22 November 2018

Cara Pencegahan Vitiligo yang Dapat Dilakukan dengan Mudah

Cara Pencegahan Vitiligo yang Dapat Dilakukan dengan Mudah

Halodoc, Jakarta - Vitiligo merupakan kondisi langka yang menyerang pigmen kulit. Pada kondisi normal, warna kulit, rambut, dan mata ditentukan oleh suatu pigmen yang disebut melanin. Pada kasus vitiligo, sel-sel yang membentuk melanin akan berhenti berfungsi atau mati, sehingga terbentuklah bercak-bercak putih pada kulit. Kondisi tersebut terjadi akibat tidak mampunya melanin memproduksi warna kulit.

Seberapa luasnya vitiligo menyerang kulit setiap pengidapnya, serta seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit mana pun, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, bahkan mata. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang dan dapat terjadi pada segala usia, meski sebagian besar menyerang orang berusia 20-an.

Meski tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat pengidapnya merasa kurang percaya diri yang berujung pada stres dan depresi. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, bukan untuk menyembuhkan penyakit secara total. Namun, kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menjaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh, memiliki pola makan sehat dan bergizi seimbang ternyata dapat membawa manfaat bagi kesehatan kulit, lho. Makanan dengan kandungan mineral dan tirosin seperti daging, kacang-kacangan, biji-bijian, kerang, kismis, sayuran segar, dan telur unggas, perlu dikonsumsi dengan tepat.

Tidak hanya kandungan gizinya, kita pun perlu memperhatikan kebersihan dari semua makanan yang kita makan. Pastikan setiap bahan makanan yang akan diolah, dicuci terlebih dahulu, terutama buah dan sayur. Keduanya perlu dibersihkan dengan air bersih yang mengalir berulang kali. Bahkan bila perlu, rendam buah dan sayur selama 30 menit dalam wadah, untuk meminimalisir tertinggalnya residu berbahanya seperti pestisida.

2. Jangan Langsung Menghuni Rumah yang Baru Didekorasi

Berada pada lingkungan yang tercemar bukan hanya berbahaya bagi organ dalam, tetapi juga sangat mengancam kesehatan kulit. Lingkungan yang tak sehat adalah lingkungan yang sudah tercemar oleh paparan bahan kimia yang berasal dari industri, logam berat, dan pelapis cat.

Oleh karena itu, ketika pindah ke rumah baru yang juga baru dihias dan didekorasi, sebaiknya tak langsung menghuni rumah tersebut. Ada baiknya membiarkan rumah yang baru selesai didekorasi selama sekitar 3 bulan terlebih dahulu sebelum dihuni, dan pastikan ventilasinya baik selama itu.

3. Tidak Berolahraga di Tempat Penuh Asap

Hati-hati dan waspada sebelum melakukan olahraga, terutama olahraga lari. Carilah tempat yang benar-benar bersih lingkungannya dan tidak akan berbahaya bagi pernapasan maupun kulit. Semua tempat yang memang dikenal berasap dan berpolusi sebaiknya tidak dipilih untuk menjadi tempat berolahraga. Kelihatannya memang hal sepele, tapi saat hal seperti ini diabaikan, jangan heran bila kulit mudah teriritasi.

4. Selalu Gunakan Tabir Surya Setiap Akan Melakukan Aktivitas Luar

Untuk mencegah vitiligo, kulit tentu harus mendapat perlindungan secara ekstra dan maksimal. Vitiligo memang tidak bisa disembuhkan, tetapi perkembangan vitiligo dapat diperlambat dan penampilan kulit pengidap pun masih memungkinkan untuk diperbaiki.

Pada kasus vitiligo, sinar ultraviolet merupakan pemicu munculnya perubahan warna kulit. Memakai tabir surya pun menjadi salah satu solusi terbaik untuk memberikan proteksi kulit. Pilihlah tabir surya yang minimal ber-SPF 30, untuk mencegah rusak dan terbakarnya kulit oleh paparan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan.

Itu lah sedikit penjelasan tentang vitiligo dan cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal kondisi ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: