08 April 2019

Bisa Menyerang Mulut, Inilah Fakta Candidiasis Oral

Bisa Menyerang Mulut, Inilah Fakta Candidiasis Oral

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya kesehatan gigi, kamu perlu untuk menjaga kesehatan mulut. Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang mulut ketika kebersihannya tidak terjaga, salah satunya adalah candidiasis oral atau infeksi jamur pada mulut. Penyakit ini rentan terjadi pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Baca juga: Mudah Berkeringat? Hati-Hati Terkena Infeksi Jamur

Sebaiknya kenali fakta mengenai candidiasis oral agar kamu bisa menangani kondisi ini lebih dini dengan penanganan yang tepat!

1. Candidiasis Oral Disebabkan Karena Terganggunya Keseimbangan Jamur

Infeksi jamur ini disebabkan oleh jamur candida. Pada setiap kulit, mulut ataupun saluran pencernaan setiap manusia sudah memiliki jamur candida, namun jumlahnya sangat kecil.

Selain jumlahnya sangat kecil, jamur candida dapat dikendalikan oleh bakteri lain dalam tubuh sehingga jumlahnya seimbang dan tidak meluas.

Pada kondisi tertentu, misalnya dikarenakan suatu penyakit, kondisi keseimbangan jamur candida bisa terganggu sehingga populasi jamur candida tidak terkendali dan terjadilah infeksi jamur pada mulut.

2. Jangan Abaikan Sakit Ketika Menelan

Sebaiknya jangan abaikan rasa sakit ketika menelan. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari candidiasis oral. Gejala sakit ketika menelan akibat jamur candida yang sudah menyebar hingga kerongkongan. Tidak hanya itu, munculnya lesi atau bercak putih pada mulut yang muncul di area mulut seperti lidah, bibir, tenggorokan hingga dinding mulut menjadi gejala paling umum ketika seseorang mengalami candidiasis oral.

3. Bayi Baru Lahir Rentan Mengalami Infeksi Jamur pada Mulut

Ada beberapa orang yang rentan mengalami infeksi jamur pada mulut, seperti bayi yang baru lahir dan bayi yang sedang menyusu. Wanita yang mengalami perubahan hormonal seperti sedang menstruasi atau menjalani masa kehamilan berpotensi untuk mengalami infeksi jamur. Maka, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan menghindari kegiatan yang dapat membuat mulut menjadi iritasi.

4. Candidiasis Oral Dapat Menular Melalui Kegiatan Menyusui

Kondisi candidiasis oral dapat menular pada ibu yang sedang menyusui dan menyerang puting payudara. Jamur berpindah dari mulut anak melalui puting ibu, jika tidak segera diatasi kondisi ini berlangsung terus menerus. Sebaiknya kenali gejala candidiasis oral pada ibu menyusui, seperti puting susu yang terasa gatal dan sensitif. Selain itu, kulit sekitar puting akan mengelupas dan terasa sakit ketika menyusui.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Cara Ampuh Mengobati Candidiasis

5. Mengonsumsi Makanan Sehat bisa Mencegah Candidiasis Oral

Seseorang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah berpotensi mengalami infeksi jamur pada mulut. Kamu perlu mengonsumsi makanan sehat untuk mengembalikan imunitas pada tubuh kamu. Ada beberapa makanan sehat yang membantu menjaga imunitas tubuh seperti lemon, jahe, dan apel.

6. Infeksi Jamur di Mulut Bukan gejala HIV

Infeksi jamur dapat menyerang orang yang memiliki kondisi HIV, ini disebabkan jamur candida menyerang seseorang dengan imunitas yang rendah. Namun, gejala HIV tidak hanya dengan adanya infeksi pada mulut, ada gejala lain yang dapat muncul pada pengidap HIV. Sebaiknya kunjungi dokter untuk diagnosis penyakit HIV.

Tidak ada salahnya untuk lakukan pengecekan rutin terhadap kesehatan tubuh. Kamu juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan kamu dengan menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Infeksi Jamur Candidiasis Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?