Memar Henoch Schonlein Purpura, Bisakah Sembuh Tanpa Diobati?

Memar Henoch Schonlein Purpura, Bisakah Sembuh Tanpa Diobati?

Halodoc, Jakarta - Memar henoch schonlein purpura adalah peradangan pada pembuluh darah kecil yang menyebabkan terjadinya kebocoran dan ruam. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi sering menyerang anak berusia antara 2 hingga 6 tahun. Gejala khas dari penyakit ini adalah ruam berupa titik merah pada kulit kaki dan pantat, berubah warna menjadi ungu dan menjadi cokelat sebelum menghilang dengan sendirinya.

Dalam kasus ini, beberapa pembuluh darah kecil pada tubuh akan mengalami peradangan dan menyebabkan perdarahan pada kulit, perut, dan ginjal. Penyebab terjadinya peradangan ini belum diketahui secara pasti. Diketahui bahwa seseorang mengalami gangguan kesehatan ini setelah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Pemicu lainnya yang muncul seperti radang tenggorokan, hepatitis, campak, dan cacar air.

Bisakah Memar Henoch Schonlein Purpura Sembuh Tanpa Diobati?

Sayangnya, belum ada pengobatan yang pasti untuk mengatasi memar henoch schonlein purpura. Tetapi, pada sebagian besar kasus, gejalanya bisa menghilang tanpa membutuhkan pengobatan. Rasa nyeri yang terjadi bisa diatasi dengan konsumsi obat-obat antiinflamasi. Pemberian obat steroid membantu mengurangi pembengkakan pada jaringan lunak.

Baca juga: Alasan Pembuluh Darah Meradang Dapat Sebabkan Penyakit Henoch Schonlein Purpura

Jika gangguan kesehatan turut memengaruhi ginjal, pengidap mungkin akan disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan imunosupresif. Mungkin juga diperlukan perawatan intensif untuk mengobati sakit perut, perdarahan dari saluran pencernaan, dan masalah pada ginjal. Namun, hal tersebut jarang terjadi.

Apabila memar henoch schonlein purpura terjadi karena alergi, dokter akan menganjurkan pada pengidap untuk menghindari segala hal yang menjadi pemicunya. Jika terindikasi adanya infeksi karena bakteri Streptococcus, dokter akan meresepkan obat antibiotik. Kamu perlu tahu, transplantasi ginjal mungkin diperlukan jika penyakit ini berada pada tahapan akut, dan kondisi ini bisa terjadi berulang pada ginjal transplan.

Baca juga: Bagaimana Diagnosis Henoch Schonlein Purpura Dilakukan?

Bagi sebagian besar pengidap, gejala memar henoch schonlein purpura bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu bulan tanpa adanya masalah serius. Namun, penyakit ini bisa kambuh setiap saat. Komplikasi yang umum terjadi jika penyakit ini berada pada tahap akut dan tidak segera teratasi adalah:

  • Kerusakan Ginjal. Ini merupakan komplikasi paling serius dari penyakit henoch schonlein purpura. Risiko komplikasi kerusakan ginjal ini rentan terjadi pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Terkadang kerusakan yang terjadi berada pada tahap akut, sehingga dibutuhkan transplantasi ginjal segera.

  • Penyumbatan pada usus. Pada kasus yang jarang terjadi, gangguan henoch schonlein purpura menyebabkan terjadinya intususepsi atau kondisi ketika munculnya lipatan pada bagian usus seperti teleskop. Ini membuat bahan makanan tidak bisa bergerak melalui usus.

Kebanyakan pengidap gangguan kesehatan ini bisa membaik dengan sendirinya seiring waktu tanpa membutuhkan perawatan khusus dan menimbulkan komplikasi jangka panjang. Beberapa pengidap menyatakan mengidap glomerulonefritis atau penyakit ginjal jangka panjang. Pengobatan simptomatik bisa menjadi alternatif, tetapi pengobatan untuk kelainan darah juga perlu diterapkan.

Baca juga: Apakah Henoch Schonlein Purpura Bisa disembuhkan?

Kamu perlu memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, terutama mengecek kesehatan ginjalmu. Kalau kamu kurang yakin dengan gejala memar henoch schonlein purpura pada dokter ahli penyakit dalam. Tidak perlu mencari tahu lebih lanjut, karena aplikasi Halodoc membantu kamu terhubung dengan dokter terbaik. Jadi, download aplikasi Halodoc!