28 December 2018

Bukan Cuma Estetika, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Kuku

kuku bersih

Halodoc, Jakarta - Kuku yang panjang dan terawat memang begitu indah dilihat. Namun, apa yang akan terjadi jika seseorang tidak mempedulikan kebersihan kukunya? Mungkin kamu sering kali melihat seseorang yang mengabaikan kebersihan kukunya, bahkan kuku tersebut dibiarkan panjang, tajam, serta kotor.

Padahal, jika seseorang sedang menjaga kebersihan kuku, sebenarnya mereka juga sedang menjaga kesehatan tubuh. Hmm, mengapa bisa demikian? Karena kuku merupakan alat pelindung jari dan juga pelindung saraf-saraf yang berada di ujung jari. Selain kuku juga dapat mempercantik penampilan tangan, kuku juga penting dalam menunjang saraf sentuh pada jari.

Menjaga kebersihan kuku enggak perlu memakan waktu yang lama, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu yang teratur dalam menjaga kebersihan kuku. Luangkan waktu 10 menit dalam seminggu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kuku. Kuku merupakan organ pada ujung jari yang paling banyak melakukan aktivitas. Akibatnya, kuku menjadi cepat kotor dan menyimpan banyak bibit penyakit. Nah, bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan kuku? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

  • Perhatikan Konsumsi Makanan

Perlu diingat, bahwa vitamin yang kamu konsumsi enggak hanya baik bagi tubuh dan organ penting lainnya, lho. Kuku juga membutuhkan vitamin agar selalu terjaga kesehatannya. Jadi, perhatikan konsumsi makanan harian kamu untuk tetap menjaga asupan vitamin.

Vitamin B merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku. Nah, kamu bisa mencoba mengonsumsi kuning telur, kacang-kacangan, ikan sarden, dan pisang untuk menjaga kesehatan kuku kamu. Kandungan vitamin ini sangat membantu menjaga kuku agar tidak rapuh. Dengan kuku yang sehat, otomatis kuman dan bakteri tidak akan dapat menempel pada kuku kamu. Dengan begitu, kuku pun akan tetap terjaga kebersihannya.

  • Gunakan Cuka untuk Kuku yang Berjamur

Kuku yang berjamur dapat ditandai dengan rasa gatal pada kuku. Nah, jika kondisi ini terjadi, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merendam kuku pada larutan cuka. Selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan larutan cuka pada kuku yang gatal dan biarkan beberapa saat. Kuku yang berjamur ini biasanya terjadi pada kuku kaki.

  • Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan untuk menggigit kuku, kamu perlu menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena hal ini sangat berbahaya, dengan menggigit kuku, lapisan kuku jelas akan terkelupas dan bakteri-bakteri yang bersarang di bawah kuku juga akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Nah, bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

  • Menjaga Kelembapan Tangan

Tidak hanya tubuh, kuku juga memerlukan pelembap. Jangan lupa biasakan untuk mencuci tangan sebelum menggunakan pelembap. Kemudian, oleskan pelembap secara menyeluruh dari tangan hingga kuku.

  • Rutin Memotong Kuku

Hal yang paling sering dilupakan adalah memotong kuku. Pada saat kuku tumbuh semakin panjang, semakin banyak pula bakteri yang bisa ditampung di bagian bawah kuku.

Menjaga kesehatan kuku bukan hanya untuk estetika, tetapi juga untuk menjauhi berbagai macam penyakit yang penyebarannya dapat dilakukan melalui kuku. Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan dan kecantikan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kesehatan maupun kecantikan dengan aplikasi Halodoc.  Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: