• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bekas Jerawat Menghitam, Ini 6 Cara Menanganinya

Bekas Jerawat Menghitam, Ini 6 Cara Menanganinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Ketika mendapati jerawat di wajah, pasti muncul keinginan untuk segera menghilangkannya. Jerawat memang dapat menurunkan rasa percaya diri. Nah, kamu mungkin sering mendengar kalau jerawat tidak boleh disentuh atau dihilangkan secara paksa.

Pasalnya, hal ini dapat mengakibatkan bekas jerawat yang menghitam dan sulit untuk dihilangkan. Meskipun jerawat telah hilang, noda hitam ini muncul sebagai masalah baru yang juga sulit dihilangkan. Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami masalah ini, berikut perawatan yang bisa dicoba untuk menanganinya.

Baca Juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat

Bekas Jerawat Menghitam, Atasi dengan Cara Ini

Sebelum melakukan perawatan dengan dokter, sebaiknya pilih pengobatan alami terlebih dahulu untuk mengatasi bekas jerawat. Jika perawatan rumahan yang dilakukan tidak begitu efektif, tersedia perawatan wajah lain yang bisa dicoba. Berikut pengobatan rumahan maupun perawatan dokter untuk mengatasi bekas jerawat menghitam, yaitu:

  1. Vitamin C

Vitamin C terkenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin C mudah diperoleh melalui bahan-bahan alami, contohnya perasan lemon. Nah, kamu bisa mencoba masker lemon dengan menerapkannya ke noda-noda hitam di wajah kamu. Melansir dari Healthline, vitamin C terbukti efektif menurunkan pembentukan melanin. Perlu diketahui bahwa noda hitam adalah hasil dari jumlah melanin yang berlebihan. 

  1. Lidah Buaya

Akhir-akhir ini, lidah buaya menjadi bahan yang amat populer dalam dunia kecantikan. Hal ini bukan tanpa alasan, lidah buaya adalah agen penyembuhan yang luar biasa, terutama saat kulit mengalami peradangan akibat jerawat. Lidah buaya dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel secara konsisten. 

  1. Asam Azelaic

Bahan yang satu ini mungkin jarang diketahui ketimbang vitamin C dan lidah buaya. Asam azelaic adalah ekstrak alami dari gandum, yang mampu memperbaiki produksi pigmentasi abnormal. Bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri yang membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang tertinggal di wajah. Saat menggunakan asam azelaic di siang hari, jangan lupa gunakan bersama tabir surya dan pelembap. 

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Setiap Hari oleh Wanita Berkulit Sehat

Jika muncul kemerahan, rasa panas dan gatal setelah menggunakan bahan ini, hentikan pemakaiannya karena kulit bisa mengalami iritasi. Jika kamu terlanjur mengalaminya, periksakan ke dokter kulit Halodoc untuk mendapat perawatan dan obat-obatan yang tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kini kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi. 

  1. Chemical Peeling

Apabila bahan-bahan di atas tidak berfungsi secara efektif, kamu perlu beralih ke perawatan dokter. Chemical peeling adalah salah satunya. Chemical peeling atau pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit yang rusak, termasuk noda hitam bekas jerawat. Untuk melakukannya, dokter kulit perlu mengoleskan larutan asam topikal dalam dosis yang cukup kuat ke wajah. 

  1. Mikrodermabrasi

Selain chemical peeling, mikrodermabrasi adalah perawatan wajah lain untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat. Perawatan ini menggunakan perangkat untuk meledakkan partikel kecil di area tertentu pada kulit atau perangkat berujung berlian yang digosokkan ke kulit. Mikrodermabrasi adalah perawatan pengelupasan tingkat lanjut yang bertujuan untuk kulit terlihat halus, bersih, dan kencang. Perawatan ini dianggap berisiko lebih rendah dan invasif minimal.

  1. Laser 

Pelapisan ulang dengan laser menggunakan berbagai jenis laser untuk menghilangkan kulit mati dari tubuh sembari mendorong sel-sel baru untuk tumbuh di lapisan kulit yang lebih dalam. Laser menjadi cara untuk memecah jaringan parut dan memperbaiki bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh jerawat. Biaya perawatan ini bervariasi sesuai dengan jenis laser yang digunakan dan berapa kali perawatan yang kamu butuhkan. Sebelum melakukannya, kamu bisa berdiskusi terlebih dulu dengan dokter ahli, ya.

Baca Juga : Awas, Jangan Asal-asalan Menangani Jerawat

Menghilangkan noda hitam bekas jerawat bisa dibilang lebih sulit ketimbang menghilangkan jerawat sebelumnya. Oleh sebab itu, hindari menyentuh jerawat atau bahkan memencetnya. Pastikan untuk membersihkan wajah setiap hari secara teratur untuk mencegah jerawat yang bisa menimbulkan noda hitam bekas jerawat.

Referensi :

Healthline. Diakses pada 2019. How to Remove Dark Spots from Pimples.

Self. Diakses pada 2019. 9 Dark Spot Treatments That Really Work, According to Dermatologists.