Harus Tahu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil

Harus Tahu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil

Halodoc, Jakarta - Ketika usia anak makin bertambah, pastinya semakin  banyak hal baru yang dipelajari dan dilakukan dirinya. Nah, di masa-masa ini sebaiknya ibu perlu memperhatikan kondisi kesehatan Si Kecil. Pasalnya, ada saja hal-hal kecil yang bisa menimbulkan masalah kesehatan ketika dirinya mulai berekspolasi.

Misalnya, memasukan berbagai benda ke dalam mulutnya (usia satu tahun), jajan sembarangan, tidur larut malam karena bermain game, ataupun hal-hal lainnya yang bisa menimbulkan masalah pada tubuhnya.

Nah, pertanyaannya bagaimana sih cara menjaga kesehatan anak agar mereka selalu sehat?

Baca juga: Ajari Anak Kebiasaan Kecil Ini agar Lebih Sehat

1. Bentengi Tubuh dengan Imunisasi

Imunisasi merupakan cara paling simpel untuk menjaga kesehatan anak. Oleh sebab itu, ingatlah jadwal imunisasinya. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan imunisasi polio, DPT ulangan MR, Campak, Hepatitis A, influenza, varisela, dan PCV pada anak-anak di usia 12–18 bulan.

2. Pola Makan Bergizi Seimbang

Nah, agar kesehatan tubuh anak tetap terjaga setiap harinya, cobalah terapkan pola makan bergizi seimbang. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Ibu bisa kok menerapkan pola makan bergizi seimbang agar anak selalu sehat. Misalnya, dengan menyajikan makanan yang kaya protein, karbohidrat, lemak baik, sayuran, dan buah-buahan. Di samping itu, pilihlah metode memasak yang tak banyak menggunakan minyak, seperti memanggang, menumis, dan mengukus. Jangan lupa, kurangi konsumsi gula dan garam yang berlebihan, dan camilan yang tak menyehatkan.

3. Rutin Berolahraga

Bukan cuma orang dewasa saja yang harus rutin berolahraga. Ingat, olahraga menyimpan banyak keistimewaan bagi tubuh, mulai dari membuat tubuh tetap bugar, hingga meningkatkan sistem imun.

Bagaimana dengan anak yang masuk dalam kategori obesitas, biasanya kan mereka malas untuk bergerak? Nah, di sini ibu seharusnya terus berusaha mengajak anak untuk rutin berolahraga. Sebab menurut peneliti di Centers for Disease Control, masalah kelebihan berat badan ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes dan darah tinggi tiga kali lipat saat dewasa.

Nah, salah satu yang paling dianjurkan untuk mencegahnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membantu membakar kalori yang tak dibutuhkan tubuh dan mencegah obesitas.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1–2 Tahun

4. Istirahat yang Cukup

Ingat, kekurangan tidur bisa membuat semua orang, termasuk anak-anak, jadi rentan terserang masalah kesehatan fisik karena turunnya kualitas sistem imun tubuh. Di samping itu, kekurangan tidur juga bisa menimbulkan masalah psikis, dari menurunkan suasana hati, stres, hingga depresi.

Untuk anak, tidur yang cukup bisa membantu tubuhnya untuk menangkal penyakit, membantu tumbuh kembangnya, dan meningkatkan daya berpikir anak.

Lalu, berapa sih waktu tidur malam yang ideal? Menurut rekomendasi durasi tidur National Sleep Foundation, pada usia 1–3 tahun, setidaknya anak membutuhkan tidur selama 11–14 jam. Sedangkan usia 6–13 tahun, setidaknya membutuhkan tidur selama 9–11 jam.

5. Jaga Kebersihan Tangan

Cara menjaga kesehatan anak juga bisa dengan selalu menjaga kebersihan tangannya. Nah, berikut beberapa hal yang perlu ibu perhatikan.

  • Cuci tangan bila merasa terpapar dengan benda atau lingkungan yang tidak steril.

  • Jangan sentuh hidung, mulut, dan mata bila tangan dalam keadaan kotor.

  • Hindari penggunaan gelas, botol, air minum, dan peralatan makan dengan orang lain.

  • Kenakan masker bila sedang flu, pilek, atau batuk, atau berada di dekat orang-orang yang mengidap masalah kesehatan tersebut.

  • Selalu bawa tisu basah atau hand sanitizer saat bepergian untuk membersihkan tangan.

  • Cuci tangan dengan cara yang benar menggunakan sabun dan air mengalir.

Penyakit yang dapat dicegah dengan rutin mencuci tangan dan kaki adalah diare, flu, infeksi kulit, konjungtivitis, hingga infeksi saluran pernapasan.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau Si Kecil memiliki keluhan kesehatan? Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.