4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2021
4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa memiliki manfaat untuk kesehatan bagi yang menjalankan, termasuk bagi anak-anak yang telah belajar menjalankan ibadah puasa sejak dini. Namun ternyata, tidak hanya manfaat kesehatan fisik yang dapat dirasakan saat mengajarkan anak puasa. Puasa juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan spiritual. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Berikut ini sejumlah manfaat puasa, jika ibu mengajarkan anak puasa sedari dini:

Baca juga: Nutrisi Apa Saja yang Harus Terpenuhi Selama Puasa?

1. Mengajarkan Anak Menjadi Lebih Sabar dan Menghargai Waktu

Berpuasa artinya menahan haus dan lapar dari waktu imsak sampai azan magrib berkumandang. Kondisi tersebut akan mendidik anak menjadi pribadi yang lebih sabar dan juga menghargai waktu. Misalnya pada waktu sahur, anak akan lebih menghargai waktu dengan tidak malas untuk bangun tidur agar bisa menjalankan sahur.

Cobalah untuk menjelaskan pengertian puasa pada anak dengan sabar dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Pada saat berbuka puasa atau sahur, sajikan makanan favorit Si Kecil. Dengan begitu, pada saat puasa, Si Kecil akan lebih bersemangat untuk menanti waktu berbuka dan sahur. Jangan Lupa juga untuk menambahkan sayur dan makanan yang mengandung nilai gizi baik bagi pertumbuhan Si Kecil.

2. Puasa Akan Mengajarkan Anak Mengenai Agama

Anak yang sudah menjalankan ibadah puasa sejak dini, akan membuatnya dekat dengan nilai-nilai agama saat ia dewasa nanti. Selain itu, agama adalah benteng yang menjaga manusia dari perilaku negatif di sekitarnya. Sehingga, saat anak sudah diajarkan berpuasa sejak dini, karakter anak akan dipenuhi dengan perilaku positif dan anak akan lebih mengerti perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Pemahaman yang baik mengenai agama akan menjauhkan anak-anak dari perilaku negatif.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

3. Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi yang Tidak Boros dan Hidup Sederhana

Manfaat yang bisa diambil pada saat mengajarkan anak berpuasa adalah anak bisa menjadi pribadi yang tidak boros dan hidup sederhana. Melalui pengalaman menahan haus dan lapar, anak akan lebih menghargai yang dimilikinya. Untuk lebih menekankan makna kesederhanaan, peran orangtua sangat dibutuhkan dengan memberikan contoh dan juga teladan pada anak.

4. Puasa Akan Membuat Tubuh Anak Menjadi Sehat

Meskipun anak merasa lemas saat menjalankan ibadah puasa, tetapi saat berbuka, Si Kecil akan lebih banyak menikmati sayuran atau buah-buahan. Buatlah menu berbuka atau sahur yang menarik untuk Si Kecil. Menunya bisa disesuaikan dengan kegemaran Si Kecil atau bentuk menu berbuka dan sahur menjadi bentuk-bentuk yang lucu dan unik. Dengan begitu, anak akan lebih giat saat menikmati menu berbuka atau sahur.

Baca juga: 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Perlu diingat, Si Kecil tetap membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan mereka. Sebaiknya jangan terlalu paksakan Si Kecil untuk berpuasa, jika anak tidak kuat melakukan puasa penuh. Jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan saat pelaksanaannya, ibu bisa memeriksakannya di rumah sakit terdekat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Referensi:
Kids Ministry. Diakses pada 2021. Fasting: Teaching Kids Spiritual Disciplines.
Kidmin.ag.org. Diakses pada 2021. TEACHING KIDS HOW TO PRAY AND FAST.
Boulder Medical Center. Diakses pada 2021. Fasting for Your Health: What You Need to Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan