4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa

4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa
IBU & ANAK 15 May 2018

Halodoc, Jakarta – Puasa memiliki manfaat untuk kesehatan bagi yang menjalankan, termasuk bagi anak-anak yang telah belajar menjalankan ibadah puasa sejak dini. Namun ternyata, tidak hanya manfaat kesehatan yang dapat kamu rasakan saat mengajarkan anak-anak untuk melakukan ibadah puasa, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan spiritual.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa sejak dini, agar manfaat puasa juga bisa dirasakan Si Kecil sejak dini. Selain itu, mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini akan membangun karakter anak setelah ia dewasa nanti.

Banyak manfaat yang dirasakan orangtua saat mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Di antaranya adalah:

 

  • Mengajarkan Anak Menjadi Lebih Sabar dan Menghargai Waktu

 

Berpuasa artinya menahan haus dan lapar dari waktu imsak sampai azan magrib berkumandang. Kondisi tersebut akan mendidik anak menjadi pribadi yang lebih sabar dan juga menghargai waktu. Misalnya pada waktu sahur, anak akan lebih menghargai waktu dengan tidak malas untuk bangun tidur agar bisa menjalankan sahur.

Cobalah untuk menjelaskan pengertian puasa pada anak dengan sabar dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Pada saat berbuka puasa atau sahur, sajikan makanan favorit Si Kecil. Dengan begitu, pada saat puasa, Si Kecil akan lebih bersemangat untuk menanti waktu berbuka dan sahur. Jangan Lupa juga untuk menambahkan sayur dan makanan yang mengandung nilai gizi baik bagi pertumbuhan Si Kecil.

 

  • Puasa Akan Mengajarkan Anak Mengenai Agama

 

Anak yang sudah menjalankan ibadah puasa sejak dini, akan membuatnya dekat dengan nilai-nilai agama saat ia dewasa nanti. Selain itu, agama adalah benteng yang menjaga manusia dari perilaku negatif di sekitarnya. Sehingga, saat anak sudah diajarkan berpuasa sejak dini, karakter anak akan dipenuhi dengan perilaku positif dan anak akan lebih mengerti perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Pemahaman yang baik mengenai agama akan menjauhkan anak-anak dari perilaku negatif.

 

  • Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi yang Tidak Boros dan Hidup Sederhana

 

Manfaat yang bisa diambil pada saat mengajarkan anak berpuasa adalah anak bisa menjadi pribadi yang tidak boros dan hidup sederhana. Melalui pengalaman menahan haus dan lapar, anak akan lebih menghargai yang dimilikinya. Untuk lebih menekankan makna kesederhanaan, peran orangtua sangat dibutuhkan dengan memberikan contoh dan juga teladan pada anak.

 

  • Puasa Akan Membuat Tubuh Anak Menjadi Sehat

 

Meskipun anak merasa lemas saat menjalankan ibadah puasa, tetapi saat berbuka, Si Kecil akan lebih banyak menikmati sayuran atau buah-buahan. Buatlah menu berbuka atau sahur yang menarik untuk Si Kecil. Menunya bisa disesuaikan dengan kegemaran Si Kecil atau bentuk menu berbuka dan sahur menjadi bentuk-bentuk yang lucu dan unik. Dengan begitu, anak akan lebih giat saat menikmati menu berbuka atau sahur.

(Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Saat Sahur & Buka Puasa)

Perlu diingat, Si Kecil tetap membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan mereka. Sebaiknya jangan terlalu paksakan Si Kecil untuk berpuasa, jika anak tidak kuat melakukan puasa penuh. Sebaiknya, ajari anak secara perlahan dan tanya dokter untuk mengetahui kandungan gizi yang dibutuhkan anak pada saat menjalani puasa, ibu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya