Benarkah Stres Bisa Sebabkan Mimisan?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Benarkah Stres Bisa Sebabkan Mimisan?

Halodoc, Jakarta – Menghindari tubuh dan pikiran dari stres dapat membantu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya gangguan mental, tingkat stres yang tidak dapat diatasi dengan baik bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit pada tubuh, salah satunya adalah mimisan.

Baca juga: Mimisan, Bukan ke Dokter Umum tetapi Spesialis THT

Mimisan merupakan kondisi ketika terjadi perdarahan dari hidung. Seseorang yang mengalami mimisan dapat mengeluarkan darah dari salah satu sisi hidung atau kedua sisi hidung. Perdarahan yang terjadi memiliki durasi yang berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Tidak ada salahnya mengetahui alasan stres dapat sebabkan mimisan dan ketahui penanganan selengkapnya di sini.

Alasan Stres Bisa Sebabkan Mimisan

Mimisan banyak dialami oleh anak-anak, wanita hamil atau seseorang yang memiliki kelainan darah. Selain itu, penyebab mimisan pun beragam, seperti cedera pada bagian hidung, cuaca yang panas, alergi, membuang ingus terlalu kencang atau bahkan kondisi stres.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengelola tingkat stres yang dialami agar terhindar dari berbagai komplikasi risiko stres, salah satunya adalah mimisan. Perlu diingat, mimisan bukan dampak langsung dari kondisi stres yang dialami. Saat seseorang alami stres, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh, misalnya sakit kepala atau kebiasaan mengorek hidung.

Orang-orang yang memiliki tingkat stres cukup tinggi dalam hidupnya berisiko alami mimisan kronis atau yang bersifat sementara namun kambuhan. Hindari kondisi stres dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tidak hanya itu, melakukan kegiatan yang menyenangkan membantu untuk menurunkan tingkat stres yang dirasakan dalam hidup.

Jangan lupa untuk rutin olahraga agar terhindar dari kondisi stres. Sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Tidak ada salahnya lakukan olahraga ringan secara rutin misalnya lari, jalan santai, yoga atau pilates. Melakukan olahraga yang cukup berat dapat meningkatkan risiko cedera pada kepala atau hidung bisa sebabkan seseorang alami mimisan.

Kini kamu juga bisa bertanya pada dokter tentang cara mengelola stres dengan baik untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Caranya mudah, tinggal download aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Risiko yang Timbul Akibat Sering Mimisan

Cara Mengatasi Mimisan yang Tepat

Sebaiknya perhatikan kondisi mimisan yang terjadi. Ketika mimisan terjadi secara rutin dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat apalagi jika kondisi mimisan disertai dengan perubahan kulit yang menjadi pucat, cepat lelah, jantung selalu berdebar hingga penurunan kesadaran.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan penyebab mimisan, disebabkan oleh stres atau penyakit lain yang memicu mimisan, seperti hemofilia, hipertensi atau tumor pada hidung.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui pertolongan pertama pada kondisi mimisan agar kondisi yang terjadi tidak semakin memburuk, yaitu:

  1. Sebaiknya duduk tegak dan jangan berbaring ketika mengalami mimisan. Tindakan ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah agar perdarahan dapat terhenti.

  2. Jangan lupa untuk sedikit mencondongkan tubuh ke depan, agar darah tidak tertelan menuju ke tenggorokan. Kondisi ini dapat mual dan muntah.

  3. Segera kompes pangkal hidung dengan kompres dingin untuk memperlambat perdarahan yang terjadi.

Baca juga: Mimisan Bisa jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Cegah mimisan dengan mengatur tingkat stres yang dirasakan, tidak mengorek hidung terlalu dalam, hindari membuang ingus terlalu kencang dan selalu menjaga kelembapan hidung. Jika kamu diketahui memiliki alergi, lakukan pemeriksaan secara rutin agar kondisi mimisan dapat dicegah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Can Stress Trigger Nosebleeds.
Healthline. Diakses pada 2019. Nosebleeds.