Begini 4 Tips Sederhana Cegah Infeksi Candidiasis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini 4 Tips Sederhana Cegah Infeksi Candidiasis

Halodoc, Jakarta - Tubuh harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak terserang oleh jamur dan menyebabkan infeksi. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah Candidiasis. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Candida yang dapat menyerang area kelamin, mulut, dan kulit. Penyakit jamur ini dapat disebabkan oleh bagian tubuh yang mengalami kelembapan karena pakaian atau lain hal.

Candidiasis adalah salah satu penyakit yang umum terjadi dan sering menyerang alat kelamin wanita, walaupun juga dapat menyerang alat kelamin pria. Pada wanita, sekitar 75 persen akan mengalami candidiasis sepanjang hidupnya paling tidak sekali. Lalu, sekitar 50 persen akan mengalami penyakit ini dua kali atau lebih.

Baca Juga : Infeksi Jamur Candidiasis Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

Penyebab Candidiasis

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mencegah candidiasis, sebaiknya kamu harus tahu apa hal yang dapat menyebabkan penyakit jamur itu menyerang. Infeksi jamur tersebut dapat terjadi pada semua orang dengan rentang usia berapapun.  Walau begitu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terserang candidiasis. Hal utama yang menyebabkan candidiasis adalah pertumbuhan jamur yang berlebih dan akhirnya menyebarkan infeksi.

Baca Juga : Enggak Mengancam Nyawa, Candidiasis Bisa Bikin Enggak Nyaman

Faktor-faktor lain yang dapat menjadi penyebab candidiasis, yaitu:

  1. Mengonsumsi antibiotik. Antibiotik berfungsi untuk membunuh semua bakteri, baik yang jahat dan baik. Tanpa bakteri baik yang berguna untuk mencegah candidiasis, tubuh berisiko mengalami pertumbuhan jamur berlebih.

  2. Mengonsumsi obat dengan estrogen tinggi. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan dengan estrogen tinggi, seperti pil KB dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebih. Wanita hamil juga memiliki risiko tinggi mengidap candidiasis, karena kadar estrogen yang tinggi secara alami.

  3. Tubuh lembap karena pakaian. Candidiasis juga dapat disebabkan oleh peningkatan kelembapan tubuh karena pakaian. Seseorang yang sering berkeringat, tubuhnya akan lebih lembap, sehingga bagian tubuhnya rentan diserang oleh jamur. Jamur sangat menyukai tempat yang lembap.

  4. Penyakit tertentu. Seseorang yang mengidap penyakit tertentu, seperti diabetes atau masalah imunitas tubuh yang terganggu, juga memiliki risiko yang lebih tinggi mengidap candidiasis.

Baca Juga : Harus Tahu, Infeksi Candida yang Sebabkan Iritasi pada Miss V

Pencegahan Candidiasis

Setelah kamu mengetahui apa hal yang dapat menyebabkan candidiasis terjadi, kamu dapat menentukan langkah terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit jamur tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah candidiasis menyerang, antara lain:

  1. Pilih Bahan Pakaian yang Baik

Salah satu cara untuk mencegah terjadi candidiasis adalah dengan memilih bahan pakaian yang baik untuk tubuh, supaya pori-pori kulit bisa bernapas. Dengan begitu,  kelembapan yang menumpuk jamur tidak akan terjadi. Bahan pakaian terbaik yang dapat kamu gunakan adalah kapas. Bahan jenis ini akan menjaga kulit kamu tetap kering.

  1. Pilih Pakaian yang Longgar

Cara lainnya untuk mencegah candidiasis terjadi adalah dengan memilih pakaian yang agak longgar. Kamu harus menghindari pakaian yang ketat, karena kulit tidak mendapatkan udara untuk mengeringkan area yang lembap karena keringat. Jika kelembapan terus dibiarkan, jamur akan muncul di tubuh.

  1. Segera Ganti Pakaian yang Basah

Candidiasis dapat dicegah dengan cara segera mengganti pakaian yang basah, seperti setelah berenang atau berolahraga. Jangan biarkan pakaian yang basah terlalu lama melekat di tubuh kamu, karena kelembapan yang dihasilkan akan memancing jamur untuk timbul.

  1. Kurangi Konsumsi Antibiotik

Mengurangi konsumsi antibiotik juga dapat mencegah candidiasis pada seseorang. Minumlah antibiotik ketika kondisi memang sudah tidak dapat ditahan lagi. Beberapa penyakit tidak membutuhkan antibiotik, mungkin saja hanya membutuhkan istirahat.

Itulah cara mencegah candidiasis terjadi. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal candidiasis, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!