Hindari Minum Detoks Air Lemon Saat Puasa, Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
detoks puasa, bahaya air lemon saat puasa

Halodoc, Jakarta - Air lemon baik untuk pencernaan dan membantu seseorang mengontrol berat badan. Kebiasaan mengonsumsi air lemon setiap pagi kerap dilakukan oleh beberapa orang untuk mendapatkan berbagai manfaat. Namun, bolehkah minum detoks air lemon saat berpuasa? Apa bahaya yang akan mengintai?

Baca juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Ini Bahaya Minum Detoks Air Lemon Saat Puasa

Karena pola makan pada saat berpuasa yang benar-benar berubah, mengonsumsi detoks air lemon bisa saja meningkatkan risiko asam lambung pada seseorang. Berpuasa selama kurang lebih 13 jam membuat perut kosong dalam waktu yang lama. Energi yang didapat ketika sahur belum tentu bisa mencukupi aktivitas seseorang selama seharian penuh, sehingga konsumsi menu makanan dan minuman perlu diperhatikan lebih ketika sahur.

Baca juga: Enggak Hanya Segar, Ini Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Ini Cara Tepat Konsumsi Air Lemon Saat Puasa

Kamu bisa mengonsumsi air lemon dengan terlebih dahulu meminum air putih, atau buah kurma. Tepat sebelum makan besar adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi air lemon. Kamu bisa merendam lemon dengan air hangat, dan menunggu sampai air itu dingin untuk mencegah dampak yang kurang baik dari air lemon.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi air lemon 30-60 menit sebelum sikat gigi setelah berbuka. Selesai berbuka puasa, air lemon yang mengandung antioksidan dan serat pektin bisa menahan nafsu makan berlebihan, melancarkan pencernaan, serta membuang toksin dalam tubuh.

Jika kamu memiliki asam lambung tinggi atau penyakit maag, mungkin lemon menjadi buah yang harus kamu hindari. Namun jika kamu tetap ingin mengonsumsi air lemon, kamu bisa mencampurnya dengan dengan menu makanan lain dengan menambahkan sedikit air perasan lemon pada makanan.

Beberapa Manfaat Air Lemon Bagi Tubuh

Perlu diketahui bahwa lemon juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B, riboflavin dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor serta protein dan karbohidrat. Ini beberapa manfaat lemon yang baik untuk kesehatan dan kecantikan:

  • Baik untuk perut. Manfaat air lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air panas, termasuk di antaranya mual, mulas, dan membuang parasit.

  • Perawatan gigi. Berkumur dengan air lemon segar ternyata bisa membantu dalam menyingkirkan rasa sakit gigi. Manfaat buah lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi.

  • Menyembuhkan infeksi tenggorokan. Lemon adalah buah yang sangat baik dalam membantu memerangi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis akibat bakteri.

  • Meredakan demam. Manfaat jeruk lemon dapat mengobati seseorang yang menderita flu atau demam, dengan meningkatkan produksi keringat.

  • Menurunkan berat badan. Rutin meminum air jeruk nipis membuka jalan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Memanfaatkan jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu, juga dapat membantu mengurangi berat badan.

  • Perawatan kulit. Air lemon dapat menjadi obat antiseptik alami, yang bertugas untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit.

Baca juga: 4 Mitos dan Fakta tentang Air Lemon

Kamu ingin tahu tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!