Budi Karya Sumadi Terbiasa Tidur Siang, Apa Saja Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
manfaat tidur siang, budi karya sumadi, kabinet baru Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Halodoc, Jakarta - Rabu lalu telah diadakan pelantikan para menteri dan pejabat setingkat menteri dalam kabinet baru Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024. Pemilihan keputusan menteri dan pejabat setingkat menteri diadakan dengan menggelar proses diskusi di istana negara pada Senin pagi hingga Selasa malam.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

Budi Karya Sumadi adalah salah satunya. Menteri yang sebelumnya menempati posisi sebagai Menteri Perhubungan ini ikut dipanggil ke Istana Negara Rabu kemarin, dan dilantik dengan posisi jabatan yang sama seperti sebelumnya. Sebagai menteri, Budi akan mengemban sejumlah tugas yang akan membuatnya sangat sibuk dan kurang istirahat.

Di sela-sela kesibukannya, ternyata Budi selalu menyempatkan diri untuk melakukan tidur siang agar energinya selalu terjaga sepanjang hari. Tidur siang memang baik bagi kesehatan, apalagi dilakukan secara rutin selama 15-30 menit setiap harinya, setelah makan siang. Dengan melakukannya secara rutin, tak hanya energi yang selalu terjaga sepanjang hari, tetapi kamu juga akan mendapatkan manfaat kesehatan lain, seperti:

  • Kerja Menjadi Lebih Fokus

Tidur siang selama 60-90 menit memiliki banyak manfaat baik, sama seperti saat kamu melakukan tidur pada malam hari. Tidur siang selama 30 menit dapat memperbaiki dampak hormonal karena kekurangan tidur pada malam hari. Sedangkan tidur siang selama 60 menit dapat meningkatkan fokus hingga 10 jam lamanya. Jika kamu tidak cukup waktu untuk melakukan tidur siang selama ini, kamu dapat melakukannya selama 15-30 menit setelah makan siang.

Baca juga: Tidur Siang Bisa Membuat Otak Mengingat Hal yang Tidak Pernah Terjadi

  • Produktivitas Kerja Meningkat

Tidur siang adalah momen yang baik untuk mengistirahatkan otak sejenak. Dengan begitu, kadar kelelahan akan berkurang, respons meningkat, kemampuan belajar meningkat, serta memperbaiki kemampuan koordinasi. Dengan kemampuan yang meningkat, otomatis produktivitas kerja akan ikut meningkat.

  • Mengurangi Tingkat Stres

Tidur siang dapat membantu mengendalikan hormon stres. Ingatan yang baik dan tingkat stres merupakan penunjang produktivitas kerja. Seseorang yang rutin melakukan tidur siang cenderung tidak merasa stres dan tegang. Perasaan rileks yang dihasilkan setelah tidur siang akan meredakan stres yang dirasakan.

  • Fungsi Kognitif Meningkat

Fungsi kognitif merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas hidup seseorang. Dengan melakukan tidur siang, tubuh akan mengalami peningkatan kinerja mental dan fisik. Jika tidur siang rutin dilakukan, tubuh dapat berpikir dengan optimal.

Selain beberapa hal tersebut, tidur siang secara rutin dapat meredakan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol inilah yang menjadi penyebab stres seseorang. Jika tubuh memproduksi banyak hormon kortisol, intoleransi glukosa dan lemak perut akan bertambah. Hal ini akan berujung pada masalah kesehatan yang berbahaya.

Baca juga: Ini Alasan Penting Mengapa Anak Harus Tidur Siang

Jika kamu sampai mengalami masalah kesehatan karena kurangnya waktu istirahat, kamu bisa langsung diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah apa yang harus kamu lakukan. Meskipun terlihat sepele, ternyata tidur siang dapat berpengaruh bagi kesehatanmu, bukan?

Di tengah padatnya aktivitas, tidak ada salahnya untuk melakukan tidur siang guna mengembalikan energi dan konsentrasi. Cara yang satu ini merupakan cara terbaik untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Kamu dapat memanfaatkan waktu setelah makan siang, yaitu selama 15-30 menit per hari, agar tubuh menjadi lebih segar sehingga melakukan pekerjaan menjadi lebih optimal.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Health Benefits of Napping.
Sleep.org. Diakses pada 2019. Health Benefits of Napping.