Hati-Hati, Perut Buncit Tanda Awal Liver Tidak Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hati-Hati, Perut Buncit Tanda Awal Liver Tidak Sehat

Halodoc, Jakarta - Liver merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang mempunyai beberapa fungsi penting, yaitu:

  • Memproduksi empedu, yaitu zat yang membantu proses pencernaan lemak dalam tubuh.

  • Menetralisir racun dalam tubuh.

  • Mengatur sirkulasi hormon dalam tubuh.

  • Mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, protein, gula, serta zat penting lainnya.

Perut buncit bisa jadi salah satu pertanda liver yang tidak sehat. Namun, hal ini sering sekali disepelekan. Perut buncit ini terjadi ketika adanya cairan yang tertahan di dalam perut. Pada beberapa kasus, perut buncit bahkan bisa lebih besar seperti orang yang sedang hamil. Tidak hanya perut buncit, liver yang tidak sehat juga dapat ditunjukkan dengan beberapa tanda berikut ini:

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Pengidap Gangguan Liver

1. Gatal pada Kulit

Gatal pada kulit merupakan gejala paling umum yang ditunjukkan ketika liver sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Kondisi ini terjadi karena adanya cairan empedu pada peredaran darah. Ketika kantung empedu mengalami gangguan fungsi, otomatis cairan empedu akan mengalir dalam darah dan menumpuk di bawah kulit. Hal ini yang memicu terjadinya rasa gatal.

2. Merasa Mudah Lelah

Kelelahan akibat banyaknya aktivitas yang dilakukan sudah menjadi hal yang wajar. Namun, ketika kelelahan ini ditandai dengan kurangnya energi mental dan fisik, bahkan kamu tidak memiliki kemampuan untuk melakukan apapun, kamu patut curiga. Pasalnya, kondisi ini bisa jadi pertanda kalau liver kamu sedang tidak sehat.

3. Kulit Menguning

Kulit menguning terjadi ketika bilirubin ditemukan dalam empedu. Jika kamu mengalami hal ini, kemungkinan besar livermu sedang berada dalam masalah. Hal ini akan menyebabkan pigmentasi kuning pada kulit, bola mata, serta lendir. Ketika liver sehat, organ tersebut akan dengan mudah menghilangkan bilirubin di dalamnya. Namun jika sedang rusak, kulit seseorang akan berubah menjadi kekuningan.

Baca juga: 4 Fakta tentang Penyakit Liver

4. Penurunan Berat Badan

Ketika liver dalam keadaan yang tidak sehat, perut akan merasa kembung. Kondisi ini akan menyebabkan pengidapnya kehilangan nafsu makan. Hal tersebut otomatis akan memberikan dampak penurunan berat badan. 

5. Muncul Spider Angioma

Spider angioma akan terlihat seperti jaring arteriol kecil yang melebar yang terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Kondisi ini akan terjadi ketika seseorang mengalami penyakit hati. Jika kamu menemukan tanda ini pada area dada, tangan, leher, dan wajah, bisa saja kamu tengah mempunyai masalah pada organ hati.

6. Urine Berwarna Gelap

Urine berwarna gelap menjadi pertanda kalau kamu kurang mengonsumsi air putih. Selain itu, urine berwarna gelap bisa menjadi indikasi kalau kamu tengah mengidap penyakit hati. Hal ini dikarenakan lebihnya bilirubin pada hati dan hati tidak dapat memecahnya. Pada pengidap kondisi ini, urine akan tampak cokelat, kuning, atau orange gelap.

7. Memar pada Tubuh

Memar pada tubuh akan terjadi karena berhentinya produksi protein. Kondisi ini menyebabkan pembekuan darah yang buruk. Karena hal ini, seseorang dengan kerusakan hati akan lebih mudah memar daripada orang yang sehat.

Baca juga: 7 Jenis Asupan Sehat untuk Mengurangi Perlemakan Hati

Tidak hanya itu, liver yang rusak akan menyebabkan sulitnya fokus dan berkonsentrasi. Hal ini menandakan tingginya kadar racun dalam darah, akibat kurangnya kadar oksigen. Ketika hal ini terjadi fungsi penyaringan racun dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik.

Jika terjadi serangkaian gejala tersebut, diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah apa yang harus kamu ambil. Penanganan dini akan mencegah kamu dari komplikasi yang berbahaya. Jangan tunggu sampai gejala bertambah parah dan mengganggu aktivitas harian kamu, ya! 

Referensi:
Save Institute (Diakses pada 2019). 5 Warning Signs Your Liver Needs To Detox To Prevent Bone Loss.
Best Life (Diakses pada 2019). 20 Warning Signs of Liver Damage to Never Ignore.