Bahaya, Ini Akibatnya Jika Minum Soda Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
soda, bahaya minum soda setiap hari, Dampak Negatif Mengonsumsi Soda

Halodoc, Jakarta - Soda terbuat dari air biasa yang melalui proses karbonasi atau proses pencampuran karbon dioksida dengan tekanan tinggi. Soda juga biasanya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan. Minuman yang bersoda biasanya mengandung pewarna, pengawet, kafein, sodium, serta zat tambahan lainnya. Bagaimana jika minuman ini dikonsumsi setiap hari? Apakah berbahaya bagi kesehatan?

Baca juga: Sering Minum Soda? Hati-hati Bahaya Ini

Apa Saja Dampak Negatif Mengonsumsi Soda Setiap Hari?

Banyak kandungan dalam soda yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari. Berikut hal-hal yang akan terjadi jika seseorang mengonsumsi soda setiap hari.

  • Mengalami Obesitas

Minuman soda yang kamu pikir dapat dikonsumsi sebagai minuman diet untuk mencegah kenaikan berat badan, hal tersebut merupakan mitos belaka. Pasalnya, soda bebas gula yang kamu konsumsi sebagai minuman diet ternyata mengandung gula 200-600 kali lipat lebih banyak. Hal ini tentu akan membuat lemak di perut kamu menumpuk sebanyak tiga kali lipat. Jadi, masih percaya jika soda bisa kamu konsumsi sebagai minuman untuk diet?

  • Kekurangan Vitamin

Minuman bersoda memiliki kandungan asam folat yang dapat menguras kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, soda juga dapat memengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh. Jika dikonsumsi setiap hari, minuman berkarbonasi ini akan menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi, serta osteoporosis.

Selain itu, soda juga bereaksi dengan menolak susu yang dikonsumsi. Susu diperkaya dengan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan tulang yang kuat dan mencegah terjadinya penyakit. Jika hal ini terus-menerus terjadi, akan berbahaya bagi perkembangan anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan.

Baca juga: Minuman dalam Kemasan yang Bisa Beri Dampak Negatif

  • Mengalami Kerusakan Gigi

Minuman bersoda yang sering dikonsumsi bisa menyebabkan gigi berlubang, karena kadar gula yang tinggi dan sirup fruktosa di dalamnya. Selain itu, soda juga dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi, karena sifat asamnya yang tinggi. Hal ini dapat terjadi karena gula dalam soda berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam.

Asam kemudian akan menyerang gigi dan menyebabkan terkikisnya enamel gigi. Tidak hanya itu, soda biasa yang bebas gula pun mengandung asam tinggi, yang juga dapat mengikis gigi. Gigi akan mengalami serangan terus-menerus jika kamu mengonsumsi soda setiap hari.

  • Mengidap Penyakit Kronis

Selain dapat menyebabkan obesitas, minum soda setiap hari juga akan meningkatkan risiko seseorang mengidap sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Parahnya lagi, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu kaleng minuman bersoda akan memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular kronis, serta tekanan darah tinggi.

Baca juga: Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Akut?

  • Mengidap Kanker

Minuman bersoda mengandung bahan kimia berbahaya benzena yang dapat menyebabkan kanker. Benzena sendiri akan terbentuk ketika asam benzoat bercampur dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga. Bercampurnya bahan-bahan berbahaya ini akan menyebabkan reaksi kimia dan terbentuklah benzena, yaitu bahan kimia penyebab kanker.

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi saat hari sedang panas-panasnya. Namun, minuman ini memberikan lebih banyak hal negatif bagi tubuh ketimbang hal positifnya. Jika kamu punya masalah seputar kesehatan, dokter ahli pada aplikasi Halodoc siap membantumu di mana pun dan kapan pun. Jangan lupa download aplikasinya, ya!

Referensi:
Globe Life (Diakses pada 2019). 6 Things That Happen If You Drink Soda Everyday.
Food Revolution Network (Diakses pada 2019). 21 Ways Drinking Soda Is Bad for Your Health.