Ketahui Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Diabetes adalah suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah, atau disebut juga gula darah. Jika kamu mengidap diabetes, kamu mungkin sangat terbiasa untuk memantau kadar gula darah dan asupan yang seharusnya kamu makan.

Tanpa pengelolaan yang berkelanjutan dan hati-hati, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi berbahaya, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Berbagai jenis diabetes dapat terjadi, dan mengelola kondisinya tergantung pada jenisnya. Tidak semua bentuk diabetes berasal dari seseorang yang kelebihan berat badan atau menjalani gaya hidup yang tidak aktif. Hal ini juga dapat disebabkan faktor genetik sejak lahir.

Baca Juga : Cegah Gula Darah Naik, Ketahui 5 Pantangan Pengidap Diabetes

Jenis Diabetes

Terdapat tiga jenis yang umum dari diabetes yang dapat terjadi pada seseorang, yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan gestasional. Berikut penjelasannya:

  1. Diabetes Tipe 1

Diabetes ini juga dikenal sebagai diabetes remaja, tipe ini terjadi ketika tubuh gagal memproduksi insulin. Orang dengan diabetes tipe I tergantung pada insulin, yang berarti orang tersebut harus meminum insulin buatan setiap hari untuk tetap hidup.

  1. Diabetes Tipe 2

Diabetes ini memengaruhi cara tubuh menggunakan insulin. Sementara tubuh masih membuat insulin, tidak seperti pada tipe I, sel-sel dalam tubuh tidak meresponnya seefektif dulu. Tipe ini adalah jenis diabetes yang paling umum, dan memiliki hubungan kuat dengan obesitas.

  1. Diabetes Gestasional

Jenis ini terjadi pada wanita selama kehamilan ketika tubuh dapat menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Diabetes gestasional tidak terjadi pada semua wanita dan biasanya sembuh setelah melahirkan.

Baca Juga : Inilah Manfaat Puasa bagi Pengidap Diabetes

Pemeriksaan Kesehatan untuk Pengidap Diabetes

Untuk seseorang yang menjadi pengidap diabetes, terdapat beberapa pemeriksaan kesehatan yang harus rutin dilakukan untuk memastikan kesehatan pada tubuhnya. Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan oleh pengidap diabetes:

  1. Tes Gula Darah

Tes gula darah adalah sebuah pemeriksaan yang berfungsi untuk mengukur kadar gula di dalam darah seseorang. Glukosa atau gula darah adalah pemasok energi utama untuk tubuh, tetapi jika terlalu banyak dapat membahayakan. Seseorang yang mengalami gula darah tinggi dapat terserang diabetes, sehingga mengalami kerusakan organ.

  1. Tes Tekanan Darah

Salah satu pemeriksaan yang harus rutin dilakukan oleh pengidap diabetes adalah tes tekanan darah. Hal ini berfungsi untuk mengetahui seberapa kuat jantung seseorang untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seseorang dapat mengalami gangguan pada tekanan darah yang mungkin disebabkan oleh diabetes.

  1. Tes Kolesterol

Pengidap diabetes juga harus melakukan pemeriksaan rutin, seperti tes kolesterol. Zat tersebut adalah senyawa yang diproduksi tubuh oleh hati. Tubuh seseorang membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat, tetapi jika berlebih dapat berbahaya. Risiko yang mungkin terjadi adalah penyakit jantung dan stroke.

  1. Tes Fungsi Ginjal

Tes fungsi ginjal juga harus dilakukan oleh pengidap diabetes. Pemeriksaan ini adalah suatu cara yang digunakan untuk mengetahui kesehatan ginjal dan mendeteksi gangguan yang mungkin terjadi. Pemeriksaan ini akan mengambil darah dan urine orang tersebut untuk diperiksa di laboratorium.

Baca Juga : Pengobatan untuk Pengidap Diabetes yang Alami Paronikia

Itulah beberapa pemeriksaan rutin yang harus dilakukan pada seseorang yang mengidap diabetes. Jika kamu ingin membuat janji temu terkait pemeriksaan diabetes di rumah sakit, kamu bisa melakukannya di aplikasi Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!