10 October 2018

Bahu Bergeser, Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Bahu Bergeser, Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Halodoc, Jakarta - Bahu bergeser atau dislokasi sendi bahu terjadi ketika bonggol tulang lengan atas bergeser dari tempatnya. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan perlu penanganan yang cepat dan tepat. Ini pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu.

1. Kompres Bahu dengan Es

Begitu bahu bergeser, hal yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah mengompres bagian bahu tersebut. Pada orang yang mengalami dislokasi, suhu dingin dari es dapat sangat membantu untuk mengurangi rasa dan sensasi nyeri yang luar biasa itu. Selain untuk mengurangi rasa sakit, suhu dingin dari es juga berguna untuk mengurangi pembengkakan di area bahu yang cedera.

Pada bagian bahu yang bergeser, sebagian pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan plasma darah bocor ke jaringan sekitarnya, kemudian menyebabkan pembengkakan. Kompres dingin akan membuat pembuluh darah yang pecah itu mengecil, sehingga bocornya lebih sedikit.

2. Jangan Tarik Paksa Lengan

Ingat jangan pernah tarik paksa lengan yang mengalami pergeseran. Karena salah-salah, penarikan paksa bukannya mengembalikan ke tempat semula, tetapi justru menyebabkan patah tulang di bagian bonggol tulang. Jika ini terjadi, orang yang mengalami dislokasi akan tambah merasa sakit dan pertolongan medis yang tadinya bisa lebih sederhana justru akan jadi rumit. Jika bonggol mengalami patah, nantinya bisa membutuhkan operasi untuk mengeluarkan fraktur dari tulang yang patah.

Selanjutnya, pertahankan posisi lengan agar tidak banyak berubah sampai pertolongan medis datang. Hal ini penting diingat agar tidak ada kerusakan tambahan, misalnya pada ligamen. Jika memang agak sulit mempertahankan posisi lengan tersebut, setidaknya perhatikan jangkauan gerak dari lengan.

3. Jangan Tunda Penanganan

Penanganan bahu yang bergeser sebenarnya tidaklah rumit dan lama. Prosedurnya bisa selesai dari 10-15 menit. Hanya saja ketepatan dan kecepatan penanganan harus jadi prioritas.

Biasanya dokter akan mengembalikan tulang bahu ke posisi awal secara pelan-pelan. Penanganan semacam ini juga mempertimbangkan seberapa sakit yang dirasa. Jika pembengkakan dan rasa nyerinya sudah cukup kuat, bisa saja diberikan sedatif atau obat bius. Proses ini akan dilakukan dengan beberapa Teknik seperti hipokraptik, rotasi eksternal, teknik stimson, dan teknik reduksi cepat

Bahu bergeser jangan pernah kamu anggap remeh. Kondisi ini bukanlah kondisi terkilir atau memar biasa. Jika penanganannya terlambat atau tidak tepat proses penyembuhannya, bisa jadi jauh lebih rumit dan lebih lama.

Nah, jika kamu mengalami rasa bahu bergeser atau dislokasi sendi, ingin mengetahui teknik dan cara menolongnya, yuk tanyakan pada dokter dan spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: