• Home
  • /
  • Intip 9 Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Intip 9 Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Intip 9 Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta – Ketika asam lambung kumat, antasida adalah obat yang sering dicari. Antasida dinilai ampuh untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Pada kasus asam lambung yang lebih parah, obat resep mungkin diperlukan untuk mencegah kerusakan pada kerongkongan.

Walaupun minum obat adalah perawatan asam lambung yang paling standar, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa coba untuk menurunkan asam lambung. Biar tidak ketergantungan obat asam lambung, kamu mungkin perlu coba tips berikut ini.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Dikutip dari WebMD, berikut ini tips-tips sederhana yang membantu meredakan asam lambung:

  • Hindari makanan pemicu refluks. Hindari makanan tertentu yang memicu mulas, seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint, dan makanan berlemak tinggi.
  • Makan lebih banyak serat. Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat. 
  • Atur porsi makan. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah makan lima atau enam porsi kecil sehari.
  • Jangan makan sebelum tidur. Kebiasaan makan sebelum tidur sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum kamu berbaring.
  • Makan perlahan. Jangan makan terburu-buru, makanlah dengan perlahan. 
  • Jangan merokok. Merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi, berhenti merokok kalau tidak mau asam lambung kambuh.
  • Kenakan pakaian longgar. Pakaian ketat memberi tekanan tambahan pada perut.
  • Tinggikan kepala. Tumpuk beberapa bantal di bawah tempat tidur agar kepala sekitar 6 inci lebih tinggi. 

Baca juga: Idap Asam Lambung, Hindari 6 Minuman Ini

Selain tips-tips di atas, ada tips lainnya yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Mengunyah permen karet dinilai merangsang produksi air liur, yang merupakan penyangga asam. Ditambah lagi, mengunyah permen karet membuat seseorang lebih sering menelan, sehingga dapat  mendorong asam-asam jahat itu keluar dari kerongkongan. Meski begitu, hal ini masih diteliti lebih lanjut.

Kalau kamu ingin mencobanya, pilih permen karet yang bebas gula. Permen karet rata-rata mengandung gula yang cukup tinggi yang dapat merusak gigi. Nah, selain tips menurunkan asam lambung di atas, apakah kamu tahu mengapa penyakit asam lambung bisa terjadi? Kalau belum, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Asam Lambung

Proses terjadinya asam lambung dimulai ketika sejumlah kandungan asam lambung mengalir ke kerongkongan atau esofagus. Perut mengandung asam klorida, asam kuat yang membantu memecah makanan dan melindungi terhadap patogen seperti bakteri.

Lapisan perut secara khusus disesuaikan untuk melindunginya dari asam kuat. Sayangnya, esofagus tidak memiliki lapisan khusus ini sehingga sensitif terhadap asam. Cincin otot yang disebut sfingter gastroesofagus bertindak sebagai katup yang memungkinkan makanan masuk ke lambung dan tidak kembali ke esofagus. Ketika katup lentur, maka isi lambung dapat dimuntahkan kembali ke kerongkongan dan mulas pun terjadi.

Baca juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Itulah informasi seputar asam lambung yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tetap butuh antasida, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot pergi ke luar rumah dan antre di apotek, tinggal order lalu pesanan kamu akan diantar dalam waktu kurang lebih satu jam. 

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2020. Natural Home Remedies for Heartburn.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What is acid reflux?.