12 September 2018

6 Skincare Wajib untuk Remaja untuk Mencegah Jerawat

skincare

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi salah satu masalah yang mengganggu bagi kamu yang sudah mulai memasuki usia remaja. Di masa pubertas ini, hormon androgen dalam tubuhmu akan meningkat. Hormon ini memicu kelenjar sebum untuk mengeluarkan minyak secara berlebih. Itulah mengapa wajahmu cenderung berminyak sehingga mudah berjerawat. Enggak mau kan kecantikan wajah jadi berkurang karena jerawat yang membandel? Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin dan gunakan beberapa produk skincare berikut yang ampuh mengusir dan mencegah jerawat datang lagi.

Buat kamu yang masih remaja, kamu sangat disarankan untuk memilih produk perawatan kecantikan atau perawatan kecantikan kulit wajah yang khusus untuk remaja. Biasanya, skincare khusus remaja sudah menyesuaikan formulanya dengan karakteristik kulit remaja dan bahan-bahan kandungannya tidak terlalu berat. Selain itu, pilihlah juga produk yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang kamu alami. Dalam hal ini, masalah jerawat.

1. Facial Wash

Salah satu kunci untuk mendapatkan wajah bebas jerawat adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah setiap hari. Jadi, facial wash atau sabun pembersih wajah adalah produk yang wajib kamu miliki. Sebaiknya, pilihlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Biasakan membersihkan wajah setelah bangun tidur, pulang sekolah, dan sebelum tidur ya, agar kotoran, keringat, dan minyak yang menempel pada wajah bisa dihilangkan. Hasilnya, wajahmu tetap bersih, segar, serta bebas dari jerawat dan komedo sehingga mendapatkan kecantikan kulit wajah yang sangat baik.

2. Micellar Water

Selain facial wash, micellar water sebagai perawatan kecantikan juga merupakan produk penting yang wajib kamu siapkan di mana saja. Produk ini bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan wajah dari kotoran, tetapi juga mampu menghilangkan make up. Jadi, kamu bisa menghilangkan make up di wajah terlebih dahulu dengan menggunakan micellar water, sebelum membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash. Kamu juga bisa membersihkan wajah dengan micellar water di tengah-tengah aktivitasmu di sekolah kapanpun kamu merasa wajah kotor dan berminyak. Cara penggunaan facial wash ini juga cukup praktis dan tidak perlu dibilas lagi dengan air.

3. Toner

Setelah mencuci muka dengan sabun pembersih wajah, lanjutkan dengan menggunakan toner agar wajah benar-benar bersih dari kotoran. Kamu yang sering jerawatan wajib memakai toner yang mengandung vitamin C karena bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dari komedo serta mengurangi inflamasi. Hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol dan parfum berlebihan ya.

4. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab penting untuk digunakan siapa saja dari segala usia, termasuk para remaja. Selain menjaga kulit tetap lembab, moisturizer juga berfungsi sebagai asupan gizi bagi kulitmu. Jadi, jangan lupa menggunakan moisturizer setiap akan beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan moisturizer juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit kamu.

5. Essence

Karena kulit wajah anak remaja biasanya masih lembut dan halus, alih-alih menggunakan serum, kamu disarankan untuk menggunakan essence dalam perawatan kecantikan kulitmu sehari-hari. Essence berbahan ringan dan memiliki konsentrasi yang lebih rendah daripada serum. Jenis essence pun ada berbagai macam, ada yang berupa gel atau krim, dan ada yang cair. Kamu bisa menggunakan essence setelah memakai toner.

6. Sunscreen

Satu lagi produk yang skincare yang enggak boleh ketinggalan untuk kamu gunakan adalah sunscreen. Sebelum beraktivitas ke luar rumah, jangan lupa untuk selalu mengoleskan sunscreen terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mencegah pembentukan noda hitam pada kulit akibat sinar UV. Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 dan gunakan kembali setiap 2 jam sekali ya.

Kamu juga bisa membeli berbagai produk perawatan wajah yang kamu butuhkan di Halodoc lho. Jadi, enggak perlu capek-capek keluar rumah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan dikirimkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: