Efek Samping Obat Dapat Sebabkan Mulut Kering, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Efek Samping Obat Dapat Sebabkan Mulut Kering, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta -  Mulut kering atau dikenal juga dengan istilah xerostomia adalah kondisi yang umumnya hanya terjadi sesekali saja. Ada banyak penyebab yang membuat mulut menjadi kering. Salah satunya adalah efek samping penggunaan obat. Ada beberapa jenis obat yang dapat membuat mulut menjadi kering, seperti:

1. Antibiotik. Obat ini digunakan untuk menghilangkan infeksi akibat bakteri dalam tubuh.

2. Antidepresan. Mengonsumsi antidepresan secara rutin nyatanya dapat memberikan efek mulut kering.

3. Bronkodilator. Bronkodilator merupakan obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit paru.

4. Obat Diare. Jenis obat ini ternyata memiliki efek samping seperti mulut kering.

5. Antihistamin. Biasanya, antihistamin digunakan untuk mengurangi gejala pilek, mata berair, dan alergi.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit. Obat jenis ini nyatanya dapat merangsang penyerapan cairan dalam tubuh.

7. Diuretik. Obat ini digunakan untuk mengurangi jumlah air dan garam dalam tubuh.

8. Obat Antihipertensi. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi tekanan darah bisa membuat mulut menjadi kering.

Lalu apa penyebab beberapa jenis obat tersebut dapat membuat mulut menjadi kering? Ada beberapa jenis obat yang menghambat sistem saraf parasimpatik yang mengakibatkan produksi air liur dalam berkurang.

Ada beberapa obat yang membantu penyerapan cairan maupun elektrolit dalam tubuh seperti obat penghilang rasa sakit. Hal ini membuat adanya penurunan aktivitas kelenjar ludah. Akibatnya cairan yang tersisa dalam mulut hanya sedikit dan membuat mulut terasa kering.

Baca juga: Ganggu Aktivitas, Mulut Kering Bisa Sebabkan Bau Mulut

Kenali Gejala Mulut Kering

Sebaiknya kenali gejala mulut kering seperti rasa lengket yang terus menerus di dalam mulut, bibir dan tenggorokan yang terasa sangat kering, munculnya sensasi panas dalam mulut, nyeri dalam mulut, mengalami bau mulut, sering merasa haus, sulit mengunyah dan sulit berbicara.

Tidak ada salahnya mengonsumsi banyak cairan dan air ketika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan. Mengonsumsi air sebanyak secukupnya perhari membantu mencegah mulut kering. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air cukup tinggi seperti semangka, jeruk atau tomat.

Selain mencegah mulut kering, nutrisi lain dalam buah-buahan tersebut membantu kamu untuk menghindari beberapa penyakit. Kamu bisa mengonsumsi permen karet untuk merangsang kelenjar air liur agar memproduksi air liur lebih banyak, namun usahakan tidak mengonsumsi permen karet yang mengandung pemanis buatan.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

Komplikasi Mulut Kering

Padahal air liur dalam mulut memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk kesehatan tubuh kita. Air liur dapat membatasi pertumbuhan jumlah bakteri, mencegah kerusakan gigi, membantu lidah dalam mengecap rasa makanan, mempermudah dalam menelan ludah, membersihkan mulut dari sisa makanan dan membantu mencerna makanan.

Sebaiknya lakukan pencegahan agar kamu tidak mengalami mulut menjadi kering. Ada banyak komplikasi kesehatan yang dapat kamu alami ketika mengalami mulut kering seperti:

  1. Sariawan.

  2. Bibir pecah-pecah.

  3. Gangguan pada gigi seperti terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang.

  4. Infeksi jamur pada mulut.

  5. Gangguan nutrisi karena masalah menelan dan mengunyah.

Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan tubuh, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Mulut Kering Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan?