Coba 5 Jenis Aktivitas Seru Ini Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Coba 5 Jenis Aktivitas Seru Ini Selama Bulan Puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan dengan semua keberkahannya banyak memberi kaum muda sejumlah tantangan yang terkait dengan produktivitas. Sayangnya, tidak makan dan minum membuat generasi muda cenderung malas beraktivitas karena takut kelelahan dan haus di tengah perjalanan puasa. Padahal, beraktivitas membuat kamu tidak lagi merasakan lapar atau haus hingga waktu berbuka tiba.

Tetap aktif dan produktif selama bulan Ramadan membuat kamu menemukan cara sederhana untuk membantu kamu tumbuh secara spiritual, mental, sosial, dan fisik sebagai generasi muda yang tetap aktif dan produktif. Jangan sampai rasa malas mengalahkan dan memadamkan semangat mudamu, ayo coba lakukan hal menyenangkan berikut ini.

  • Olahraga

Olahraga membuat haus? Tidak jika kamu tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Selepas sahur atau sejenak sembari menunggu waktu berbuka tidak membuat kamu kehilangan banyak tenaga. Lakukan olahraga ringan, seperti bersepeda atau berjalan kaki. Meski terasa sederhana, manfaat untuk tubuh sangat luar biasa, lho!

Baca juga: Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

  • Memasak

Terkadang, puasa membuat kamu menjadi malas bepergian, terutama pada siang hari. Jadinya, kamu lebih banyak tidur. Memang, tidurnya orang puasa itu berpahala, tetapi bukan berarti kamu hanya menghabiskan hari untuk tidur sampai waktu buka. Mengapa kamu tidak mencoba memasak?

Kamu bisa mencoba resep takjil homemade yang menarik dan menggugah selera. Atau kamu membuat kue untuk latihan menjelang lebaran untuk kamu jadikan bisnis dadakan.

  • Berjualan atau Membagi Takjil

Bulan puasa pasti ramai dengan menu takjil yang khas, yang hanya bisa kamu temui hanya dalam waktu 30 hari. Kamu pasti menyadari banyak orang yang membagikan takjil di pinggir jalan. Meski hanya sebuah gorengan dan air mineral gelas, ini tetap berkah, lho. Jadi, mengapa kamu tidak mencobanya? Jika ingin lebih menguntungkan, coba saja untuk menjual takjil kreasimu sendiri.

Baca juga: Berenang Saat Puasa, Membatalkan Puasa atau Enggak?

  • Mengikuti Kegiatan Bakti Sosial

Bulan Ramadan adalah bulan terbaik untuk kamu mencari keberkahan dan pahala sebanyak mungkin, karena pada bulan ini banyak aktivitas yang bisa dijadikan ladang amalan. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial, baik itu mengunjungi panti asuhan atau sekadar menjadi relawan untuk suatu organisasi. Pasti seru dan menyenangkan, ya!

  • Menjadi Panitia Penerima Zakat

Tidak hanya puasa, bulan Ramadan menjadi kewajiban setiap umat Muslim untuk membayar zakat fitrah. Setiap tahunnya, masjid akan membentuk BAZIS untuk menyalurkan zakat dari masyarakat pada kelompok orang yang membutuhkannya. Coba saja isi waktu kamu untuk menjadi bagian dari panitia ini. Tidak hanya pengalaman berharga dalam berorganisasi, kamu juga akan mendapatkan pahala, lho!

Baca juga: Alasan Puasa Bikin Ngantuk Berat

Jadi, jangan sampai kamu membuang waktu berharga di bulan Ramadan hanya dengan tiduran dan berpangku tangan karena tidak makan dan minum. Puasa tidak harus menyurutkan semangat produktivitasmu, justru ini saat yang tepat untuk kamu lebih aktif bergerak. Jangan lupa, minum vitamin supaya kamu tetap sehat di sela kesibukan.

Sekarang, beli vitamin lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasinya dan daftar, lalu pilih layanan Beli Obat. Masukkan vitamin yang ingin kamu beli lengkap dengan tujuan pengiriman. Tenang saja, vitamin akan sampai tak butuh waktu lama. Pakai Halodoc untuk membuat hidup sehat jadi lebih simpel dan mudah, yuk!