Bukan Mistis, Begini Penjelasan Mata Kedutan Sebelah Kiri

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bukan Mistis, Begini Penjelasan Mata Kedutan Sebelah Kiri

Halodoc, Jakarta – Banyak mitos yang mengatakan kondisi mata kedutan di sebelah kiri bisa menjadi pertanda buruk atau baik dari kondisi seseorang. Namun, tahukah kamu, kondisi mata kedutan ini bisa dijelaskan secara medis?

Baca juga: 5 Makna Kedutan di Bagian Tubuh

Meskipun kedutan pada bagian mata tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri, terkadang kedutan yang tidak segera diatasi mengganggu aktivitas sehari-hari. Yuk, ketahui apa saja penyebab mata kedutan secara medis. Hal ini membuktikan mata kedutan bukan masalah mistis lagi, ya!

Ketahui Penyebab Mata Kiri Kedutan

Pada istilah medis, mata kedutan sering dikenal sebagai myokymia. Sensasi kedutan umumnya dirasakan dengan perasaan berdenyut pada bagian mata, kelopak mata hingga alis mata. Biasanya, denyutan yang terjadi pada area tersebut terjadi berulang kali dan tidak dapat dikendalikan. 

Kebanyakan kondisi ini dikaitkan dengan mistis atau dijadikan pertanda mengenai kondisi yang terjadi di masa depan, padahal, mata kedutan terjadi akibat adanya saraf kelopak mata bagian atas yang menegang dan kejang. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kamu mengalami mata kedutan pada sebelah kiri. Sebaiknya ketahui penyebab mata kiri kedutan agar kamu dapat melakukan pencegahan, yaitu:

1. Kelelahan dan Kurang Tidur

Biasanya, mata kiri kedutan terjadi akibat aktivitas yang dijalani setelah seharian penuh. Menggunakan mata untuk bekerja di depan layar komputer atau gawai setiap harinya membuat mata kelelahan. Mata yang kelelahan mengalami kedutan akibat saraf mata yang menegang. Segera istirahatkan mata dan berikan waktu istirahat yang cukup untuk mata maupun tubuh kamu. Dengan begitu, mata kamu tetap menjadi sehat dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang diakibatkan dari kurang tidur.

2. Konsumsi Kafein

Tidak hanya pada kopi atau teh, kandungan kafein terdapat pada beberapa makanan atau minuman jenis lainnya. Cokelat, soda, dan es krim ternyata juga mengandung kafein. Kafein yang masuk tubuh memengaruhi saraf pada otak dan memberikan efek produktif pada tubuh. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami kurang tidur yang berakibat alami kedutan. Tidak hanya itu, konsumsi kafein secara berlebihan juga sebabkan otot saraf pada bagian mata menegang sehingga menyebabkan mata alami kedutan.

3. Merokok dan Konsumsi Alkohol

Tidak hanya kafein, mengonsumsi alkohol dan rokok juga menyebabkan otot pada tubuh menjadi tegang, salah satunya bagian otot mata. Tidak hanya sebabkan kedutan, asap rokok dan alkohol memberikan dampak yang buruk pada tubuh dan mengakibatkan berbagai macam penyakit kronis yang menyerang kesehatan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai dampak buruk dari merokok maupun pencegahan kedutan pada tubuh.

Baca juga: Mungkin Ini 4 Penyebab Mata Sering Berkedip

4. Bell’s Palsy

Tidak hanya kebiasaan yang buruk, beberapa penyakit juga dapat sebabkan seseorang alami kedutan pada bagian mata kiri, salah satunya adalah bell’s palsy. Bell’s palsy adalah penyakit yang terjadi akibat kelumpuhan saraf wajah akibat trauma. Banyak fungsi dari saraf wajah, seperti berkedip, ekspresi wajah dan impuls ke berbagai arah. Kedutan pada bagian mata menjadi salah satu gejala dari kondisi bell’s palsy. Tidak hanya itu, gejala lainnya dari bell’s palsy adalah mulut kering, kelumpuhan pada satu sisi mata, dan nyeri sekitar rahang.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Eye Twitching
Medical News Today. Diakses pada 2019. Eyelid Twitch