Ganggu Aktivitas, Mulut Kering Bisa Sebabkan Bau Mulut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ganggu Aktivitas, Mulut Kering Bisa Sebabkan Bau Mulut

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika mulut kering bisa sebabkan bau mulut? Mulut kering atau xerostomia umumnya terjadi karena produksi air liur yang melambat, sehingga membuat mulut menjadi kering. Hal ini dapat menimbulkan perasaan selalu haus, tenggorokan sakit, hingga sulit untuk berbicara. Selain itu, mulut kering sebabkan bau mulut, sehingga membuat lawan bicara tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.

Air liur diperlukan oleh mulut untuk melembapkan dan membersihkan mulut dengan cara menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak, serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi. Dengan tidak adanya air liur, bakteri dan kotoran di mulut akan hancur dan menciptakan bau mulut yang tidak sedap. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi sebelumnya dan beberapa kebiasaan yang tidak sehat.

Baca Juga: Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Mulut kering adalah kondisi normal. Walau begitu, kondisi ini mungkin saja menjadi tanda dari sebuah kondisi penyakit tertentu apabila terjadi dalam waktu yang tidak sebentar. Mulut kering sering terjadi pada semua orang yang tidak menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan menggunakan obat kumur.

Selain itu, mulut kering yang terjadi dan menyebabkan bau mulut dapat menjadi permanen, bahkan berkembang menjadi parah. Walau begitu, terdapat beberapa cara untuk menggantikan air liur yang hilang dengan menggunakan air liur pengganti. Hal-hal tersebut antara lain air liur buatan atau zat lain, seperti susu atau minyak sayur. Stimulan air liur lainnya adalah permen dan obat parasimpatomimetik.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

Kenapa Mulut Kering Bisa Sebabkan Bau Mulut?

Umumnya, bau mulut dipengaruhi oleh semua makanan yang kamu konsumsi yang dipecah di mulut, kemudian menyisakan sisa-sisa makanan di gigi dan mulut. Apabila kamu mengonsumsi makanan dengan bau yang kuat dan khas, lalu kamu menyikat dan membersihkan gigi bahkan menggunakan obat kumur, hal tersebut akan menutupi bau untuk sementara. Bau tersebut tidak akan hilang seluruhnya, kecuali makanan tersebut sudah melewati tubuh kamu.

Ditambah lagi, mulut yang mengalami kekeringan juga akan memperparah bau mulut yang keluar. Banyak hal yang dapat menyebabkan air liur terhambat di kelenjar ludah, salah satunya karena obat-obatan dan beberapa penyakit. Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan mulut kering adalah sedang dalam perawatan kanker, infeksi pada mulut dan sistem pernapasan, serta kesehatan gigi yang buruk.

Baca Juga: Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Bau Mulut

Apabila kamu tidak menyikat gigi dan menggunakan obat kumur setiap hari pada pagi dan malam, partikel makanan yang kamu konsumsi akan tetap berada di mulut kamu. Hal tersebut akan meningkatkan pertumbuhan bakteri di antara gigi, gusi, dan lidah. Pada akhirnya, bau mulut akan terjadi, sehingga membuat tidak nyaman karena bakteri yang bertumpuk di mulut.

Penyebab lainnya bau pada mulut pada seseorang yang menggunakan gigi palsu adalah tidak dibersihkannya gigi tersebut dengan benar setelah makan. Hal lainnya adalah dikarenakan merokok atau mengonsumsi produk-produk dengan bahan dasar tembakau yang menyebabkan noda di gigi dan iritasi di gusi.

Lakukan Hal-hal Ini untuk Mencegah Bau Mulut

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut terjadi. Di antaranya adalah selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rutin menggosok gigi, menemui dokter gigi secara berkala, berhenti merokok, banyak meminum air putih, dan selalu menjaga makanan yang dikonsumsi dengan pertimbangan akan mengeluarkan bau tidak sedap atau tidak.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana mulut kering sebabkan bau mulut. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal bau mulut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!