Hati-Hati, 5 Hal Ini Dapat Membuat Pernikahan Renggang

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Hati-Hati, 5 Hal Ini Dapat Membuat Pernikahan Renggang

Halodoc, Jakarta - Dalam sebuah ikatan perkawinan, pasangan tumbuh bersama dan mereka menjadi saling membutuhkan, mulai dari dukungan emosional selama menjalani masa sulit atau sedang sakit.

Namun, ada beberapa penyebab pernikahan renggang yang tidak disadari oleh kedua pasangan. Nah, agar tidak ikatan perkawinan kamu dan pasangan tetap berjalan baik, berikut ini adalah hal-hal yang wajib kamu hindari:

Membuat Pasangan Memilih antara Kamu atau Orangtuanya

Apa pun masalah yang kamu miliki dengan ibu mertua, mungkin pada beberapa waktu, pasangan menempatkan orangtua sebagai yang pertama. Sebab bagaimanapun juga, orangtua adalah alasan mengapa seseorang ada di dunia.

Jika kamu memiliki masalah atau perbedaan pendapat dengan orangtua pasangan, usahakan untuk jujur pada pasangan. Usahakan saling berbicara dan mencari jalan tengah untuk setiap permasalahan yang datang.

Baca Juga: Alasan Istri Tidak Akrab dengan Mertua, Ini 4 Alasannya

Berharap Pasangan Mendengarkan Selayaknya Teman

Tentu saja suami adalah orang yang harus ada di masa-masa sulit dalam hidupmu. Namun, dia tidak harus menjadi satu-satunya orang yang dibutuhkan saat kamu hanya ingin menumpahkan curahan hati mengenai masalah yang kamu alami. Pria dan wanita cenderung memiliki tujuan yang berbeda terkait komunikasi.

David Bennett, seorang penulis buku Eleven Dating Error Guys Make (And How to Correct Them) mengatakan bahwa pria berfokus untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah, sementara wanita mengekspresikan perasaan untuk terhubung secara emosional.

Jika suatu hari kamu membutuhkan teman untuk mendengarkan keluh kesahmu dan tidak ingin seseorang menawarkan saran tentang cara memperbaikinya, maka pertimbangkan meminta salah satu teman untuk mendengarkan ceritamu. Kalau tidak, hal ini hanya membuat kamu frustasi dan merasa pasanganmu tidak mau mendengarkan masalahmu.

Berharap Ia Tidak Memperhatikan Wanita Lain

Pertama, coba jujur kepada dirimu sendiri, pernahkah kamu memperhatikan pria yang menarik di kedai kopi, atau di pusat kebugaran? Hanya karena kamu sudah menikah bukan berarti kedua matamu berhenti melihat sesuatu yang menurutnya menarik.

Kamu pun tidak boleh mengharapkan pasanganmu untuk tidak menoleh saat wanita cantik lewat di depannya. Hal sepele ini bisa menjadi penyebab pernikahan renggang. Jason Arshan Nik, M.S., seorang psikolog di California mengatakan bahwa hal ini adalah respon yang alami dan tentu saja suamimu melakukan hal yang lebih dari itu, seperti menggoda, meminta nomor atau melakukan micro-cheating. Jika sudah begini, maka kamu perlu membicarakan perilaku macam ini dengannya agar tidak kelewat batas.

Baca Juga: Bukan Fisik, 3 Tanda Kalau Pasangan Selingkuh Perasaan

Memintanya untuk Menghentikan Hobinya

Hobi adalah sesuatu hal menyenangkan yang disukai oleh seseorang. Suami mungkin memiliki hobi yang menjadi ketertarikannya sejak awal. Jadi, jangan paksa suami untuk berhenti melakukan hobinya setelah menikah. Hal ini bisa menjadi penyebab pernikahan renggang.

Ketika suami berusaha memfokuskan dirinya ke dalam pekerjaan atau hobi, bukan berarti ia mengabaikan keluarga. Keseimbangan adalah kuncinya. Pastikan agar hobi yang ia tekuni tidak mengganggu waktu keluarga atau waktu bersama pasangan.

Mengharapkannya untuk Mengingat Setiap Momen dalam Hubungan

Meskipun kalian berdua saling mencintai, bukan berarti setiap lelaki akan mengingat semua momen yang kalian jalani. Jika kamu berusaha mengingat waktu dan lokasi pertunangan, suami mungkin hanya mengingat tanggalnya. Lupa bukan berarti tidak peduli. Pada dasarnya, otak pria dan wanita memang terhubung secara berbeda, yang mana wanita cenderung mempertahankan ingatan emosional lebih baik daripada pria.

Jika kamu merasa sebuah tanggal begitu istimewa, katakan padanya betapa berartinya bagi kamu sebuah ingatan. Minta ia untuk menandai di kalendernya atau menjadwalkan di teleponnya. Jika dia masih mengabaikannya, jelaskan mengapa kamu kecewa. Lakukanlah komunikasi terbuka, karena hal ini selalu lebih baik dilakukan dalam sebuah hubungan.

Baca Juga: 5 Tips Hubungan Asmara Selalu Harmonis

Nah, itulah beberapa hal kecil penyebab pernikahan renggang yang patut kamu waspadai. Apabila membutuhkan saran dari ahli psikologi saat menghadapi masalah dengan pasangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada dokter ahli psikologi dan kejiwaan yang siap memberikan saran terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi. Yuk, hubungi dokter pilihan kamu dan mulai berdiskusi dengan Chat, Video Call, atau Voice Call. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang.