Banyak Makan Tauge Bisa Bikin Subur? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Banyak Makan Tauge Bisa Bikin Subur? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Tauge adalah gudang nutrisi dengan kandungan vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, tauge juga menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3. 

Melihat kandungan supernya wajar jika tauge memiliki kapasitas untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma jika dicerna secara teratur. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha, dan dapat membantu meningkatkan kesuburan untuk pria. Bagaimana tauge dapat memengaruhi kesuburan, simak selanjutnya di sini!

Peran Vitamin E pada Tauge

Vitamin E jelas merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi kecambah tauge, ada peluang di mana vitamin E melindungi sel telur dan sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Tauge menjadi makanan bernilai tinggi karena kandungan mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Banyak manfaat yang bisa didapat dari kecambah, selain untuk meningkatkan vitalitas dan kesuburuan, tauge juga bermanfaat dalam mencegah kanker, osteoporosis, serangan jantung dan stroke serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 5 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Enzim pada kecambah mampu meningkatkan pergerakan usus, jika kamu memiliki masalah dengan pencernaan dan kembung, ada baiknya kamu mengonsumsi tauge. Dalam satu cangkir kecambah, mengandung sekitar 125 miligram potasium yang baik untuk berfungsinya organ dan jaringan sel-sel tubuh. 

Kandungan elektrolit, kalium meningkatkan cadangan energi dan meningkatkan fungsi otot, makanan ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi yang terkandung dalam tauge, tidak heran kalau mengonsumsi tauge akan membuat pria lebih subur dan staminanya oke. 

Sejatinya selain urusan seks dan kesuburan, enzim pada tauge juga dapat meningkatkan energi tubuh membuat kita merasa sehat dan bugar. Tauge juga mengandung banyak oksigen, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, menghilangkan bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan, dan juga yang lainnya. 

Beberapa ahli memperdebatkan bahwa tauge yang lebih baik dikonsumsi mentah, seperti sajian salad atau dijus. Jika dimasak, idealnya digoreng atau bahkan dikukus sebentar. Ini dilakukan supaya menghindari paparan  E coli, yang memungkinkan kontaminasi sayuran dan pengemasan ulang. 

Cara  Lain Tingkatkan Kesuburan

Menikmati makan dengan cara santai dan mengunyah perlahan juga bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan. Ini tidak hanya akan membantu pencernaan, tetapi juga akan membantu kamu menjadi sadar supaya tidak makan berlebihan.

Kalau bisa konsumsilah jenis makanan sehat dan organik. Makanan organik telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk memelihara sistem tubuh dan meminimalkan paparan racun, dan hormon berlebihan ke tubuh.

Baca juga: Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

Kurangi juga makanan yang mengandung gluten karena jenis ini dapat mengganggu fungsi hormon, meningkatkan peradangan, dan meningkatkan lemak tubuh yang dapat mengganggu ovulasi. 

Suhu makanan juga dapat berpengaruh terhadap kualitas makanan yang kamu makan. Makan-makanan hangat secara berkala akan membantu menjaga tingkat energi tetap seimbang. Kalau bisa olah makananmu sendiri, sehingga kamu bisa tahu kebutuhan dan menjaga kebersihannya. 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tauge dan manfaatnya buat kesuburan, tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Health Benefit Times. Diakses pada 2019. Health benefit of bean sprouts.
Healthy Made. Diakses pada 2019. Sprouts can improve fertility sperm.
National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Food Mug Bean and Sprouts.