyakit ini menyebabkan munculnya kantung berisi cairan dalam permukaan ovarium. Saat kista sudah pecah, maka sakitnya tidak tertahankan dan akan terjadi perdarahan organ dalam.

  • Gangguan Ginjal

Sebetulnya gangguan ginjal ini menyebabkan nyeri perut sebelah kiri atau hingga bawah. Gangguan yang terjadi antara lain batu ginjal atau infeksi ginjal. Rasa sakit dibarengi dengan keluhan lain seperti demam, nyeri saat buang air kecil, serta darah pada air seni.

Kini kamu bisa menanyakan perihal kondisi diri pada dokter yang ada di Halodoc. Dokter yang ada di Halodoc akan membantu mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami. Kamu bisa menghubungi dokter ahli yang terpercaya di Halodoc dengan cara chat, voice, dan video call di fitur Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store maupun Google Play.

Baca juga: