10 October 2018

Herpes Genital, Infeksi Menular Seksual yang Perlu Diwaspadai

herpes genital, infeksi menular seksual yang perlu diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan organ intim adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menghindari kita dari penyakit kelamin. Salah satunya adalah herpes genital. Herpes genital adalah infeksi pada kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Penyakit ini termasuk penyakit menular dan masuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual. Hal ini disebabkan salah satu penularan dari penyakit ini akibat adanya aktivitas seksual yang melibatkan pengidap penyakit herpes genital.

Herpes genital bisa ditandai dengan munculnya kemerahan dan rasa panas pada sekitar organ intim. Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simplex. Virus herpes simplex nyatanya terbagi dalam dua tipe, yaitu HSV Tipe 1 dan HSV Tipe 2. HSV tipe 1 atau dikenal juga dengan istilah herpes oral. Virus HSV 1 nyatanya dapat membuat daerah sekitar organ intim kamu memiliki bentol air atau lenting.

Gejala Herpes Genital

Penyakit ini nyatanya bisa diderita oleh wanita maupun laki-laki. Khususnya, mereka yang aktif menjalani hubungan intim. Berikut adalah gejala yang ditimbulkan jika kamu mengalami penyakit herpes genital:

1. Rasa Gatal

Rasa gatal akan kamu rasakan disekitar organ intim. Tidak hanya gatal, rasa nyeri juga terkadang muncul pada organ intim ketika kamu mengidap penyakit herpes genital. Saat gatal sebaiknya hindari menggaruk bagian yang gatal karena akan menyebabkan luka.

2. Bintik Merah atau Lenting Putih

Bintik merah akan muncul pada sekitar organ intim ketika kamu mengidap herpes genital. Biasanya, bintik merah atau lenting putih akan muncul disekitar mulut, area anus, dan area organ intim.

3. Nyeri saat Buang Air Kecil

Herpes genital nyatanya membuat kamu merasakan nyeri saat buang air kecil.

4. Nyeri Kepala

Tidak hanya gejala fisik saja, penyakit ini nyatanya memiliki gejala yang mirip dengan penyakit influenza. Kamu akan mengalami nyeri kepala, badan yang terasa pegal, dan juga demam.

Penularan Penyakit Herpes Genital

Penularan herpes genital terjadi karena adanya sentuhan langsung antara pengidap dan orang lain. Berikut adalah cara penularan dari penyakit herpes genital:

1. Penetrasi Seksual

Virus herpes genital sangat mudah berpindah. Sebaiknya, gunakan kondom agar pengidap tidak bersentuhan langsung dengan organ intim yang sehat.

2. Menggunakan Sex Toy Secara Bergantian

Meskipun virus herpes akan lebih mudah mati saat menyentuh benda mati, tetapi sebaiknya hindari penggunaan alat bantu berhubungan intim secara bersama-sama.

3. Berganti Pasangan

Risiko penyakit ini juga akan semakin besar jika kamu sering berganti pasangan dalam aktivitas seksual. Semakin banyak pasangan, tentu semakin besar peluang kamu mengidap penyakit herpes genital.

Pengobatan Herpes Genital

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit herpes genital yang kamu derita:

  1. Jagalah organ intim kamu agar selalu bersih dan kering, Tidak hanya itu, bagian-bagian daerah tubuh kamu yang terkena penyakit herpes agar tetap kering.
  2. Jangan menyentuh luka herpes. Jika ingin mengobati, sebaiknya cuci tangan sebelum dan sesudah merawat bagian tubuh yang terkena herpes agar tidak tertular ke orang lain.
  3. Rutin mengontrol penyakit ke dokter.

Apabila memiliki keluhan terhadap kesehatan organ intim, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan fitur Hubungi Dokter, melalui Voice/Video Call atau Chat, kamu bisa mendapatkan jawaban langsung dari dokter ahli di Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: