• Home
  • /
  • Bekas Jerawat di Dagu, Begini Cara Menyamarkannya

Bekas Jerawat di Dagu, Begini Cara Menyamarkannya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bekas Jerawat di Dagu, Begini Cara Menyamarkannya

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu memiliki jerawat pada wajah, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang muncul pada wajah. Dilansir dari American Academy of Dermatology, ketika jerawat menembus kulit secara mendalam, maka mereka mampu merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Nah, saat jerawat sudah hilang, tubuh berusaha memproduksi kolagen untuk memperbaiki kulit. Sayangnya, kurangnya produksi kolagen dapat sebabkan bekas jerawat.

Baca juga: Bekas Jerawat? Hilangkan dengan Bahan Alami Ini

Memiliki banyak bekas jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih lagi jika kamu memiliki bekas jerawat pada area dagu. Bekas jerawat yang berada pada area dagu tentu akan terlihat oleh orang lain. Namun jangan khawatir, lakukan beberapa cara ini untuk menyamarkan bekas jerawat di area dagu.

Ketahui Cara untuk Menyamarkan Bekas Jerawat di Dagu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan tepat, seperti menggunakan masker wajah, melakukan facial wajah pada klinik kecantikan, atau menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter. Namun, hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi jerawat.

Selain kulit yang mengalami iritasi, memencet jerawat juga menimbulkan masalah baru di depannya, yaitu menimbulkan bekas jerawat. Banyaknya bekas jerawat pada wajah, terkadang menyebabkan gangguan kesehatan mental pada seseorang khususnya wanita. Bekas jerawat yang tidak diatasi dapat sebabkan penurunan kepercayaan diri.

Baca juga: Ini Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Nah, ketahui cara yang bisa dilakukan agar bekas jerawat pada dagu dapat tersamarkan, yaitu:

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Dilansir dari Healthline, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari pada area wajah yang memiliki bekas jerawat dapat membuat bekas jerawat sulit untuk memudar. Gunakan tabir surya atau pakaian yang tertutup saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Tidak hanya dapat menyamarkan bekas jerawat, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kamu terhindar dari gangguan kesehatan pada kulit, seperti kanker kulit.

2. Gunakan Serum

Jangan lupa merawat kulit wajah dengan menggunakan perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Salah satu perawatan yang bisa digunakan adalah serum wajah. Sebaiknya gunakan serum wajah yang mengandung vitamin C di dalamnya. Vitamin C berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah di area dagu maupun area yang lainnya. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah dan dapat mengatasi masalah penuaan dini, meringankan bintik hitam pada kulit, meratakan warna kulit, dan membuat kulit bercahaya.

3. Perawatan dengan Masker Putih Telur

Kamu juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat dengan cara alami, salah satunya menggunakan masker putih telur. Caranya, ambil putih telur dan campurkan dengan madu. Setelah diaduk merata, aplikasikan campuran ini pada kulit wajah khususnya area dagu. Putih telur akan mengering dan mampu mengangkat sel kulit mati. Proses ini dapat menghilangkan bekas jerawat. Jangan lupa gunakan air hangat untuk membilas wajah dan lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

4. Perawatan Kecantikan

Kamu juga dapat melakukan perawatan kecantikan pada klinik kecantikan dengan dokter kulit. Dilansir dari Medical News Today, berbagai cara dapat membantu untuk menyamarkan noda bekas jerawat pada dagu, yaitu dengan chemical peeling, perawatan laser, maupun microneedling. Sebelum memutuskan untuk melakukan satu perawatan, tidak ada salahnya bertanya langsung pada dokter agar perawatan yang dilakukan dapat berjalan baik.

Baca juga: Seberapa Efektif Laser Wajah untuk Bekas Jerawat?

Itulah perawatan yang bisa dilakukan untuk menyamarkan noda bekas jerawat pada area dagu maupun wajah. Selain perawatan dari luar, jangan lupa untuk merawat kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. 

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Acne Scar: Who Gets and Causes
Healthline. Diakses pada 2020. How to Remove Dark Spots from Pimples
Medical News Today. Diakses pada 2020. The Best Ways to Get Rid of Acne Scars
CNN Underscored. Diakses pada 2020. These Vitamin C Serums Can Brighten Skin, Reduce Wrinkles and More