21 January 2019

Diet Vegetarian Efektif Cegah Gagal Jantung

Diet sehat 2019, gagal jantung, diet vegetarian

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengalami sesak napas dan rasa lelah sepanjang hari, hati-hati. Ini menandakan bahwa jantung kamu enggak berfungsi dengan baik, sehingga darah tidak mengalir ke seluruh tubuh secara efisien. Kondisi ini bisa berakibat pada gagal jantung. Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang gagal jantung, serta diet vegetarian yang efektif mencegah gagal jantung!

Baca juga: Terlalu Lelah, Hati-Hati Gagal Jantung

Apa Itu Gagal Jantung?

Gagal jantung merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan jantung yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi ini juga membuat jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Pada pengidap gagal jantung, darah bergerak ke seluruh tubuh melalui jantung dengan lebih lambat.

Gejala Penyakit Gagal Jantung

Gejala utama gagal jantung ditandai dengan sesak napas dan rasa lelah di panjang hari. Kondisi ini juga mengakibatkan pasokan darah ke ginjal berkurang, sehingga terjadi penumpukan cairan yang ditandai dengan kenaikan berat badan, frekuensi buang air kecil yang meningkat pada malam hari, serta pembengkakan pada kaki dan perut.

Baca juga: Ini Bedanya Gagal Jantung dan Serangan Jantung

Selain itu, gagal jantung juga membuat pasokan darah ke otot dan organ-organ penting lainnya berkurang, sehingga pengidap mengalami kondisi pusing, bingung dan lemah. Dalam beberapa kasus, gejala dapat berupa mengi (bengek). perut kembung, batuk yang parah di malam hari, penurunan nafsu makan, pingsan, cemas, detak jantung lebih cepat, dan depresi.

Penyebab Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung biasanya terjadi karena dipicu oleh masalah-masalah kesehatan, seperti:

  • Cacat jantung sejak lahir. Pada beberapa kasus, bayi terlahir dengan kondisi sebagian katup jantungnya tidak terbentuk dengan sempurna. Kondisi ini menyebabkan bagian jantung lainnya yang masih sehat harus bekerja keras untuk memompa darah. Nah, pada akhirnya kondisi ini berpotensi mengarah pada penyakit gagal jantung.

  • Penyakit jantung koroner, yaitu penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol atau lemak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini membuat pasokan darah dan oksigen ke jantung menurun akibat menyempitnya arteri oleh tumpukan lemak.

  • Kerusakan pada katup jantung. Jika terjadi kerusakan pada katup jantung, kondisi ini mengakibatkan terganggunya aliran darah dan mengakibatkan peningkatan beban kerja pada otot jantung.

Cegah Gagal Jantung dengan Diet Vegetarian

Pada dasarnya, pola hidup seperti manajemen berat badan dan nutrisi, berpengaruh pada risiko gagal jantung. Untuk mencegah penyakit gagal jantung, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, mentega, es krim, dan daging olahan. Nah, kamu bisa mencegah penyakit gagal jantung dengan mencoba diet vegetarian.

Bagi kamu yang pemula, berikut ini beberapa tips diet vegetarian:

  1. Lebih baik kamu praktik langsung diet ini secara bertahap. Mulai dari satu hari, tiga hari, satu minggu, hingga satu bulan. Jangan ditunda-tunda! Dengan begitu, lama-lama tubuh akan menyesuaikan perubahan pola makan yang kamu lakukan.

  2. Langkah selanjutnya kamu bisa mulai untuk mengatur menu makan. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, mentega, es krim dan daging olahan. Kamu memang harus disiplin dalam hal ini, dan nanti kamu akan terbiasa menjalani pola makan seperti ini.

  3. Mulailah dengan makanan yang sederhana, seperti sarapan dengan roti selai kacang dan susu kedelai. Untuk camilan, kamu bisa menyiapkan buah segar atau jus. Jangan lupa pastikan menu makanan tidak hanya enak, tapi juga kaya akan karbohidrat, serat, dan protein.

Baca juga: Perbedaaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung

Nah, itulah beberapa tips diet vegetarian bagi pemula. Jika kamu memang pemalas dan ingin mengubah kebiasaan tersebut, lakukanlah secepatnya! Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup yang sehat. Jika kamu ingin berdiskusi dengan dokter mengenai masalah kesehatan kamu, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!