Efek Terlalu Banyak Pakai Skincare pada Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Efek Terlalu Banyak Pakai Skincare pada Kulit

Halodoc, Jakarta – Dewasa ini, para wanita sudah lebih melek tentang seberapa pentingnya kesehatan kulit. Alhasil, permintaan skincare pun semakin meningkat, sehingga para produsen saling berlomba untuk menciptakan produk terbaik. Jenis-jenis skincare semakin beraneka ragam dan bukan cuma sebatas sabun wajah, toner dan pelembap saja. Kini kamu bisa menjumpai berbagai jenis serum yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kulit.

Baca Juga : Secantik J.Lo, Ini Tips Kecantikan Kulit di Usia 50-an

Meski sekarang tersedia skincare dengan berbagai macam manfaatnya, menggunakan skincare terlalu banyak juga tidak disarankan. Bukannya memperoleh manfaat yang diinginkan, kulit berisiko mengalami hal yang sebaliknya. Berikut ini efek yang ditimbulkan akibat terlalu banyak menggunakan skincare. 

  1. Alergi Kulit

Efek utama yang mungkin timbul ketika terlalu banyak menggunakan skincare adalah alergi kulit. Alergi ditandai dengan rasa gatal dan muncul ruam yang berwarna kemerahan pada kulit wajah. Tidak hanya kulit wajah saja, ruam menjalar kebagian leher apabila kamu menggunakannya sampai ke area leher. 

Munculnya ruam ini disebabkan karena kandungan zat kimia yang ternyata tidak cocok untuk kulitmu. Kondisi ini bisa semakin parah apabila kamu menggunakan rangkaian skincare yang terlalu banyak. Reaksi yang ditimbulkan bisa sama atau lebih parah karena kamu menggunakan produk yang lebih bervariasi. 

  1. Iritasi Kulit

Iritasi kulit umumnya disebabkan karena kamu terlalu banyak menggunakan produk yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi dibutuhkan, tetapi ini tidak disarankan untuk terlalu sering dilakukan. Ketika kita menggunakan produk eksfoliasi terlalu berlebihan, kulit wajah terlihat berminyak namun sebenarnya terasa kering. Akibatnya, kulit mengalami iritasi yang ditandai dengan kulit kering, merah, dan perih. Untuk mencegah efek ini, hindari menggunakan produk eksfoliasi lebih dari 2 kali dalam satu minggu. 

Apabila kamu mengalami iritasi kulit, sebaiknya hentikan pemakaian skincare sementara dan periksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi rumah sakit untuk ke dokter kulit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. 

Baca Juga: Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Kulit Seperti Tertarik

Efek lain yang bisa disebabkan oleh penggunaan skincare terlalu banyak adalah kulit terasa mengencang seakan akan seperti tertarik. Semakin banyak produk yang dipakai, maka akan mengurangi kadar hidrasi kulitmu. Ketika kulit terasa kering sampai mengencang, otomatis lebih mudah mendapatkan keriput. Jadi, sebelum membeli banyak produk skincare pertimbangkan efek yang bisa dihasilkan terlebih dahulu. Alih-alih ingin mendapat kulit yang lembap dan awet muda, wajah malah bisa menjadi kering dan timbul keriput.

  1. Wajah Kehilangan Minyak Alami 

Menggunakan skincare terlalu banyak juga bisa menghilangkan minyak alami wajah kita. Ketika berbagai produk yang digunakan tidak menyerap dengan baik, maka wajah terlihat berminyak. Kandungan yang ditimbulkan oleh produk ini dapat menghentikan kulit dalam memproduksi minyak alami. Apabila produk-produk tersebut tetap digunakan, lama-kelamaan produksi minyak pada kulit wajah benar-benar berhenti karena wajahmu sudah berminyak. Kalau kamu sudah mengalami tanda-tanda tersebut, hentikan pemakaian skincare sementara waktu.

  1. Timbul Masalah Kulit Lainnya

Biasanya, tujuan menggunakan skincare adalah untuk memperbaiki masalah-masalah kulit yang telah ada. Alih-alih memperbaiki masalah kulit yang telah ada, kamu memperoleh masalah lainnya ketika menggunakan produk yang terlalu banyak. Masalah tambahan yang dapat muncul adalah pori-pori membesar, jerawat, komedo, sampai muncul garis halus pada kulit.

Baca Juga: Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Seperti pepatah katakan “segala sesuatu yang berlebihan belum tentu baik”. Jadi, pertimbangkan secara matang ketika ingin menggunakan skincare. Pilihlah skincare yang benar-benar kulit butuhkan. Apabila kulit sedang bermasalah, belilah produk yang sesuai untuk masalahmu dan jangan membeli produk dengan manfaat lain. 

Referensi :

Insider. Diakses pada 2019. How to know if you're using too many skin-care products, according to experts.
The Healthy. Diakses pada 2019. Is It Possible to Use Too Many Skin-Care Products? A Dermatologist Explains.