30 April 2018

Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

Halodoc, Jakarta – Kulit belang akibat paparan sinar ultraviolet (UV) matahari itu wajar. Sebab, saat kulit terpapar sinar matahari, pigmen yang mengatur warna kulit dan rambut yaitu melanin, akan lebih banyak diproduksi. Melanin akan berkumpul untuk melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dan membuat kulit menjadi lebih gelap.

(Baca juga : Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari)

Wajah, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar UV matahari. Itu sebabnya, bagian tersebut cenderung lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain. Nah kabar baiknya, kulit belang akibat paparan sinar UV dari matahari bisa dikembalikan ke warna normal. Bagaimana ya caranya? Simak cara mengatasi kulit belang berikut ini, yuk.

1. Pakai Tabir Surya

Tabir surya bisa kamu gunakan sebelum dan sesudah kulit belang. Sebab, tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mempercepat proses perbaikan warna kulit. Pilih tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah, dan oleskan secara merata setiap 2 jam sekali. Bila perlu, kamu bisa menggunakan topi, baju lengan panjang, dan sarung tangan (jika mengendarai motor) agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar UV matahari.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan teknik scrubbing, yaitu proses menggosok kulit tangan dan kaki dengan bahan yang memiliki butiran halus. Cara ini dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan warna kulit yang belang akibat paparan sinar UV matahari. Gunakan lulur yang memiliki butiran kasar secara rutin setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

3. Buat Masker Alami

Selain pada wajah, masker juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker alami ini setidaknya satu kali sehari agar hasilnya maksimal. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami seperti :

  • Buah tomat

Oleskan buah tomat yang sudah dipotong atau diolah menjadi jus pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Kentang

Parut halus atau tumbuh kentang mentah, lalu oleskan pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Madu

Oleskan madu murni pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

  • Yoghurt

Oleskan yoghurt tawar (tanpa rasa dan tanpa gula) pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Beras dan minyak zaitun

Tumbuk halus beras dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada kaki dan tangan yang belang, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mengatasi kulit belang memang enggak gampang. Tapi bukan berarti kamu boleh menggunakan produk pemutih sembarangan. Sebab di pasaran, banyak produk pemutih yang mengandung steroid atau merkuri yang berbahaya untuk kulit. Jadi sebelum membeli, pastikan produk pemutih yang kamu pilih sudah terdaftar di Badan POM dan Kementerian Kesehatan RI, ya.

(Baca juga : Bekas Cincin Bikin Kulit Belang, Intip Cara Menghilangkannya)

Jika tiga cara di atas belum berhasil bikin warna kulitmu membaik, ada baiknya kamu bicara pada dokter Halodoc. Sebab bisa jadi, kulit belang disebabkan oleh faktor lain seperti peradangan kulit, infeksi jamur, dan kondisi medis lain. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!