Daftar Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Tiroid

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Daftar Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Tiroid

Halodoc, Jakarta – Penyakit tiroid adalah satu kondisi di mana kelenjar tiroid mengalami gangguan. Entah kekurangan atau terlalu berlebihan dalam memproduksi hormon tiroid. Kondisi di mana kelenjar tiroid kekurangan hormon disebut dengan hipotiroid, sedangkan saat kelebihan hormon dikenal sebagai hipertiroid.

Hormon tiroid merupakan hormon yang berperan dalam mengatur dan mengontrol kecepatan metabolisme dalam tubuh seseorang. Kecepatan proses metabolisme tubuh menjadi salah satu hal yang berkaitan dengan berat badan. Sebab, semakin cepat proses metabolisme terjadi, maka semakin banyak jumlah kalori yang akan dibakar saat tubuh sedang beristirahat.

Saat seseorang terdeteksi mengalami penyakit tiroid, baik hipotiroid maupun hipertiroid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Termasuk dalam urusan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan ada pula jenis makanan yang sebaiknya dihindari pengidap penyakit tiroid. Salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang dianjurkan untuk pengidap penyakit tiroid.

Makanan yang Baik untuk Pengidap Hipotiroid

Orang yang mengidap hipotiroid cenderung mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh mudah meningkat. Hal itu terjadi karena kemampuan metabolisme tubuh yang lambat akibat hipotiroid. Nah, menerapkan pola makan yang tepat adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah penyakit tiroid semakin memburuk. Lantas, apa saja zat gizi dan makanan yang baik untuk pengidap hipotiroid?

  • Yodium

Salah satu masalah orang dengan hipotiroid adalah tidak dapat memproduksi hormon tiroid sesuai jumlah yang dibutuhkan. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung yodium sangat disarankan, sebab mineral yang satu ini sangat penting dalam tubuh untuk mendorong produksi hormon tiroid.

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah konsumsi yodium adalah dengan menambahkan garam meja beryodium ke makanan. Selain itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung yodium, seperti ikan, susu, dan telur.

  • Selenium

Kandungan selenium dalam makanan yang dikonsumsi bisa membantu tubuh mengaktifkan hormon tiroid, sehingga bisa digunakan secara optimal. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dari kacang-kacangan, ikan tuna, dan ikan sarden. Selain itu, selenium juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen khusus sesuai dengan anjuran dokter.

  • Zink

Lengkapi konsumsi selenium dengan zink. Kedua zat gizi tersebut akan bekerja sama untuk meningkatkan fungsi hormon tiroid dalam tubuh. Zink banyak ditemukan dalam jenis makanan, seperti kacang-kacangan, daging sapi, dan hati ayam.

Makanan yang Baik untuk Pengidap Hipertiroid

Sama seperti hipotiroid, orang yang mengidap hipertiroid juga dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Tujuannya untuk membantu mengontrol jumlah hormon tiroid yang diproduksi. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap hipertiroid?

  • Zat Besi

Meningkatkan konsumsi zat besi bisa menjadi hal yang baik untuk pengidap hipertiroid. Zat besi bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari serangan penyakit. Nutrisi ini bisa didapat dari kacang-kacangan, sereal, dan biji-bijian.

  • Zat Antioksidan

Peningkatan hormon tiroid juga sering dikaitkan dengan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh. Untuk melawannya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E.

  • Kalsium

Makanan yang kaya akan kalsium dipercaya dapat membantu mengatasi dan melawan hipertiroid yang menyerang. Pastikanlah untuk selalu memasukkan makanan sumber kalsium dalam menu makan harian agar tetap sehat.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: