Fungsi Hati Perlu Dijaga, Ini 8 Caranya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Fungsi Hati, hati perlu dijaga

Halodoc, Jakarta - Hati merupakan salah satu organ terbesar yang ada di dalam tubuh. Hati mempunyai berat sekitar 1,5 kilogram dan terletak di perut kanan atas, di bawah diafragma, dan memenuhi sebagian besar ruang yang ada di bawah tulang rusuk. Hati berfungsi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. Fungsi hati perlu dijaga agar metabolisme tubuh juga berjalan dengan baik. Yuk, cari tahu bagaimana cara menjaga fungsi hati dengan baik!

Baca juga: Kenali 10 Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

Selain Menjaga Metabolisme, Ini Fungsi Hati Lainnya!

Selain menjaga metabolisme pada tubuh kamu, hati juga mempunyai beberapa tugas yang harus dilakukan. Tugas-tugas tersebut, antara lain:

  • Memecah lemak jenuh dan menghasilkan kolesterol.

  • Membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya dalam darah, termasuk alkohol dan obat-obatan.

  • Menghasilkan protein dalam darah yang membantu koagulasi, pengangkutan oksigen, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  • Menyimpan kelebihan nutrisi dan mengembalikannya sebagian ke aliran darah.

  • Menyimpan gula dalam bentuk glikogen.

  • Menghasilkan empedu, yaitu zat yang diperlukan untuk membantu mencerna makanan.

Jaringan fungsi hati terdiri dari banyak unit sel hati yang dinamakan dengan lobulus. Di sana ada banyak kapiler atau pembuluh darah terkecil pengangkut darah dan empedu yang membentang antara sel-sel hati. Darah yang berasal dari organ pencernaan mengalir ke pembuluh utama hati dengan membawa nutrisi, zat beracun, dan juga obat.

Begitu darah mencapai hati, zat-zat itu akan diproses, disimpan, diubah, dan disalurkan kembali ke dalam darah atau dilepaskan ke usus untuk digunakan dalam proses pencernaan. Dengan ini, hati bisa memurnikan darah dari alkohol dan produk obat-obatan. Hati juga bertugas untuk memecah sel-sel darah merah yang sudah tua atau rusak. Hati memproduksi protein yang penting dalam pembekuan darah dibantu oleh vitamin K.

Baca juga: Selain Alkohol, Ini 6 Penyebab Gangguan Fungsi Hati

Fungsi Hati Perlu Dijaga, Ini Caranya!

Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga fungsi hati agar tetap baik. Beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar hati kamu tetap dalam keadaan baik-baik saja, yaitu:

  1. Banyak minum air putih. Air merupakan salah satu bagian penting yang berpengaruh dalam fungsi tubuh manusia. Air membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting.

  2. Hindari konsumsi alkohol. Dalam jangka panjang, alkohol dapat menyebabkan kanker hati.

  3. Imunisasi sejak dini. Peradangan hati yang dikenal dengan hepatitis dapat dicegah dengan pemberian imunisasi sejak dini. Fungsinya untuk mencegah peradangan pada hati yang disebabkan oleh bahan kimia atau apapun yang menjadi penyebab infeksi.

  4. Makan makanan bergizi. Pengaturan makanan dalam jenis dan jumlah yang tepat dapat membantu hati mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, makanan bergizi dapat membantu meringankan kerja hati. Makanan tersebut, antara lain:

  • Makanan kaya akan sulfur, seperti bawang putih, bawang bombay, bawang merah, telur dan jamur. Makanan-makanan ini berguna untuk detoksifikasi dengan mengeluarkan merkuri atau zat makanan tertentu. Sulfur ini memiliki efek anti-radang dan baik untuk tubuh.

  • Makanan sehat prebiotik. Prebiotik merupakan kelompok karbohidrat yang tidak tercerna, tapi membantu pencernaan. Mereka bertugas untuk menghasilkan lemak dan mengurangi risiko perlemakan hati.

  • Makanan fermentasi. Senyawa mikroorganisme dalam makanan berfermentasi dapat membantu pencernaan. Makanan ini juga mudah dicerna orang yang mengidap penyakit hati.

  1. Konsumsi obat-obatan dengan bijak, terutama obat-obatan yang dapat mengganggu fungsi hati jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Konsumsilah obat sesuai dengan anjuran resep dokter atau sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan (untuk obat bebas).

  2. Diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal atau suplemen. Gunanya adalah untuk menghindari efek dari zat yang berisiko merusak fungsi hati.

  3. Hindari kontak dengan darah dan cairan tubuh orang lain, supaya terhindar dari penularan virus hepatitis. Hindari berbagi jarum suntik dengan orang lain dan selalu gunakan alat pelindung diri saat bersentuhan dengan cairan tubuh orang lain.

  4. Lindungi diri dari paparan zat beracun seperti insektisida, fungisida, dan cat. Pastikan ruangan berventilasi dan gunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan saat melakukan kontak dengan zat kimia beracun.

Baca juga: Bukan Soal Perasaan, Ini Pentingnya Menjaga Fungsi Hati

Jaga selalu kondisi kesehatan hati kamu dengan makanan sehat dan seimbang. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call mengenai makanan apa saja yang sehat untuk fungsi hati kamu. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!